Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Widget dan Menghapus Widget di Blog

Setiap pemilik blog pasti menginginkan agar tampilan blognya terlihat menarik. Entah itu pengguna blog wordpress, blogspot, dan sebagainya. Salah satu cara untuk memiliki blog yang menarik adalah menambahkan beberapa widget ke dalam blog. Namun sebelum kita bahas cara memasang widget di blog terlebih dahulu kita akan bahas tentang pengertian widget, fungsi widget, dan contoh-contoh widget yang ada di blog.

Cara Menambah Widget dan Menghapus Widget di Blog
Pengertian Widget

Widget adalah sebuah aplikasi yang dipasang di website atau blog dengan menggunakan kode-kode tertentu. Widget yang dipasang di blog bisa berupa gambar, video, animasi dan tulisan.

Fungsi Widget Untuk Blog

Pemasangan widget mempunyai beberapa fungsi di blog diantaranya adalah untuk menghias blog dan sebagai tempat informasi untuk pengunjung.

1. Untuk Menghias blog

Widget yang dipasang untuk menghias blog biasanya tidak begitu banyak fungsinya, sehingga kebanyak blogger tidak tertarik untuk memasang widget seperti ini karena hanya akan memperlambat loading blog saja.

2. Sebagai Informasi Blog

Widget yang memberikan informasi blog kepada pengunjung lebih banyak dipasang oleh pengguna blogger. Walaupun demikian widget semacam ini dibatasi juga jumlahnya di blog, hanya beberapa widget penting saja yang dipasang di blog, sedangkan yang tidak terlalu penting, atau yang tidak diperlukan sama sekali tidak perlu untuk dipasang. Hal ini dilakukan agar loading blog menjadi cepat ketika dijelajah oleh pengunjung / viewers.

Contoh Widget

Beberapa widget yang sering dipasang di blog adalah, widget popular posts, widget Recent Posts, widget Labels post, widget Google Plus, widget Arsip blog, widget Author Blog, widget statistik, widget halaman penelusuran (search), dan widget  subscribe. Widget-widget ini menurut pengalaman saya kebanyakan para blogger memasangnya di blog. Widget yang jarang digunakan adalah, widget jam, widget polling, widget video baris dan lain sebagainya.

Bagi para blogger profesioanal yang paling penting bukanlah tampilan blog, tetapi yang paling penting kecepatan loading blog, sehingga widget yang tidak terlalu penting tidak akan dipasang.

Cara Memasang Widget di Blog


Cara memasang widget di blog khususnya blogspot sangatlah mudah, hanya dengan beberapa kali klik saja widget sudah terpasang, langkah-langkahnya sebagai berikut:


1. Pada dasbor blogger klik tab "Tata Letak".

2. Setelah masuk di halaman tata letak klik "Tambahkan Ganget" dan tunggu beberapa saat akan muncul tab baru.

3. Setelah tab tambahkan ganget muncul silahkan cari dan klik ganget (widget) yang anda inginkan.

4. Langkah terakhir adalah klik tombol "Simpan" yang ada pada bagian bawah untuk menyimpan / menambahkan widget di blog anda.

Cara Menghapus Widget di Blog


Pada beberapa kasus, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahwa biasanya widget akan memberatkan loading blog, atau biasanya ada beberapa widget tidak terlalu berfungsi dengan baik untuk blog. Untuk widget seperti ini lebih baik dihapus saja, caranya adalah sebagai berikut :

1. Pada dasbor blogger, klik tab "Tata Letak", kemudian tunggu beberapa saat, anda akan diarahkan ke halaman tata letak.

2. Setelah masuk di halaman tata letak, klik "Edit" pada widget yang ingin anda hapus.

3. Pada tab widget yang muncul klik Tombol "Hapus" yang ada di bagian bawah.

Menambahkan dan menghapus widget blog bukanlah perkara yang sulit, namun anda harus memperhatikan widget mana yang sangat anda perlukan untuk dipasang di blog dan widget mana yang tidak perlu dipasang di blog.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah Widget dan Menghapus Widget di Blog"