Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Faktor Yang dapat Menentukan Pertumbuhan Ekonomi

7 Faktor Yang dapat Menentukan Pertumbuhan Ekonomi
Mengapa ekonomi dapat berkembang dengan cepat, tetapi kadang-kadang berkembang lambat? Demikian juga dengan pertumbuhan ekonomi suatu negara, terkadang bergerak cepat, tetapi terkadang bergerak lambat. Ini karena ada faktor yang mempengaruhinya. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

1. Barang Modal


Barang modal adalah berbagai jenis barang yang digunakan untuk menghasilkan output (barang dan jasa). Misalnya: mesin pabrik, peralatan pertukangan, dan sebagainya. Barang modal memiliki peran penting dalam meningkatkan efisiensi pertumbuhan ekonomi. Tanpa alat yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa, orang akan merasa sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Penambahan barang modal dilakukan melalui investasi, sehingga semakin tinggi investasi, semakin besar jumlah barang modal. Semakin banyak jumlah barang modal, barang dan jasa yang dihasilkannya, akan meningkat. Peningkatan output barang dan jasa menunjukkan ekonomi sedang mengalami pertumbuhan.

2. Teknologi


Selain barang modal, teknologi juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Kemajuan ekonomi di berbagai negara terutama disebabkan oleh kemajuan teknologi. Di negara-negara berkembang, diperlukan teknologi yang tepat guna agar manusia dapat memanfaatkan secara optimal apa yang ada dalam diri mereka dan lingkungan, dan untuk mengurangi pemborosan penggunaan sumber daya alam atau energi dalam proses produksi. Kemajuan teknologi telah memiliki beberapa dampak positif pada pertumbuhan ekonomi yang mengarah pada pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat.

Berikut ini adalah beberapa efek dari kemajuan teknologi pada pertumbuhan ekonomi.

a. Meningkatkan efisiensi produksi barang dan jasa.
b. Menciptakan penemuan barang baru yang belum pernah diproduksi sebelumnya.
c. Meningkatkan kualitas barang yang diproduksi.

3. Buruh


Hingga saat ini, terutama di negara-negara berkembang, tenaga kerja masih menjadi faktor dominan produksi. Populasi yang besar akan menambah jumlah pekerja. Penambahan tenaga kerja ini memungkinkan suatu negara untuk meningkatkan jumlah produksi. Dengan demikian itu akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Jika tenaga kerja didukung oleh tenaga kerja (pendidikan) yang lebih berkualitas, itu akan lebih meningkatkan produktivitas tenaga kerja itu sendiri. Dengan demikian, peningkatan akan meningkatkan jumlah barang yang diproduksi.

Baca juga: Tips Mengelola Bisnis Agar Cepat Berkembang

4. Sumber Daya Alam


Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang disediakan oleh alam, seperti tanah, iklim, hasil hutan, hasil tambang, dll. Yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam upaya mereka mencapai kesejahteraan. Sumber daya alam akan dapat memfasilitasi upaya untuk membangun ekonomi suatu negara.

Menurut Jhingan bahwa ketersediaan sumber daya alam yang melimpah tidak cukup untuk pertumbuhan ekonomi, yang paling penting adalah bagaimana memanfaatkan sumber daya alam ini sebaik-baiknya. Dengan demikian sumber daya alam yang tersedia yang digunakan secara optimal akan membantu dalam proses pertumbuhan ekonomi.

Meskipun kekayaan alam memiliki peran penting, ini tidak berarti bahwa pembangunan ekonomi sangat tergantung pada jumlah kekayaan alam suatu negara. Perkembangan ekonomi di Belanda, Jepang dan Korea Selatan membuktikan bahwa meskipun mereka tidak memiliki sumber daya alam yang signifikan, perkembangan ekonomi negara-negara ini juga telah berkembang pesat.

5. Manajemen


Ekonomi di suatu negara akan berkembang pesat jika dikelola dengan baik. Sistem manajemen ini disebut manajemen. Seperti halnya bangsa Indonesia, ia memiliki potensi sumber daya alam yang beragam dan melimpah dan populasi yang besar, jika potensi tersebut dikelola dengan baik dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

6. Kewirausahaan


Entrepreneurship (wirausaha) adalah seseorang yang mampu dan berani mengambil risiko dalam melakukan upaya untuk mendapatkan keuntungan. Peran pengusaha dalam memajukan ekonomi telah terbukti dari waktu ke waktu. Pengusaha dalam berinvestasi akan memperluas peluang kerja, meningkatkan output nasional, dan meningkatkan pendapatan pajak.

7. Informasi


Salah satu syarat agar pasar berfungsi sebagai cara yang efisien dalam mengalokasikan sumber daya ekonomi adalah bahwa ada informasi yang sempurna dan seimbang. Informasi sangat mendukung pertumbuhan ekonomi karena pelaku ekonomi dapat mengambil keputusan berdasarkan informasi yang akurat dan cepat.

Posting Komentar untuk "7 Faktor Yang dapat Menentukan Pertumbuhan Ekonomi"