Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Tips Merawat Wajah Secara Alami Agar Tetap Awet Muda

Merawat wajah merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kita semua, karena wajah merupakan hal pertama yang biasanya dilihat oleh orang. Nah berikut ini beberap cara merawat wajah secara alami agar tetap awet muda.

Ilustrasi gambar : Pixabay

Minum Air Putih Yang Cukup

Dengan minum air putih yang cukup kita dapat menutrisi sel sel yang ada dikulit, menjaga kulit agar tidak dehidrasi dan melembabkan kulit. Untuk langkah awal kita bisa meminum segelas air hangat setelah bangun tidur, cara tersebut bisa membuat tubuh lebih segar setelah bangun tidur.

Menjaga Kebersihan Kulit Wajah

Kita juga diharuskan menjaga kebersihan kulit wajah, karena kita memiliki banyak aktifitas diluar ruangan, sehingga rentan terhadap debu, kotoran, dan keringat, jadi jangan malas untuk membersihkan wajah. Kita dapat menerapkan metode 424, yaitu 4 menit pertama dengan mengaplikasikan minyak kelapa/minyak zaitun ke wajah dan memberikan sedikit pijatan lembut diwajah selama 4 menit, lalu dilanjutkan dengan membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka yang cocok dengan kulit wajah kamu selama 2 menit, lalu dibilas dengan air selama 4 menit (lebih bagus jika dibilas 2 menit dengan air hangat dan 2 menit dengan air dingin) jangan mengeringkan wajah dengan handuk, lebih baik dengan menepuk nepuk wajah dengan jari tangan dan membiarkan air yang ada diwajah kering sendiri.

Cara tersebut cukup mudah dan dapat membuat wajah terasa lembab. Tapi jika mau yang lebih simple kita dapat membersihkan wajah dengan cara membasahi kain lembut (harus bersih) dengan air hangat lalu usapkan ke wajah secara menyeluruh secara berulang kali hingga dirasa wajah sudah bersih, lalu dilanjutkan dengan membilas wajah dengan air biasa yang mengalir dilanjutkan dengan menepuk nepuk wajah dengan jari tangan.

Gunakan Tabir Surya

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sebaiknya kita perlu menggunakan tabir surya. pilihlah tabir surya (sunblock/sunscreen) yang memiliki SPF 15 atau lebih (SPF 1 = 15 menit, jadi bisa dihitung sendiri berapa lama ketahan SPF tabir surya yang kamu pilih) pilihlah tabir surya yang cocok dengan kulit kamu.

Obati Jerawat

Jika kamu punya jerawat, sebaiknya segera diobati agar tidak menimbulkan gejala yang lebih parah, sekarang sudah banyak obat untuk jerawat tinggal dioles ke area jerawat, jerawatnya pasti sembuh. Jangan seekali kamu memencet/memegang jerawat dengan tangan karena tangan kita mempunyai bakteri yang banyak dan memencet/memegang jerawat dapat memperparah jerawat kamu, bukannya jerawat hilang malah tambah banyak tuh!

Menjaga Asupan Makanan

Kita juga harus menjaga asupan makanan karena itu berpengaruh banget sama tubuh. Sebaiknya kita mengurangi gorengan, coklat, dll yang berpotensi menimbulkan jerawat/ masalah pada kulit wajah. perbanyaklah makan buah dan sayur yang kaya vitamin untuk menjaga tubuh dan mempercantik kulit wajah

Scrubing dan Masker

Melakukan kedua cara tersebut juga penting loh! karena dapat membuat wajah lebih cerah, kenyal, dan sehat. Untuk remaja sebaiknya kita menggunakan scrub dan masker alami, agar lebih aman. Sebelum melakukan scrubing/masker sebaiknya wajah dalam keadaan bersih.

Untuk scrubing sendiri kita hanya memerlukan gula yang sudah halus dan minyak zaitun/ madu, caranya dengan mencampur gula yang sudah halus dengan minyak zaitun/ madu lalu dioleskan pada wajah dan menggosoknya dengan lembut untuk mengangkat sel sel kulit mati, bisa juga diaplikasikan ke bibir supaya bibir teras lembab dan berwarna merah muda alami(dapat dilakukan 3-4 minggu sekali).

Untuk masker kita dapat menggunakan bahan alami seperti :

Masker Putih Telur

Putih telur dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan komedo di wajah caranya dengan menyiapkan potongan tisu sesuai dengan bentuk/bagian wajah yang kamu kehendaki lalu kocoklah putih telur hingga sedikit berbusa (bisa ditambahkan sedikit perasan jeruk lemon untuk mengurangi amis) selanjutnya oleskan putih telur ke wajah lalu tempelkan potongan tisu tadi ke wajah, lalu oleskan lagi sisa putih telur diatas tisu tadi, tunggulah hingga kering jika sudah kelupaslah masker putih telur tadi, komedo kamu akan keangkat semua, lalu cucilah muka dengan air.

Kamu juga bisa menggunakan cara masker yang kedua dengan cara langsung mengoleskan putih telur ke wajah dan leher dan tunggu kering lalu bilas dengan air untuk mencerahkan wajah.

Masker Buah Alpukat

Mungkin sebagian orang berpendapat "sayang banget buah Alpukatnya cuma buat maskeran mendingan dimakan", emang sih rada mubazir tapi manfaatnya banyak, bisa menghaluskan kulit, menghilangkan bekas jerawat dll. Caranya cukup mudah dengan menghaluskan daging buah alpukat (secukupnya aja, jangan banyak banyak) lalu ratakan daging buah alpukat tadi ke wajah tunggu kira kira 45 menit, bersihkan wajah dari masker lalu bilas dengan air. 

Lebih bangus lagi jika pake masker ini waktu mau tidur, jadi tinggal mengaplikasikan masker ke wajah lalu tidur, tinggal tidur sampai besuk pagi lalu tinggal mengelupas masker yang kering dan bilas dengan air.

Masker Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin yang bagus buat kulit, caranya tinggal haluskan bagian dalam buah tomat (bukan kulit ari nya) dan jangan buang bagian biji karena bagian itu bagus buat kulit, lalu tinggal diaplikasikan ke wajah secara merata tunggu 45 menit kalo mau nunggu sampe kering juga gakpapa malah lebih bagus, bersihkan wajah dari masker lalu bilas dengan air. ini juga bagus buat masker tidur.

Masker Timun

Timun punya banyak kandungan air sehingga bagus buat kulit, caranya tinggal haluskan buah timun (tanpa kulit) lalu aplikasikan ke wajah tunggu 45 menit/ tunggu sampe kering, bersihkan wajah dari masker dan bilas dengan air. Atau dengan menempelkan potongan buah timun ke wajah tunggu 45 menit, lalu bilas. Ini juga bagus buat masker malam.

Dan masih banyak lagi masker dari bahan alami yang lain, jangan males maskeran karena manfaatnya banyak banget.

Jangan Stress Dan Selalu Tersenyum

Kita harus menjaga diri agar tidak stress dan terlalu memikirkan sesuatu sampai berlebihan, tetaplah tersenyum dan selalu berpikiran positif dan timbulkanlah perasaan bahagian agar kita dapat terhindar dari stress yang mampu membuat wajah kita mengalami beberapa masalah wajah seperti jerawat.

Posting Komentar untuk "Inilah Tips Merawat Wajah Secara Alami Agar Tetap Awet Muda"