Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keajaiban Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur, Salah Satunya Jadi Situs Budaya Dunia

Keajaiban Wisata Pulau Nusa Tengara Timur, Salah Satunya Jadi Situs Budaya DuniaPulau - Nusa Tenggara Timur termasuk bagian wilayah Indonesia Timur, berbatasan dengan negara Timorleste, yang masih mempunyai keturunan dari bangsa Portugis. Sebab kawasan itu dulunya bekas jajahan negara tersebut. Ciri khas fisik mereka sekilas mirip dengan penduduk Papua.

Namun di sini hanya akan membicarakan destinasi wisatanya yang sayang sekali dilewatkan bila berkunjung ke daerah itu. Dikenal dengan panorama alam yang indah, berikut ulasannya untuk Anda.

1. Danau Tiga Warna Kelimutu


Danau Tiga Warna Kelimutu merupakan danau kawah yang terletak di puncak gunung Kelimutu tepatnya di desa Pemo, kecamatan Kelimutu kabupaten Ende. Kata "Kelimuti" sendiri berasal dari kata "keli" yang berarti "gunung" dan "mutu" yang berarti mendidih. Sesuai dengan namanya ‘’Danau Tiga Warna Kelimutu’’ memang mempunyai tiga warna air yang berbeda-beda. Dan untuk setiap warnanya diartikan sendiri-sendiri oleh penduduk setempat, yang jika berubah-ubah warna selalu dikaitkan dengan hal magis. Padahal menurut penelitaian para ahli, tiga warna tersebut disebabkan adanya perubahan molekul atau gas seperti ferum, natrium, oksida dan lain sebagainya.

2. Gua Batu Cermin


Keajaiban Wisata Pulau Nusa Tengara Timur, Salah Satunya Jadi Situs Budaya Dunia

Gua Batu Cermin berada di lokasi kampung Wae Kesambi, kecamatan  Komodo, kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, tak jauh dari kota Labuan Bajo. Gua ini kali pertama ditemukan oleh Theodore Verhoven seorang pastor sekaligus arkeolog berkebangsaan Belanda pada tahun 1951. Dinamakan Gua Cermin sebab di dalam gua terdapat sebuah celah sempit yang membuat sinar matahari masih bisa mnerobos masuk ke dalam.

3. Nihiwatu Beach


Keajaiban Wisata Pulau Nusa Tengara Timur, Salah Satunya Jadi Situs Budaya Dunia

Pantai Nihiwatu pernah masuk survey yang dilakukan oleh CNN pada tahun 2013 sebagai pantai paling indah menduduki peringkat 17 dari 100 pantai dunia. Ini tidak salah sebab faktanya pantai tersebut mempunyai ombak yang menjadi salah satu tercepat di dunia, sehingga menjadi favorit para peselancar untuk datang ke sana. Bahkan mereka menjuluki tempat itu sebaga "God’s Left". snaik kuda, memancing dan sebagainya, atau sekadar duduk mengamati burung-burung di atas langit.

4. Pulau Komodo


Keajaiban Wisata Pulau Nusa Tengara Timur, Salah Satunya Jadi Situs Budaya Dunia

Sesuai dengan namanya pulau indah itu memang sarangnya pulau komodo, mahkluk purba sejenis kadal raksasa. Indonesia patut banga sebab memiliki warisan salah satu keajaiban dunia. Resmi ditetapkan sejak tahun 2012. Masuk dalam wilayah administratif desa Labuan Bajo kecamatan Komodo, kabubaten Mangarai Barat.

5. Pantai Lasiana Kupang


Keajaiban Wisata Pulau Nusa Tengara Timur, Salah Satunya Jadi Situs Budaya Dunia

Berada di ibukota Nusa Tenggara Timur yaitu Kupang bernama Lasiana. Terletak di kelurahan Lasiana kecamatan Kupang Tengah, kota Kupang. Tiket masuk ke area wisata itu terbilang sangat murah dan terjangkau.

6. Manta Point Labuan Bajo


Keajaiban Wisata Pulau Nusa Tengara Timur, Salah Satunya Jadi Situs Budaya Dunia

Manta adalah sejenis ikan laut raksasa yang cara berenangnya seperti terbang, dengan sirip sangat besar di kanan kiri badannya. Pada musim bulan Maret serta April adalah waktu yang tepat memulai petualangan. Anda dapat menikmati sensasinya sambil menyelam ke dasar laut Labuan Bajo, memicu adrenalin berenang bersama ikan-ikan unik tersebut.

7. Pulau Alor


Keajaiban Wisata Pulau Nusa Tengara Timur, Salah Satunya Jadi Situs Budaya Dunia

Pulau ini sering muncul  di acara tv dalam acara petualanagan seru. Memang tak salah karena tempat ini merupakan favorit wisatawan mancanegara. "Baruna’s Dive Sites At Alor" demikian julukan yang disematkan untuk pulau tersebut, dengan kekayaan terumbu karang yang menakjibkan.

Destinasi wisata Nusa Tenggara Timur sangat banyak.Di atas hanya sebagian kecil yang dituliskan. Bagaimana Anda tertarik untuk pergi ke sana juga?

Posting Komentar untuk "Keajaiban Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur, Salah Satunya Jadi Situs Budaya Dunia"