Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gejala Diabetes yang Harus Kamu Tau dan Solusinya

Gejala Diabetes yang Harus Kamu Tau dan Solusinya
Memang penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan, namun gula darah pada penderita diabetes dapat di kontrol. Diabetes bisa terjadi karena kurangnya produksi insulin dalam tubuh. insulin itu sendiri merupakan zat yang dihasilkan pancreas untuk dapat mengolah zat gula darah atau glukosa sehingga dapat mejadi suatu energi.

Beberapa gejala diabetes mungkin terlihat seperti biasa yang umum dialami oleh orang lain yang bahkan tidak terkena diabetes, sehingga banyak penderita diabetes tidak menyadari adanya penyakit ini pada saat di tahap awal.

Pada usia lanjut, peningkatan gula darah memang cenderung meningkat. Namun akan lebih baik bagi semua untuk menyadari gejala diabetes lebih awal aga dapat mencari solusi pencegahannya lebih awal pula. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai gelaja diabetes yang harus kamu tau dan solusinya sebagai upaya pencegahan dini dari diabetes itu sendiri.

1. Berusaha mencari makanan manis

Akibat dari pankrean yang tidak lagi menghasilkan insulin yang cukup dan dengan sempurna menetralkan kadar gula darah dalam tubuh, tubuh akan terbiasa mengalami kondisi gula yang tinggu sehingga ketika kadar gul yang tinggu mulai berkurang, otomatis tubuh akan meminta asupan gula lebih banyak lagi dan akhirnya gula dlam darah akan semakin tinggu.

2. Sering buang air kecil

Kerena ginjal selalu berusaha untuk membersihkan kelebihan gula darah yang ada di dala tubuh, maka kamu akan merasa lebih sering ingin buang air kecil. ka sampai pada tahap selanjutnya yang lebih berbahaya adalah ginjal akan mengalami kerusakan fungsi sehingga HbA1C meningkat.

3. Sering haus dan banyak minum

Akibat terlalu banyak cairan yang telah dikeluarkan saat buang air kecil membuat tubuh merasakan haus yang berlebihan dibandingkan orang yang tidak terkena diabetes.

4. Berat badan semakin menurun

Meskipun nafsu makan normal, namun berat badanmu tidak juga kunjung naik. Hal ini dikarenakan oleh tubuh yang tidak lagi bisa memproses glukosa untuk dijadikan energi dan akibatnya adalah tubuh mengalami lemah dan kehilangan energi.

5. Luka yang sulit sembuh dan tidak kunjung membaik

Efek dari adanya kerusakan pada pembuluh darah dan saraf ini mengakibatkan penderita diabetes tidak merasakan sakit jika mengalami luka dan luka akan membusuk karena glukosa menjadi tempat bagi bakteri untuk mendapatkan makanan.

Solusi pencegahan yang dapat ditempuh yaitu:

1. Beraktivitas fisik untuk menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.

2. Beralihkan mengomsumsi gandum dan juga biji-bijian. Roti gandum, seral, dan makanan sejenisnya sangat baik untuk mencegah diabetes karena memperlambat penyerapan karbohidrat.

3. Konsumsilah kayu manis satu gram kayu manis setiap hari untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

4. Cobalan rutin mengkonsumsi cuka apel setiap hari. Karena cuka apel dipercaya dapat menurunkan lonjaka gula darah secara tiba-tiba.

5. Hindarilah meminum-minuman yang manis jika ingin mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah dalam tubuh yang memicu penyakit diabetes.

6. Daging merah memang termasuk sumber protein, namun bagi kamu yang sudah mengalami tanda-tanda awal diabetes, mengonsumsi daging merah hanya akan meningkatkan resiko terkena diabetes. Jika kamu khawatir kamu bisa menggantinya dengan makanan yang lebih aman seperti ayam dan ikan.

Berikut itu adalah informasi mengenai gejala diabetes yang harus kamu tau dan solusinya untuk mencegah terkena diabetes. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Gejala Diabetes yang Harus Kamu Tau dan Solusinya"