Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Kuliner Dari Sagu Paling Lezat di Kepulauan Maluku

9 Kuliner Dari Sagu Paling Lezat di Kepulauan Maluku, Nomor 3 Jadi Bisnis Artis Loh!
Makanan pokok penduduk kepulauan Maluku bukan nasi, melainkan sagu, jagung dan jenis umbi-umbian. Selain itu ditinjau dari letak geografisnya yang banyak dikelilingi oleh pantai, pada umumnya kuliner khas daerah Maluku berbahan dasar ikan laut. Namun bukan berarti nasi juga tidak mereka makan, di saat-saat tertentu mereka tetap mengonsumsinya juga.

Sesuai dengan judul artikel, maka kali ini yang akan dibahas hanya kuliner yang berasal dari bahan sagu. Sangat menarik sebab biasanya makanan utama orang Indonesia adalah nasi. Berikut ini makanan khas masyarakat Maluku yang berasal dari sagu.

1. Wagu Komo-komo


Sedikit panjang memang namanya, menjadi item pertama dalam tulisan ini, sebagai pembuka makanan Maluku yang terbuat dari sagu. Wagu komo-komo tersebut sering dijadikan lauk, berasal dari sagu yang direndam air dingin dan dibumbui, dicampur dengan sejenis ikan serta santan kelapa cair dibungkus daun woka. Terakhir dipanggang sampai kering kemudian baru disantap.

2. Talam Sagu Bakar


Rasa talam sagu bakar bercitarasa manis, sebab adanya campuran kenari dan kacang brenebon. Sangat nikmat bila disajikan pada sore hari sebagai camilan teman minum teh.

3. Papeda


Papeda dikonsumsi juga oleh masyarakat pulau Papua dan juga Maluku. Bagitu familiar setelah kuliner itu menjadi salah bisnis seorang artis ibukota bernama Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen di kota Jakarta. Cara memakannya cukup unik yaitu dengan diseruput atau disumpit. Berupa bubur kuning lengket rasanya tawar dan berwarna bening, dimakan bersama ikan tongkol atau mubara yang dibumbui.

4. Bubur Sagu Ubi


Bubur sagu ubi juga sangat terkenal, cara membuatnya sederhana sekali, yaitu : sagu lempengan, gula merah, gula pasir, daun pandan, ubi merah rebus, ditambah santan kental serta kenari.

5. Kue Bagea Atau Kue Sagu


Ini merupakan makanan khas Maluku Barat Daya yang bertekstur renyah dan gurih. Bentuknya bulat dengan retakan-retakan kecil di permukaannya. Berbahan dasar sagu dengan tambahan bahan lain sepertii : kayu manis dan jenis kacang-kacangan, gula atau kelapa.

6. Sagu Lempeng


Bercitarasa gurih dan ada juga yang tawar. Teksturnya cukup keras dan diolah dari tepung sagu, dicetak dalam cetakan yang terbuat dari tanah liat bernama forna. Warnanya kecoklatan namun ada pula yang merah muda. Sagu lempeng sangat cocok disantap sebagai camilan sore hari bersama teh atau kopi.

7. Bubur Ne


Bubur Ne juga olahan dari sagu yang dibentuk bulatan kecil seperti telur kodok. Kemudian dimasak dalam air santan hingga terasa empuk. Lalu dicampur dengan gula merah, kayu manis, dan daun pandan. Biasanya bubur ne disajikan sebagai makanan penutup.

8. Sagu Gula


Sagu gula berbentuk persegi panjang, dengan bagian atas terdapat siraman gula merah cair yang mudah meresap ke dalam sagunya. Sebagai camilan favorit masyarakat Maluku yang sering dimakan dengan kopi sibu-sibu.

9. Sanole


Sanole terbuat dari tepung sagu yang dicampur denga kelapa dan isian gula aren, sanole bercitarasa gurih dan manis. Penampilannya mirip roti dadar gulung yang warnanya putih kecoklatan, serta lelehan gula merah yang menggoda. Sanole juga dikenal dengan nama karu-karu.

Begitu menariknya kuliner berbahan dasar sagu tersebut, bila dicicipi pastilah sangat lezat. Minimnya produksi padi membuat masyarakat di sana mengonsumsi sagu. Dan itulah Indonesia yang mempunyai keberagaman adat, budaya dan tradisi.

Posting Komentar untuk "9 Kuliner Dari Sagu Paling Lezat di Kepulauan Maluku"