Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Email blog dan Mempublikasikan Postingan Melalui Email Blog

Cara Membuat Email blog dan Mempublikasikan Postingan Menggunakan Email Blog
Setelah sebelumnya blogspot bisa diposting menggunakan mobile phone, saat ini sudah tidak bisa lagi. Entah apa alasannya tetapi yang pasti semua aplikasi yang digunakan untuk membuat postingan ke blog sudah tidak bisa lagi diakses dengan normal.

Saat ini smartphone bukan lagi hal yang baru bagi para pelancar dunia maya, smartphone sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia. Beragam merek dan harga telah ditawarkan, mulai dari harga yang murah dengan kualitas murah sampai dengan yang mahal dengan kualitas bagus. Walaupun begitu sampai saat ini blogspot belum memiliki aplikasi langsung untuk membuat postingan blog. Memosting di blog hanya bisa dilakukan di komputer, notebook, atau leptop.

Lalu bisakah anda membuat postingan melalui smartphone? Jabawnnya bisa yaitu dengan mengirimnya melalui email.

Pada dasarnya cara ini hanya cara alternatif saja, lebih baik memosting artikel langsung melalui dasbor blogger, agar segala yang berkaitan dengan postingan blog dapat langsung anda buat di sana. Tetapi jika tidak memiliki waktu untuk ngeblog atau tidak sedang membawa leptop maka, anda bisa mempublikasikan postingan menggunakan email blog.

Persyaratan pertama mempublikasikan postingan ke blog adalah anda harus memiliki blog dan memiliki email blog. Jika tidak memiliki blog maka anda bisa juga mengirim tulisan anda ke blog teman anda melalui email blognya.

Apa itu email blog? Email blog berbeda dengan email biasanya, namun pada dasarnya email yang biasa (seperti gmail) dan email blog keduanya terintegrasi. Ada sebagian master mengatakan bahwa email blog adalah email rahasia. Saya sepakat dengan pendapat ini, karena jika email blog diketahui oleh orang lain bisa berbahaya. Setiap blog memiliki emailnya sendiri-sendiri.

Untuk apa email blog ini ? Kalau email biasa seperti email google (gmail), menerima pesan di kontak masuknya (inox), namun email blog menerima pesan di halaman postingan, artinya bahwa semua pesan yang masuk akan menjadi postingan blog. Entah nanti langsung terpublikasi atau masih dalam bentuk draf, tergantung setting pada blog anda.

Cara Membuat Email Blog


Cara membuat email blog adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Email blog dan Mempublikasikan Postingan Menggunakan Email Blog
1. Login ke dasbor blogger.

2. Pada halaman dasbor blog klik tab "Setelan" kemudian tunggu beberapa saat, anda akan diarahkan ke halaman setelan.

3. Langkah selanjutnya klik "Email".

4. Pada bagian "Mempublikasikan postingan menggunakan email", masukkan kata yang anda inginkan pada kolom "secretWords" untuk email blog anda.

5. Klik "Simpan Setelan" untuk menyimpan perubahan setelan di blog anda.

Yang dimaksud dengan secretWords adalah kata rahasia yang hanya anda sendiri atau bersama publisher blog anda saja yang tahu. Kalau diketahui oleh khalayak umum / orang banyak maka, nantinya blog anda akan dipenuhi dengan postingan-postingan yang tidak jelas, bahkan akan muncul spam yang dikirim oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ilustrasi email blog

Jika anda memiliki email google (gmail) yang contohnya, gudangilmu@gmail.com maka, email blog akan menjadi seperti ini, gudangilmu.dunia@blogger.com. Kata "dunia" yang saya garis bawahi merupakan secretWords, jaga kerahasiannya dengan baik.

Cara Mempublikasikan Postingan Melalui Email


Jika anda sudah memiliki email blog yang sangat rahasia itu maka, cara mempublikasikan postingan melalui email sama saja dengan mengirim pesan lainnya melalui email. Untuk mengirim lewat gmail caranya adalah sebagai berikut:

1. Login terlebih dahulu ke google mail (gmail).

2. Klik tombol "Tulis" dan akan muncul tab baru.

3. Pada tab tersebut isi kolom "Penerima" dengan email blog yang sudah dibuat.

4. Masukkan postingan anda pada isi postingan pada kolom "Pesan".
Kemudian kirim.

Pesan akan secara otomatis masuk ke postingan blog, sehingga saya sarankan pada tahap pembuatan email blog lebih baik pilih pengaturannya "Simpan email sebagai draf entri" jangan pilih "Segera publikasikan email", karena biasanya kalau langsung dipublikasikan, maka susunan postingan masih amburadul, dan terlihat tidak rapi.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Email blog dan Mempublikasikan Postingan Melalui Email Blog"