Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Eloknya Kota Ternate, Kecantikan Negeri Islami Yang Memikat Hati

Eloknya Kota Ternate, Kecantikan Negeri Islami Yang Memikat Hati
Kota Ternate merupakan ibu kota dari provinsi Maluku Utara, dilihat dari bentuknya menunjukkan banyak dipenguruhi oleh negara Eropa. Sebab dulunya kota tersebut memang bekas jajahan bangsa Portugis, Belanda dan Spanyol. Sedang keberadaannya sendiri berawal dari Kesultanan Ternate pada aba ke 13 dengan pengaruh agama Islam yang sangat kuat.

Berbicara tentang kota Ternate, seperti tak habis ditulis dalam semalam, karena banyaknya kisah indah yang melatar-belakangi. Mulai adat istiadat, budaya, tradisi serta destinasi mana saja, yang wajib Anda kunjungi. Jika mengagendakan hal tersebut sebagai tujuan liburan.

Seperti suku lain di Inodensia, Ternate juga mempunyai kebudayaan yang tak kalah menarik seperti : adat pernikahan, upacara keagamaan, kematian, penyambutan tamu dan kuliner. Pernikahan mengenal dua cara : pernikahan meminang atau minta kawin, dan kawin sembah. Dan masih banyak lagi adat pernikahan lainnya.

Berbicara tentang kulinernya yang paling terkenal yaitu Ikan Gohu. Merupakan salah satu masakan khas Ternate. Kadang orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate. Ikan dadri dagiing tuna dilumuri dipotong kecil-kecil, dicuci bersih dicampur dengan perasan jeruk lemon cui dan garam, tanpa dimasak. Disajikan dengan daun kemangi, bawang merah dan cabai yang sebelumnya telah ditumis dan disiramkan ke ikan mentah tersebut, dengan tidak lupa ditaburi kacang tanah goreng.

Makanan lain yang juga tak kalah memikat adalah Gatang Kenari. Terbuat dari kepiting jenis kenari yang sekarang sudah dilindungi. Namun untuk jenis restoran tertentu demi alasan pariwisata masih diijinkan.

Mata pencaharian suku Ternate bertani, dan bercocok tanam. Pertanian ada hasil bumi : padi, sayuaran, kacang-kacangan dan sebagaianya. Sedang perkebunan ada : cengkeh, kopi, kelapa sawit, hingga rempah-rampah.

Dan untuk destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi adalah sebagai berikut :

1. Pantai Sulamadaha


Pantai tersebut terketak di dekat Pulau Hiri. Suasana sangat nyaman dengan pasir hitam. Area spot diving yang baik bagi Anda penyuka jenis olahraga air ini.

2. Hol Sulamadha


Hol Sulamadha merupakan teluk yang bersebelahan dengan obyek wisata pantai Sulamadha. Tempat ini adalh taman laut yang sangat indah. Di sini juga area spot diving yang nyaman.

3. Pantai Tobodolo


Satu-satunya pantai di wilayah Ternate yang berwarna putih bersih. Berlokasi di jalan Batu Angus kecamatan Togafo, Kota Ternate Maluku Utara.  Ada sumber air panas tak dari tempat itu sesuatu yang dapat menarik wisatawan datang.

4. Danau Laguna


Danau Laguna terletak di desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, propinsi Maluku Selatan. Berjarak sekitar 18 dari kota Ternate. Oleh sebab itu orang juga sering menyebutnya danau Ngade. Wilatahnya ini sangat damai, untuk mereka yang ingin sejenak menepi dari keramaian.

5. Batu Angus


Wisata ini berupa perbukitan yang berada di jalan Batu Angus, Tobololo, kota Ternate Maluku Utara. Terbangun dari bebatuan lahar panas Gunung Gamalama yang meletus pada tahun 1673. Antara gunung dan laut, sebuah pemandangan yang sangat eksotis memukau mata.

Tertarikkah Anda setelah membaca uraian singkat ini? Bahwa wilayah negara kita itu sangatlah luas, tidak hanya pulau Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan saja. Di ujung timur dari Indonesia juga masih banyak tempat-tempat indah indah yang patut Anda kunjungi. Dengan sesuatu yang jauh berberda, temukan sensasi pengalaman berharga untuk setiap perjalanan wisata Anda.

Posting Komentar untuk "Eloknya Kota Ternate, Kecantikan Negeri Islami Yang Memikat Hati"