Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengganti template blog dengan mudah

Cara mengganti template blog dengan mudah
Memiliki tampilan blog yang keren, seo friendly, dan responsive merupakan keinginan semua blogger. Template yang baik adalah template yang memiliki kelengkapan navigasi blog, sehingga pengunjung dengan mudah dapat menjangkau seluruh isi blog. Selain itu, kriteria template yang bagus adalah template yang dapat menyesuaikan tampilan desktop handphone (smartphone), tablet, PC (personal computer) dan perangkat lainnya.

Salah satu template yang paling disukai oleh mesin pencari (khusunya google) adalah template yang bersih, minimalis, cerah, tidak terlalu ramai seperti di pasar, dan template yang tidak berat (loading cepat). Jadi sebelum mengganti template blog yang anda miliki maka, perhatikan terlebih dahulu beberapa kriteria template blog, agar blog bisa bersaing.

Mengganti template blog bukanlah hal yang sulit, tetapi jangan keseringan mengganti template blog, karena bisa merusak citra blog di mata google dan pengunjung blog. Selain itu jumlah pengunjung blog bisa menurun drastis dan hilang dari halaman utama search engine.

Manfaat Mengganti Template Blog


Pada dasarnya kita membuat blog untuk “dinikmati” atau ditelusuri oleh viewer / pengunjung, sehingga mengganti template harus sesuai dengan tema blog. Misalnya blog anda adalah blog berita, maka gantilah template anda dengan template magazine atau news, atau blog anda tentang tutorial maka, lebih baik gunakan template yang simpel saja.

Manfaat dari mengganti template adalah sebagai berikut:

Kenyamanan. Salah satu faktor pengunjung tidak kembali lagi ke blog yang kita kelola adalah karena kurang nyamannya blog yang kita buat. Blog dengan tampilan yang buruk akan menurunkan reputasi/reting blog di mata pengunjung, sedangkan blog dengan tampilan yang bagus akan membuat pengunjung betah berlama-lamaan dan mereka dapat menelusuri isi blog dengan senang hati.

Kemudahan dalam navigasi blog. Gunakanlah template blog yang memiliki navigasi yang baik dan dengan mudah diklik oleh pengunjung. Blog dengan navigasi yang buruk akan memperburuk penjelajahan pengunjung dalam menemukan artikel yang mereka inginkan.
Mendatangkan banyak visitor. Salah satu cara untuk mendatangkan banyak visitor ke blog adalah dengan memiliki tampilan blog yang bagus.
Template yang seo friendly dapat membuat blog bersaing di 10 besar halaman pencari google.
Memudahkan anda menjadikan blog sebagai lahan bisnis, seperti memasang iklan google adsense atau iklan lainnya.

Cara Mengganti Template Blog


Ada dua cara mudah mengganti template yang dapat anda lakukan dengan cepat yaitu sebagai berikut:

Pertama melalui Tab Cadangkan / Pulihkan

Cara mengganti template blogger dengan mudah
1. Klik tombol Backup/Pulihkan dan akan muncul tab baru.

2. Klik tombol Pilih File yang ada di tab Cadangkan / Pulihkan. Cari dan masukkan template anda miliki.

3. Klik tombol unggah dan tunggu beberapa saat, template anda sedang diunggah. Jika sudah selesai lihat blog anda.

Kedua Melalui Kolom Edit HTML
Cara mengganti template blogger dengan mudah
1. Pada dasbor blogger klik tab template kemudian anda akan diarahkan ke halaman template blog.
Klik tombol Edit HTML untuk masuk ke kolom HTML.

2. Buka template anda di komputer dengan notepade atau aplikasi lainnya, kemudian copy seluruh kode yang ada di template anda.

3. Di kolom HTML hapus semua kode yang ada di dalamnya, kemudian pastekan kode template anda ke dalam kolom HTML.

4. Simpan Template kemudian lihat blog anda.

Dari kedua cara tersebut, saya merekomendasikan untuk mengganti template blog dengan cara kedua. Kalau dengan cara pertama, masih ada elemen-elemen template lama yang tertinggal. Selamat berkreasi.

Posting Komentar untuk "Cara mengganti template blog dengan mudah"