Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Kulit Wajah Agar Sehat dan Awet Muda

Cara Merawat Kulit Wajah Agar Sehat dan Awet Muda

Menjaga kesehatan wajah merupakan hal yang sangat penting dan utama, karena wajah merupakan salah satu bagian penting tubuh yang menjadi simbol kecantikan lahir seseorang. Perawatan wajah ini tidak hanya dilakukan oleh wanita, tetapi pria juga perlu merawat wajah agar tetap tampil fresh dan baik di depan umum, selain itu untuk menghindari penuaan dini yang terjadi akibat dari wajah yang kusam dan terdapat kerutan-kerutan yang tidak diinginkan.

Sebagaimana yang dikutip dari wikiHow bahwa, wajah adalah hal pertama yang dilihat orang, jadi wajar jika hampir semua orang ingin merawatnya dengan baik. Kebutuhan perawatan kulit setiap orang berbeda, tetapi menjaga rutinitas yang konsisten sangat penting untuk merawat wajah, apa pun jenis kulit yang dimiliki. Selain itu, luangkan waktu untuk menangani masalah perawatan kulit tertentu yang mungkin dihadapi, seperti jerawat dan terutama kulit kering, kemudian cobalah menjalani gaya hidup sehat agar kulit tetap sehat dan bercahaya!

Rutinitas Perawatan Kulit Wajah Setiap Hari

1. Cuci muka di pagi hari saat bangun tidur.

Setiap hari ketika Anda bangun tidur, basuh wajah Anda dengan air hangat dan pembersih wajah lembut yang sesuai dengan jenis kulit Anda (hindari pembersih wajah yang berbahan merkuri atau lainnya yang dapat merusak kulit wajah). Pijat wajah Anda dengan gerakan melingkar, tetapi jangan menggosoknya dengan kasar. Ingat, kulit wajah Anda lembut, jadi penting untuk membasuhnya dengan lembut. Hindari menggunakan air yang terlalu panas untuk membasuh wajah karena dapat membuat kulit wajah menjadi kering.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau kering, pilih pembersih yang menghidrasi kulit. Gunakan pembersih berbusa jika Anda memiliki kulit berminyak, atau pilih pembersih berbasis asam salisilat jika kulit Anda rentan berjerawat.

2. Gunakan toner bebas alkohol setelah mencuci muka untuk menyeimbangkan kulit wajah. 

Toner membantu menghilangkan sisa riasan, kotoran, minyak, dan kotoran lain dari kulit yang mungkin tertinggal setelah Anda mencuci muka. Selain itu, dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit Anda, membuatnya lebih sehat dan tidak mudah berjerawat. 

Hindari menggunakan toner dengan alkohol, karena bisa sangat mengeringkan. Sebaliknya, pilih penyegar yang terbuat dari bahan lembut seperti witch hazel atau air mawar.

3. Gunakan pelembab ringan dengan SPF setiap pagi. 

Setelah Anda mencuci dan mengencangkan wajah, oleskan pelembab seukuran kacang polong ke kulit Anda. Untuk melindungi diri Anda dari sinar matahari, pilihlah pelembab berbahan dasar mineral (mengandung zinc oxide atau titanium dioxide) dengan setidaknya perlindungan SPF 30 dan UVA / UVB. Jika Anda berada di luar ruangan di mana Anda mungkin akan berkeringat banyak, atau jika Anda akan berenang, rencanakan untuk menerapkan kembali SPF Anda setidaknya setiap 2 jam.

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kulit Anda menua sebelum waktunya. Ini juga dapat menyebabkan bintik matahari, dan Anda akan berisiko lebih tinggi terkena kanker kulit.

Cobalah untuk menghindari menghabiskan waktu di bawah sinar matahari antara pukul 10 pagi dan 4 sore, karena saat itulah sinarnya paling kuat.

Tidak masalah menggunakan produk SPF terpisah jika pelembap Anda tidak menawarkan perlindungan matahari.

4. Pilih kosmetik nonkomedogenik atau non-acnegenic jika Anda memakainya. 

Jika Anda menggunakan riasan, cari produk yang tidak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Biasanya, produk ini akan diberi label sebagai non-comedogenic atau non-acnegenic. Sebagian besar merek makeup ternama menawarkan produk ini, termasuk merek toko obat.

