Mengenal Ragam Budaya Dan Pariwisata Kota Merauke yang Sangat Menawan

Kota Merauke - merupakan kota cantik di ujung paling timur Indonesia yang di selatannya adalah propinsi Papua, memiliki sebutan lain yaitu Kota Rusa. Dikarenakan dahulu jenis hewan tersebut banyak ditemukan di wilayah tersebut. Selain itu binatang yang tak kalah menakjubkan juga ada di sini, seperti: kangguru merah, burung pelikan, kasuari, kuskus, tikus berkantung, kura-kura, kakatua dan sebagainya.

Bila dilihat secara geografi, sejarah, ekonomi dan budaya, kota Merauke mempunyai fakta unik dan menarik dibandingkan kota sejenis di Papua. Disebabkan letaknya paling ujung dari timur Indonesia, berjarak lurus dengan kota Sabang di propinsi Aceh. dan sama-sama memiliki tugu di masing-masing tempat.

1. Bumi Animha alias Bumi Manusia Sejati


Selain mendapat sebutan ‘sebagai ‘’Kota Rusa’ Merauke juga memperoleh julukan lain yaitu ‘’Bumi Anim – Ha’’. Hal itu behubungan dengan kepercayaan penduduk asli setempat asli Merauke dari suku Marind – Anim. Sedang Anim – Ha memilki arti ‘’Manusia Sejati’’.

2. Pantai Lampu Satu


Yang menarik dari pantai Lampu Satu adalah air lautnya yang berwarna coklat. Itu tentu berbeda sekali dengan keadaan pantai-pantai lain yang berada di pulau Papua. Dikarenakan keadaan topografi tanah Merauke yang datar dan berawalah yang menyebabkan hal tersebut. Ketika air surut, banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk bermain bola, mencari kerang dan sebagainya, atau sekadar menikmati sunset di senja hari.

3. Taman Nasional Wasur


Taman Nasional Wasur atau populer dikenal dengan nama lain ‘’Serengeti Papua’’, termasuk dalam kategori lahan basah terbesar di Indonesia, bahkan di Asia yang masih terjaga alaminya. Buat Anda pecinta hewan peliharaan burung, tempat ini surganya. Menurut survey WWF di sini banyak ditemukan hampir empatratusan jenis burung, dapat dijumpai burung-burung yang berimigrasi ke Australia. Hal menarik lain akan dijumpai pula rumah ‘’Musamus’’ atau rumah semut yang hanya ada di Merauke dan Australia.

4. Tugu Kembar


Seperti sudah sedikit disinggung di atas bila kota Merauke kota paling ujung timur Indonesia dan terdapat sebuah tugu yang mirip dengan kembarannya yang berada di kota Sabang yaitu ‘’Tugu Nol Kilometer’’, memang benar adanya. Berlokasi di Sota Merauke atau lebih tepatnya di pertigaan distrik kota Sota arah perbatasan PNG, Merauke dan Boven Digul, ‘’Tugu Sabang Merauke’’ berdiri megah.

5. Pizza "Sagu Sep"


Dan ada satu yang menarik dari kota Merauke yaitu pizza ‘’Sagu Sep’’. Dilihat dari namanya memang benar ini sejenis pizza. Berbeda dengan jenis pizza yang familiar berbahan dasar tepung terigu, pizza sagu sep terbuat dari tepung sagu, makanan pokok mereka. Itu bukan papeda atau bubur, sebab cara memasaknya lain. Adalah tepung sagu yang dicampur dengan daging, (yang pada dasarnya sama bahan dasarnya untuk setiap wilayah) hanya cara mengolahnya yang sedikit unik. Namun dikarenakan proses memasaknya yang rumit, kuliner tersebut jarang ditemui, hanya di acara-acara tertentu saja olahan tersebut ada.

Itulah sekelumit kisah tentang kota Merauke dan destinasi wisatanya yang elok. Untuk mencapai daerah itu bukan sesuatu yang dirumit. Dapat dijangkau melalui jalur lalulintas laut dan udara.

Dan jika Anda bertanya di mana medan seru untuk memuaskan hasrat petualangan Anda? Jawabannya di sini! Masukkan dalam daftar agenda perjalanan wisata Anda, dan dijamin akan puas karenanya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama