Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bisnis Online dan Manfaat Bisnis Online Bagi Pelaku Usaha

Saat ini internet sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia yang tidak dapat dilepaspisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu  manfaat internet bagi kehidupan manusia adalah; dapat dijadikan sebagai media untuk melakukan kegiatan bisnis atau jual beli secara online.

Ilustrasi gambar dari pixabay

Apa itu Bisnis Online?

Semua aktivitas di mana produk dan layanan dinegosiasikan dan dibayar melalui Internet adalah contoh bisnis online. Jika seseorang bertanya apakah Anda terlibat dalam bisnis online, mereka ingin tahu apakah Anda membeli dan/atau menjual barang atau jasa secara elektronik. Secara elektronik dalam hal ini berarti online atau melalui internet.

Salah satu pengertian bisnis online sebagai berikut:

Bisnis online adalah segala jenis aktivitas bisnis yang terjadi melalui internet. Menjalankan bisnis online dapat mencakup jual beli online atau menyediakan layanan online.

Bisnis Online Meliputi Barang dan Jasa

Semua jenis kegiatan bisnis yang dilakukan melalui internet merupakan contoh bisnis online. Seseorang yang menyediakan layanan online dan memiliki pelanggan yang membayar memiliki bisnis online, seperti halnya seorang pengusaha yang menjual produk melalui Internet.

Kebalikan dari bisnis online adalah bisnis offline. Lima puluh tahun yang lalu, semua aktivitas perusahaan dilakukan secara offline karena Internet belum ada. Jika Anda ingin membeli sesuatu, Anda harus pergi ke tempat fisik penjual, menelepon mereka, atau mengirim surat.

Pada tahun 1950-an, nasabah harus masuk ke cabang bank mereka jika ingin mengambil uang atau melakukan transfer. Tidak ada komputer pribadi, ponsel, tablet, atau Internet, yang berarti perbankan online belum ada.

Perkembangan Bisnis Online

Sejak pergantian abad, volume bisnis online telah meningkat secara dramatis. Sayangnya, banyak hal ini berdampak buruk bagi toko offline. Jika Anda berjalan di jalan raya (jalan komersial) di kota mana pun atau kota dengan ekonomi maju saat ini, Anda akan melihat jauh lebih sedikit toko dari pada beberapa dekade yang lalu.

Selama beberapa dekade terakhir, konsumen semakin terlibat dalam belanja online dan semakin jarang mengunjungi toko lokal mereka. Ratusan ribu toko fisik tidak dapat bertahan dan ditutup.

Manfaat Bisnis Online

Ilustrasi gambar dari pixabay

Berikut ini beberapa manfaat bisnis online yang dapat anda pertimbangkan untuk memulau bisnis online.

1. Biaya Operasional Rendah

Memindahkan bisnis Anda secara online tidak memerlukan gudang, inventaris, kendaraan transportasi, atau staf apa pun. Pergeserannya sangat mulus sehingga yang harus Anda lakukan hanyalah menjual produk yang sama dengan yang Anda jual di toko offline Anda ke basis pelanggan yang luas. Biarkan saya memberitahu Anda bagaimana!

Dengan bantuan bisnis online, Anda dapat dengan mudah mengirimkan produk langsung ke pelanggan melalui pemasok. Artinya, tidak perlu memiliki inventaris sendiri untuk menjalankan bisnis online. Tidak hanya itu, pengiriman langsung produk dari pemasok ke klien juga mengurangi waktu pengiriman. Akibatnya, itu membuat pelanggan Anda senang dan lebih sedikit dokumen membuat operasi tidak merepotkan.

Anda memiliki dua pilihan: Anda dapat menyewa seorang desainer dan membuat situs web Anda dirancang dengan menghabiskan banyak uang atau Anda dapat menggunakan platform gratis seperti Blogger atau WordPress. Anda dapat dengan mudah mendesain situs web Anda dengan bantuan tema yang murah dan mudah diakses. Selain itu, anda juga bisa memulai bisnis online dengan menjual barang dagangan anda di toko online tanpa perlu memikirkan sebuah website. Toko online tersebut sudah banyak disediakan oleh perusahaan komersial. Diantaranya seperti Shoppe, Tokopedia, dan sebagainya.

Jika Anda baru saja akan memulai bisnis Anda maka online adalah pilihan terbaik untuk Anda. Sebab, jika dibandingkan dengan membuka toko fisik, toko online membutuhkan biaya yang jauh lebih sedikit. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk utilitas dan pemeliharaan toko Anda.

Anda juga dapat mencoba menjual barang anda melalui media sosial. Pemasaran pada media sosial telah membantu banyak perusahaan dalam menempati lebih banyak pelanggan serta memperluas jangkauan mereka.

2. Potensi Pelanggan yang Banyak

Basis klien dan jangkauan pelanggan potensial Anda tidak terbatas saat menjalankan bisnis online.

Saat menjalankan bisnis secara offline, Anda bergantung pada lokasi dan visibilitas bisnis Anda untuk berkembang. Jika bisnis Anda terletak di tempat lalu lintas pejalan kaki dan mobil rendah, Anda mungkin memiliki waktu yang lebih menantang untuk mendatangkan pelanggan potensial dalam jumlah besar ke etalase Anda.

Dengan rencana bisnis online, Anda tidak terbatas pada menjual produk kepada individu yang berjalan atau melewati toko Anda, tetapi Anda dapat menjangkau klien di seluruh dunia. Anda memanfaatkan dunia online tepat di ujung jari Anda dengan memiliki bisnis online.

Memulai bisnis online tidak berarti Anda dapat menskalakan volume tinggi dalam semalam; butuh waktu dan periklanan dan pemasaran yang tepat, tetapi potensinya sangat besar.

3. Dukungan Pelanggan yang Lebih Baik

Izinkan saya memberi tahu Anda satu fakta, internet dibuat untuk bisnis dan jika Anda seorang oportunis, Anda harus memanfaatkan dunia online. Keuntungan yang tidak dapat disangkal dari memiliki bisnis online adalah memungkinkan Anda menjawab pertanyaan pelanggan dan menyelesaikan masalah mereka tanpa menghabiskan banyak waktu Anda. Jadi dengan internet, Anda bisa mendapatkan dukungan pelanggan yang lebih baik untuk pelanggan potensial Anda. Yang dapat Anda lakukan hanyalah membuat video berisi instruksi atau panduan yang dapat membantu pelanggan mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka. Dan bagian terbaiknya, Anda dapat menggunakan video itu selama bertahun-tahun!

Selain itu, Anda juga dapat mengatur bagian dukungan pelanggan di situs online Anda. Ini akan membantu pelanggan Anda kapan saja.

Bisnis online memungkinkan Anda untuk menyediakan pelanggan Anda dengan informasi yang tepat yang mereka inginkan. Ini menghemat waktu Anda dan pelanggan Anda karena mereka dapat dengan mudah menonton video sehingga jumlah panggilan dan pesan tentang kueri produk akan berkurang dengan sendirinya. Dari sekian banyak manfaat yang terbukti memiliki situs web untuk bisnis Anda, yang paling penting adalah membantu Anda terhubung dengan audiens Anda kapan saja dan di mana saja.

4. Kebebasan untuk Bekerja dari Mana Saja

Banyak pengusaha terpanggil untuk memulai bisnis online karena kebebasan yang diberikannya. Anda dapat bekerja dari mana saja dan biasanya kapan saja sesuai pilihan Anda.

Saat bekerja di lokasi tetap atau kantor dengan jadwal tetap, setiap hari bisa menjadi hal yang sangat biasa. Ini juga dapat secara dramatis menurunkan tingkat kreativitas Anda. Anda dapat dengan mudah duduk di pantai atau di kedai kopi dengan minuman favorit Anda, laptop keluar, mengelola bisnis Anda.

Satu hal yang perlu diingat sebagai pengusaha yang memiliki kebebasan untuk bekerja dari mana saja adalah disiplin adalah kunci sukses menyeimbangkan kebebasan dan tanggung jawab. Ini adalah bagaimana bisnis online dan kehidupan pribadi Anda akan berkembang.

5. Basis Klien dan Konsumen yang Besar

Tidak dapat dipungkiri, memiliki bisnis online dapat berarti menjangkau calon pelanggan dan klien dalam jumlah yang tidak terbatas di seluruh dunia. Saat ini, semua orang menikmati kemudahan untuk dapat membuka ponsel atau komputer mereka untuk melakukan pembelian.

Bisnis online memungkinkan konsumen untuk menelusuri toko online Anda atau berbelanja produk dan layanan fisik Anda dengan mudah. Apakah Anda menjalankan bisnis dropshipping atau bahkan menjual produk digital, situs e-niaga dapat menghasilkan lalu lintas yang sangat besar.

Penjelajahan dapat menghasilkan konversi menjadi penjualan karena calon pelanggan ini memiliki peluang tinggi untuk kembali ke toko online Anda untuk melakukan pembelian.

Dengan strategi periklanan dan pemasaran yang tepat, Anda dapat dengan mudah melakukan konversi penjualan dan menciptakan pelanggan untuk kembali. Menerapkan ulasan produk dan layanan memungkinkan calon pelanggan untuk membaca ulasan tentang produk yang mereka minati, yang dapat bermanfaat bagi bisnis Anda, entah itu ulasan yang baik atau buruk.

Meminta pelanggan atau klien mengirimkan ulasan tentang produk yang dibeli akan menarik lebih banyak pelanggan ke toko online Anda. Ini bisa menjadi sedikit lebih sulit saat membeli barang dari etalase fisik, di mana tidak ada ulasan sebelumnya untuk dilihat.

Memiliki kehadiran media sosial yang menonjol juga dapat bermanfaat bagi bisnis Anda, karena ada banyak pelanggan potensial di sana. Media sosial juga dapat berfungsi sebagai iklan gratis untuk bisnis Anda. Jika seorang teman melihat teman atau influencer lain memposting tentang suatu produk, mereka dapat lebih cenderung untuk memeriksa produk tersebut atau bahkan membelinya sendiri.

Ada basis klien dan konsumen yang luar biasa di internet yang semuanya hanya dengan sekali klik.

Penutup

Memulai bisnis online atau usaha melalui internet merupakan salah satu pilihan tebaik pada saat ini, karena jangkauannya sangat luas. Anda bisa menjual barang dagangan anda kepada siapa saja, dan dimana saja. Selain itu anda juga memiliki kebebasan untuk bekerja, tinggal bagaimana strategi anda untuk berbisnis secara online.

Posting Komentar untuk "Pengertian Bisnis Online dan Manfaat Bisnis Online Bagi Pelaku Usaha"