Peringatan: Untuk mengurangi risiko infeksi kulit, jangan memakai riasan kadaluwarsa dan jangan berbagi riasan dengan orang lain.

5. Hindari menyentuh wajah Anda sepanjang hari.

Saat Anda menyentuh wajah, Anda dapat memindahkan minyak, kotoran, dan bakteri ke kulit Anda, yang dapat menyebabkan peradangan dan iritasi. Ini bisa sulit, tetapi coba ingatkan diri Anda untuk menjauhkan tangan dari wajah, termasuk tidak menggosok mata atau meletakkan pipi di tangan.

Cuci tangan Anda jika Anda tahu akan menyentuh wajah Anda, seperti saat Anda merias wajah atau pelembab.

6. Hapus riasan Anda dan bersihkan wajah Anda di penghujung hari. 

Meskipun Anda harus selalu mencuci muka sebelum tidur, ini sangat penting terutama jika Anda memakai riasan. Riasan dapat menyumbat pori-pori Anda, yang menyebabkan timbulnya noda dan komedo. Misalnya, coba hapus riasan Anda dengan tisu wajah, kemudian lanjutkan dengan membilas wajah Anda dengan pembersih yang lembut.

Jangan mengandalkan tisu pembersih riasan sebagai satu-satunya metode pembersihan wajah Anda. Mereka mengandung pengawet dan bahan kimia lain yang dapat meninggalkan residu pada kulit Anda.

7. Eksfoliasi wajah sekali atau dua kali seminggu. 

Eksfoliasi merupakan suatu cara untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit wajah. Lakukan eksfoliasi setiap beberapa hari, basahi waslap (kain untuk mengelap) wajah yang lembut dan usapkan dengan lembut ke seluruh wajah Anda dengan gerakan melingkar. Ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan wajah Anda, membuat kulit Anda sehat dan bercahaya. Namun, jika Anda melakukannya terlalu sering, hal itu dapat merusak kulit Anda, itulah mengapa Anda sebaiknya hanya melakukan eksfoliasi sekali seminggu pada awalnya, atau dua kali seminggu jika kulit Anda dapat menahannya dengan baik.

Anda juga bisa menggunakan scrub wajah atau exfoliant kimiawi jika mau. Anda bahkan dapat membuat scrub wajah sendiri dengan mencampurkan sedikit gula ke dalam krim pembersih Anda.

8. Oleskan pelembab yang lebih berat sebelum tidur. 

Setelah Anda mencuci muka di malam hari, oleskan selapis tipis krim malam kental untuk melembabkan dan memperbaiki kulit Anda semalaman. Untuk mendapatkan hasil terbaik, cari produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan mengandung retinol atau asam alfa hidroksi untuk memicu stimulasi kolagen. Namun, jika Anda tidak memiliki produk terpisah, gunakan pelembab siang hari yang polos.

Anda mungkin juga ingin mengoleskan produk terpisah ke kulit di sekitar mata Anda untuk pengangkatan dan pengencangan ekstra, serta lip balm tebal untuk menjaga bibir Anda tetap terhidrasi dan halus.

9. Tidur telentang di atas sarung bantal bersih.

Usahakan untuk membiasakan tidur telentang sesering mungkin. Jika Anda tidur miring atau tengkurap, wajah Anda akan menekan bantal, yang dapat menyebabkan lipatan pada kulit Anda. Ini juga dapat menyebabkan cairan menggenang di bawah kulit Anda, yang dapat membuat wajah Anda terlihat bengkak. Seiring waktu, tidur miring atau tengkurap bahkan dapat meningkatkan kemungkinan munculnya kerutan saat wajah Anda menekan bantal.

Jika Anda tidak mencuci sarung bantal, kotoran dan minyak dapat meningkatkan kemungkinan munculnya jerawat.

Sarung bantal satin dapat membantu mengurangi risiko munculnya kerutan, karena kulit Anda akan meluncur lebih mulus di atas kain.

Mengatasi Masalah Perawatan Kulit Tertentu

1. Seimbangkan kulit Anda dengan masker wajah sesekali. 

Kira-kira seminggu sekali, gunakan masker wajah yang diformulasikan untuk jenis kulit Anda. Ada sejumlah masker yang berbeda di pasaran, dari masker tanah liat hingga masker lembaran, dan masing-masing dirancang untuk mengatasi masalah atau masalah kulit tertentu. Pilih salah satu yang tepat untuk Anda, dan gunakan untuk membersihkan kulit. Ikuti petunjuk apa pun pada kemasan, seperti apakah akan mengoleskan masker pada kulit basah atau kering, berapa lama akan dibiarkan, dan cara melepasnya.

Misalnya, jika Anda memiliki kulit kering, Anda dapat menggunakan masker bergizi yang terbuat dari tanah liat putih. Cobalah membuat masker wajah Anda sendiri dari bahan-bahan alami seperti alpukat, madu, dan oat.

2. Atasi jerawat sesekali dengan krim yang mengandung benzoyl peroxide. 

Bahkan jika Anda biasanya memiliki kulit yang bersih, Anda mungkin akan berjerawat, terutama saat Anda menstruasi. Jika itu terjadi, kunjungi toko obat atau supermarket dan beli krim dengan benzoyl peroxide. Oleskan sedikit krim pada benjolan 1-2 kali sehari, pastikan untuk mengikuti instruksi kemasan.

Jangan pecahkan jerawat Anda. Hal ini dapat memperburuk infeksi dan dapat menyebabkan jaringan parut.

Krim ini tersedia tanpa resep, jadi Anda tidak perlu resep. Namun, jika Anda memiliki jerawat yang parah, ada baiknya Anda menemui dokter kulit.

3. Tutupi bagian wajah yang kering dengan petroleum jelly atau minyak zaitun.

Jika Anda mengalami bercak kulit kering dan bersisik pada wajah, pelembap saja mungkin tidak cukup untuk mengobatinya. Dalam hal ini, tutupi tambalan dengan lapisan tipis petroleum jelly atau oleskan minyak zaitun ke area tersebut. Ini akan memberikan kekuatan pelembab yang dalam, tetapi akan secara khusus ditargetkan ke area masalah Anda.

Jangan mencoba mengelupas tambalan kering karena dapat memperburuknya.

Tepuk-tepuk wajah Anda sepanjang hari jika Anda memiliki kulit berminyak. Jika Anda mengikuti rutinitas perawatan kulit biasa tetapi tetap berminyak di tengah hari, coba tepuk-tepuk wajah Anda dengan lembut menggunakan kertas pembersih. Kertas-kertas ini akan mengangkat minyak tanpa mengganggu riasan atau membuat kulit Anda terlalu kering.

Tahukah kamu? Minyak yang berlebihan sebenarnya bisa disebabkan oleh kulit kering, karena kulit Anda mungkin memproduksi minyak secara berlebihan untuk mencoba menyeimbangkan dirinya sendiri.

5. Tweeze rambut yang tersesat untuk menghilangkannya. Sangat normal untuk menemukan rambut yang tersesat di antara alis Anda, di atas bibir atas, atau di bawah dagu Anda. Namun, jika mereka mengganggu Anda, tidak masalah untuk memencetnya. Jepit rambut dengan penjepit tajam, usahakan sedekat mungkin ke pangkal rambut. Lalu, tarik rambut dengan tajam ke arah yang sama dengan arah tumbuhnya. Rambut harus meluncur keluar dari akarnya.

Untuk bulu wajah yang lebih luas, pertimbangkan untuk mengunjungi ahli kecantikan untuk waxing, threading, atau bleaching. Anda bahkan dapat bertanya tentang prosedur yang lebih permanen seperti penghilangan bulu atau pencukuran bulu dengan laser.

6. Tempatkan mentimun di mata Anda untuk mengurangi bengkak.

Jika Anda memperhatikan bahwa kulit di bawah mata Anda terlihat bengkak atau bengkak, berbaring telentang dan letakkan irisan mentimun di atas mata Anda selama sekitar 15 menit. Mentimun akan membantu menenangkan mata Anda sekaligus mengurangi bengkak. Selain itu, waktu yang Anda habiskan untuk bersantai akan membantu Anda merasa lebih istirahat dan segar kembali, yang juga dapat terlihat pada kulit Anda.

Jika Anda tidak memiliki mentimun di rumah, letakkan 2 sendok di freezer selama sekitar 5 menit, lalu letakkan di atas mata Anda selama 10-15 menit.

7 Cobalah senam wajah untuk mengencangkan otot wajah Anda. 

Mulailah dengan menjulurkan bibir bawah Anda sejauh yang Anda bisa. Tahan selama sekitar 30 detik, lalu miringkan kepala ke bawah sehingga dagu mengarah ke dada, dan tetap seperti itu selama sekitar 30 detik juga. Kemudian, lihat ke atas ke langit-langit dan dorong bibir bawah Anda keluar.

