Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tradisi-tradisi Aneh dalam Pernikahan di Dunia

Pernikahan merupakan suatu ikatan janji suci yang sakral yang dilakukan oleh dua orang untuk hidup bersama dalam membangun rumah tangga. Pernikahan dilakukan untuk melegalkan hubungan dua orang manusia yang berbeda jenis. Dari pernikahan inilah kemudian berkembang biak manusia menjadi beragam suku, bangsa, agama, dan juga memiliki beragam budaya, adat istiadat, dan tradisis yang berbeda.

Dalam prosesi pernikahan suatu suku atau bangsa memilki budayanya sendiri-sendiri, misalnya saja budaya uang panai di suku bugis dan makassar, budaya siraman di suku jawa, dan sebagainya. Ini baru ada di Indonesia, yang hanya satu negara saja tetapi sudah memiliki beragam tradisi dalam pernikahan. Di dunia ada banyak tradisi dalam pernikahan bahkan ada yang terlihat aneh bagi orang yang bukan berasal dari wilayah tersebut. Untuk mengetahui tradisi-tradisi aneh dalam pernikahan di dunia, berikut ini ulasannya.

Tradisi Pengantin Menangis


Tradisi-tradisi Aneh dalam Pernikahan di Dunia
Di tiongkok ada sebuah suku yang bernama suku tujia memiliki tradisi yang aneh sebelum menikah. Pengantin wanita diharuskan untuk menangis selama satu jam dalam sehari selama satu bulan penuh. Pada awalnya calon mempelai ini menangis sendiri di dalam aula atau di ruang keluarha, kemudian 10 hari kemudian diikuti oleh ibunya, 10 hari setelah ibunya bergabung disusul neneknya untuk ikut menangis, dan 10 hari terakhir disusul oleh saudari-saudari perempuannya dan bibinya untuk ikut menangi, yang durasi menangisnya sama selama sejam.

Tradisi Gergaji Sepotong Kayu


Tradisi-tradisi Aneh dalam Pernikahan di Dunia
Pernikahan di jerman biasanya dilakukan tradisi memotong sepotong kayu dengan gergaji oleh kedua pengantin. Tradisi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan dan kekompakan kedua mempelai dalam bekerja sama nantinya dalam melalui bahtera rumah tangga.

Tradisi Meludahi Pengantin


Tradisi-tradisi Aneh dalam Pernikahan di Dunia
Bagi suku massai di kenya, meludah kepada penganten ini merupakan tradisi yang sangat sakral. Tetapi tidak untuk semua orang, hanya ayah dari penganten wanita saja yang meludahi anaknya. Ini melambangkan sebagai pemberkatan seorang ayah kepada putrinya.

Tradisi aneh ini bukan saja dilakukan kepada orang yang menikah, tetapi orang suku ini juga biasanya meludah sebelum berjabatan tangan dengan orang terhormat atau orang lain yang lebih tua sebagai tanda penghormatan.

Tradisi 2 Anak di Sudan


Tradisi-tradisi Aneh dalam Pernikahan di Dunia
Di sudan, ada sebuah tradisi aneh yang dilakukan oleh suku nuer dalam pernikahan. Bagi mereka proses pernikahan belum selesai sampai pengantin wanita melahirkan dua orang anak, jika belum mendapatkan dua anak alias gagal, maka pernikahan bisa jadi batal.

Tradisi Larang ke WC/Toilet


Tradisi-tradisi Aneh dalam Pernikahan di Dunia
Kalau tradisi aneh yang satu ini berasal dari Indonesia, tepatnya di suku tidong kalimantan. Kedua mempelai selama tiga hari tiga malam dilarang ke wc, artinya bahwa mereka harus menahan rasa perut sakit untuk buang air kalau saja terjadi, sehingga kedua pengantin tidak diberi makan banyak hanya sedikit saja untuk menghindari itu.

Suku ini percaya bahwa melanggar tradisi ini akan membawa sial bagi pernikahan, sedangkan yang melaksanakannya akan membawa dampat yang baik, berupak kelanggengan, subur, dan bahagia dalam pernikahan.

Tradisi Boneka Pengantin (Bridal doll)


Tradisi-tradisi Aneh dalam Pernikahan di Dunia
Ketika berada pada acara pernikahan di Puerto Riko, anda jangan heran jika ada boneka pengantin yang terlihat kuno yang mirip seperti penganti wanita, dan juga berpakaian yang sama. Ini merupakan suatu tradisi yang ada dalam pernikahan di sana.

Boneka ini dihiasi seindah mungin dan memiliki pesona yang memikat, kemudian diberikan kepada tamu undangan, dengan harapan bahwa tamu undangan itu bisa memasukkan uang ke boneka tersebut sebagai gantinya. Kalau di Indonesia budaya ini juga ada, hanya saja uang dimasukkan ke dalam wadah yang sudah disediakan saat berjabatan tangan dengan pengantin.

Posting Komentar untuk "Tradisi-tradisi Aneh dalam Pernikahan di Dunia"