Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Fakta Unik Tentang Kepulauan Maluku

6 Fakta Unik Tentang Kepulauan Maluku
Maluku merupakan wilayah kepulauan yang sangat terkenal dengan produksi rempah-rempah terbesar di dunia, khususnya pala dan cengkeh. Wilayah ini pernah dijajah oleh bangsa eropa, sebagaimana wilayah lain di Indonesia, dengan tujuan utama adalah menguasai perdagangan rempah-rempah yang saat itu harganya sama dengan emas. Selain itu banyak sekali keunikan yang dapat anda temui di tanah raja-raja ini, dan bila Anda berniat mengunjungi destinasi wisata di sana, maka berikut ini adalah fakta-fakta menawan yang bisa anda temui.

1. Bangunan Bedinding dari Pelepah Sagu


6 Fakta Unik Tentang Kepulauan Maluku

Pelepah sagu yang telah dipisah dari dagingnya, ternyata dimanfaatkan untuk membuat sebuah bangunan. Seperti yang terdapat pada masjid tua Wapauwe yang mengunakan sebagian bangunanya menggunakan bahan tersebut. Masjid ini juga merupakan salah satu masjid tertua di propinsi Maluku.

2. Tradisi Pengasingan


6 Fakta Unik Tentang Kepulauan Maluku

Indonesia mengenal bermacam-macam tradisi, demikian juga yang terjadi di Maluku. Ada tradisi pengasingan terhadap para perempuan yang hamil atau sedang datang bulan. Mereka diasingkan pada gubug kecil, tradisi ini dilakukan oleh suku Naulu.

3. Menjadi Nama Daerah Tertua Di Indonesia


Menurut catatan sejarah, propinsi Maluku ditetapkan sebagai nama daerah tertua di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya sebuah prasasati yang berdiri sama waktunya dengan Kerajaan yang ada di Timur Tengah pada masa pimpinan Firaun. Bahkan pimpinan gubernur sudah terjadi semenjak tahun 1522 sampai 1605.

4. Agama Mayoritas Islam


6 Fakta Unik Tentang Kepulauan Maluku

Agama Islam menjadi agama Mayoritas penduduk kepualauan Maluku, baru kemudian Kristen Protestan dan Katholik. Data statistik daerah menyebutkan untuk pemeluk ajaran Islam sebanyak 61 persen selebihnya Kristen Protesatan dan Katholik.

5. Bangunan Bersejarah


6 Fakta Unik Tentang Kepulauan Maluku

Banguan bersejarah yang paling terkenal di Maluku, adalah benteng-bentengnya sama seperti kebanyakan bangunan bersejarah di Indonesia yang sering ditemukan. Sebab negara ini memang dulunya bekas jajahan dari negara lain. Sebab Maluku ditengarai penghasil rempah yang banyak diincar oleh bangsa asing sebagai penghangat tubuh saat cuaca dingin. Contoh rempah-rempah yang dapat ditemui di Maluku adalah pala dan cengkeh. Peninggalan sejarah yang ada di Maluku misalnya adalah banteng Amsterdam yang dibangun pada tahun 1512 yang terletak di Negeri Hila yang jaraknya 42 KM dari kota Ambon.

6. Destinasi Wisata Dan Kulinernya


6 Fakta Unik Tentang Kepulauan Maluku

Selain itu Maluku juga dikenal dengan destinasi wisata alam yang indah, tak kalah mengagumkan dengan daerah lain, seperti : aneka pantai, danau, gunung, bangunan bersejarah dan kulinernya. Sebagai contoh pantai Ora keindahannya menyamai pantai Maldieves, atau Ninivala yang merupakan danau di atas awan pulau Seram. Sedangkan kuliner yang paling familiar dikenal publik yaitu papeda yang dimakan bersama gulai ikan. Papeda sendiri adalah bubur yang diolah dengan mengambil bahan baku sagu sebagai bahan dasar pembuatannya, teksturnya lengket bening rasanya tawar.

Mengupas tentang Maluku rasanya tak akan habis ditulis dalam semalam. Itu semua adalah warisan budaya dari para leluhur kita, dan tidak boleh diabaikan begitu saja keberadaannya. Meski kepulauan ini terbilang mungil berbeda dengan pulau-pulau besar lain, namun ketenarannya cukup membuat orang penasaran ingin datang ke sana. Anda mungkin salah satunya?

Posting Komentar untuk "6 Fakta Unik Tentang Kepulauan Maluku"