Latihan ini akan melatih otot wajah Anda, yang dapat membantu wajah Anda terlihat lebih kencang dan halus.

Lakukan Gaya Hidup Sehat untuk Mendapatkan Kulit Lebih Sehat

1. Minum banyak air setiap hari.

Kulit di wajah Anda bisa mulai terlihat pucat dan kendor saat Anda mengalami dehidrasi, jadi penting untuk minum banyak air setiap hari. Meskipun jumlah pasti air yang harus Anda minum bervariasi berdasarkan tingkat aktivitas Anda, usahakan untuk minum sekitar 6-8 gelas cairan sehari.

Salah satu cara mudah untuk meminum lebih banyak air adalah dengan membawa botol air isi ulang. Dengan begitu, Anda bisa menyesapnya kapan pun Anda mulai merasa haus!

Jika Anda tidak suka air putih, coba tambahkan buah segar, seperti stroberi, lemon, atau blueberry, untuk memberi rasa pada air.

2. Makan makanan yang kaya buah dan sayuran. 

Mendapatkan vitamin dan nutrisi yang tepat akan membuat kulit Anda sehat dan bercahaya. Untuk memastikan Anda mendapatkan semua yang Anda butuhkan, cobalah memasukkan makanan sehat seperti buah-buahan segar, sayuran hijau, protein tanpa lemak, dan biji-bijian ke dalam makanan Anda.

Misalnya, untuk makan siang, Anda mungkin menyantap ikan tuna di atas sayuran segar, sepotong roti gandum, dan jeruk.

Untuk makan malam, cobalah tumis ayam atau tahu dengan berbagai sayuran yang enak. Mengonsumsi suplemen minyak ikan setiap hari juga dapat memperbaiki tampilan kulit Anda.

3. Berolahragalah selama sekitar 30 menit sehari. 

Olahraga teratur akan membantu meningkatkan sirkulasi Anda, yang akan membuat kulit Anda bersinar cerah dan sehat. Selain itu, olahraga dapat membantu tubuh mengeluarkan racun, sehingga kemungkinan munculnya jerawat atau pori-pori tersumbat berkurang.

Cobalah untuk menemukan olahraga yang Anda sukai sehingga Anda akan konsisten melakukannya. Misalnya, Anda mungkin merasa lebih mungkin untuk berolahraga jika Anda pergi joging, bersepeda, atau berenang, atau Anda mungkin lebih suka berolahraga.

Segera bersihkan atau mandi setelah berolahraga untuk mencegah keringat menyumbat pori-pori Anda.

4. Tidurlah 8-10 jam setiap malam jika Anda remaja. Saat Anda lelah, itu terlihat di wajah Anda, dari lingkaran longgar di bawah mata hingga kulit kusam. Usahakan untuk pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam, dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Dengan begitu, Anda akan tampil terbaik setiap hari.

Jika Anda kesulitan tidur, matikan termostat atau nyalakan kipas angin. Udara sejuk bisa membantu Anda tidur lebih cepat. Anda membutuhkan 9-11 jam tidur jika Anda berusia antara 6 dan 13, 8-10 jam malam jika Anda berusia antara 14 dan 17, dan 7-9 jam jika Anda berusia 18 atau lebih.

5. Ambil langkah-langkah untuk berhenti jika Anda seorang perokok. 

Jika Anda merokok, akan sangat sulit untuk berhenti, tetapi jika Anda menetapkan tujuan untuk diri sendiri dan Anda bertekad untuk mencapainya, Anda dapat melakukannya. Cobalah beralih ke permen pelega tenggorokan atau permen karet nikotin, mintalah keluarga dan teman Anda untuk membantu Anda tetap bertanggung jawab, dan siapkan rencana saat Anda mendapatkan keinginan yang kuat.

Ada sejumlah risiko kesehatan yang terkait dengan merokok, termasuk peningkatan risiko kanker, jadi berhenti merokok sudah merupakan ide yang bagus. Akan tetapi, merokok juga membuat kulit Anda terlihat lebih tua dan pucat, dan seiring berjalannya waktu, ini berkontribusi pada kerutan.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Kulit Wajah Agar Sehat dan Awet Muda"