Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalan Panjang Seorang Penulis Blogger

Jalan Panjang Seorang Penulis Blogger

Berawal dari ketidak tahuan dan pengetahuan saya yang masih minim tentang dunia blog saya mencoba untuk memulai membuat sebuah blog yang bernama ini sejak tahun 2015 yang lalu. Saya mulai membuat blog dengan belajar secara otodidak saja, belajar dengan membaca berbagai artikel tentang menulis di blog, namun sampai saat ini blog saya yang sudah lama ini masih begitu-begitu saja.

Penulis blogger itu butuh kesabaran yang extra, masih banyak hal yang perlu saya pelajari lagi. Hingga saat ini saya masih menjadi seorang blogger pemula. Menjadi blogger pemula mempunyai begitu banyak kekurangan, kekurangan pengetahuan, kekurangan budget, dan kekurangan lain yang dapat anda pahami sendiri.

Di kota saya saat ini, pemilik blog masih sangat minim, bahkan boleh saya katakan tidak ada master blogger yang bisa saya jadikan sebagai guru. Saya tidak ada tempat untuk bertanya, alhasil saya hanya bisa membaca pengetahuan tentang blog melalui artikel-artikel yang ada di internet. Kayaknya satu-satunya orang yang rajin di blogger hanya saya saja. Walaupun demikian saya tetap semangat dan terus belajar dari artikel-artikel di blog.

Penghasilan

Boro-boro punya penghasilan, untuk mendapatkan akun adsense saja saya harus bersusah payah dan mencari berbagai macam cara hingga iklan bisa tampil di blog ini. Entah mungkin suatu saat iklan ini akan berhenti karena kekurangan pengetahuan saya tentang dunia blog, ataukah akan terus berlanjut

Manisnya menjadi seorang penulis blog adalah ketika orang membaca artikel saya yang masih banyak kekurangannya. Saya selalu beroptimis bahwa untuk menjadi sukses saya harus mendapatkan pahitnya terlebih dahulu, seperti pepatah lama "berakit-rakit dahulu berenang renang kemudian, bersakit-sakit dahulu beresenang-senang kemudian".

Hanya Sebagai Hobi

Bagi saya, menulis di blog hanya sebagai hobi saja, saya juga sudah punya pekerjaaan tetap di dunia nyata, sehingga untuk mengupdate postingan blog saya tidak bisa setiap hari, hanya sekali atau dua kali saja dalam sebulan, itupun kalau ada waktu senggang. Saya berharap suatu saat antara pekerjaan saya yang di dunia nyata dan hobi saya menulis di blog dapat berjalan beriringan, sehingga dari hobi saya ini bisa bermanfaat bagi orang lain dan juga bermanfaat bagi diri saya sendiri.

Selain blog ini, saya juga punya beberapa blog yang saya buat ketika waktu senggang, saya iseng-iseng saja untuk membuat blog-blog tersebut. Walaupun hanya iseng-iseng saja tetapi salah satu blog pengunjungnya lebih banyak dari blog ini, padahal saya tidak terlalu memperhatikan blog tersebut. Dari sini saya bisa berkesimpulan bahwa hal yang kita anggap biasa-biasa saja bisa menjadi luar biasa, dan hal yang kita anggap istimewa bisa menjadi biasa-biasa saja.

Susah Mendapatkan Ide

Salah satu kekurangan saya dalam menulis adalah minimnya ide yang bisa saya hasilkan dalam menulis, bahkan untuk menentukan judul suatu tulisan saja saya sangat kesulitan, mungkin karena di daerah saya ini sangat minim literatur-literatur yang bisa saya baca untuk menambah wawasan saya tentang dunia blog. Ya beginilah ketika berada di daerah terpencil yang jauh dari daerah yang sudah duluan maju dalam dunia blog.

Hanya bermodalkan semangat dan hobi saja, saya masih bisa mengupdate blog-blog saya. Tulisan-tulisan saya juga belum terlalu berkualitas seperti para master yang sudah handal dalam menulis artikel.

Semangat

Kekurangan-kekurangan ini bukan menjadikan saya patah semangat, tetapi malah menjadikan saya tambah bersemangat untuk terus belajar dan berusaha memperbagus blog-blog saya. Memperbagus dalam menyajikan artikela-artikel yang menarik.

Artikel yang saya tulis kali ini hanyalah curahan hati saya yang saya rasakan selama menjadi seorang blogger. Tentang begitu banyak pahit dan manis, dan tentang jalan panjang seorang penulis blogger. Semoga anda dan saya menjadi orang yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Amin.

Hormat Saya

Posting Komentar untuk "Jalan Panjang Seorang Penulis Blogger"