Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keliling Pasar Apung Nusantara dan Museum Angkut di Kota Batu Jawa Timur

Suhu udara di kota Malang pagi itu dingin dan berkabut, sekitar jam 04.30 WIB saya sudah dibangunkan dengan suara adzan dari Musholah terdekat. Walaupun dingin yang menusuk sampai ke tulang sum-sum, tetapi bangun pagi merupakan hal yang baik bagi kesehatan tubuh, apalagi kalau ditambah dengan melakukan ibadah sholat subuh, maka kesehatan rohani juga akan terpenuhi.

Sejak tadi malam, saya dan ade-ade sudah merencanakan untuk menjelajah beberapa tempat wisata di kota Batu, tujuan utama kami adalah menikmati terbitnya matahari di atas paralayang gunung banyak. Setelah mempersiapkan segala macam perlengkapan, saya membangunkan ade-ade yang masih tidur di kamar kosnya masing-masing. Kebetulan waktu itu saya nginap di kos milik ade saya yang lagi kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang.

Beberapa menit kemudian motor rental yang parkir di dalam kos-kosan mulai bersuara menandakan penjelajahan kami dimulai. Kebetulan waktu itu masih pagi sehingga kendaran yang ada di jalan raya masih sedikit. Dua motor yang kami kendarai melaju dengan cepat menembus kabut, melewati jalanan beraspal, hingga jalan setapak menuju gunung banyak.

Setelah menikmati segala kemewahan alam di gunung banyak, kami turun dan mampir di alun-alun kota batu, sambil menikmati bubur ayam yang kami beli dari pedagang kaki lima. Kami menghabiskan waktu sekitar dua jam di situ, sambil hunting, bercanda, tertawa, dan bercerita banyak tentang tempat-tempat wisata terindah di Indonesia.

Sekitar pukul 10.15 WIB, matahari sudah memancarkan sinarnya tetapi hawa dingin kota wisata Batu tak kunjung hilang, hanya berkurang sedikit saja. "Waktu seperti ini kayaknya pasar apung nusantara sudah dibuka" kata si cheka. "Ayo kita ke sana !" kata saya sembari berjalan ke motor. Mereka juga mulai bergegas mengikuti langkah kakiku menuju ke motor masing-masing.

Perjalanan dari alun-alun kota Batu menuju ke pasar apung nusantara hanya berjarak 1,8 km dengan waktu tempuh sekitar 7 menit saja. Biaya masuk ke sini hanya Rp. 2.000 untuk bayar parkir kendaraan bermotor kami.

Keliling Pasar Apung Nusantara dan Museum Angkut di Kota Batu Jawa Timur

Suasana waktu itu mendung, namun hujan tak kunjung-kunjung turun. Beginilah kondisi kota yang berada di antara gunung-gunung yang menjulang tinggi ke langit, tak heran lagi jika kabut, mendung, dan dingin menjadi teman sejati.

Kami berjalan mengelilingi seluruh pasar miniatur Indonesia ini. Walaupun belum lengkap kearifan lokal Indonesia yang di bangun di sini seperti taman mini Indonesia, tetapi untuk sebuah perjalanan wisata di pasar apung ini sudah bagus. Kalau disuruh untuk memberikan bintang, maka saya akan berikan 4 bintang untuk tempat sekeren pasar apung.

Di pasar apung nusantara terdapat beberapa rumah adat Indonesia yang digunakan untuk menjual berbagai macam kuliner, pakaian, perhiasan, dan pernak-pernik. Terdapat juga tempat pijak refleksi yang diperuntukkan buat pengunjung yang ingin memanjakan dirinya dengan pijatan halus nan lembut.

Yang paling menarik bagi saya ketika berada di sini adalah salah satu restoran yang dibuat menyerupai kapal cina di zaman dinasti ming. Restoran tersebut diberinama resto Cheng Ho. Kebanyakan yang saya lihat berkunjung dan makan di sana adalah keturunan cina. Mungkin makanan di dalam sesuai dengan selera mereka.

Keliling Pasar Apung Nusantara dan Museum Angkut di Kota Batu Jawa Timur

Di lokasi yang sama terdapat museum Angkut yang di sediakan sebagai wahana hiburan sekaligus wahana edukasi. Setiap orang yang ingin masuk akan dikenai biaya sebesar Rp. 60.000 untuk hari biasa dan Rp. 80.000 untuk hari libur.

Pada museum angkut terdapat berbagai pengetahuan tentang angkut. Di mulai dari angkut yang diproduksi pada zaman dahulu hingga angkutan modern yang kita gunakan saat ini. Berwisata di Taman angkut sangat baik untuk perkembangan pengetahuan anak.

Setelah puas mengeksplor tempat wisata museum angkut dan pasar apung, kami melanjukan penjelajahan ke tempat wisata lain yang ada di kota wisata Batu.

Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No. 2 Ngaglik, Kec. Batu. Kota Batu - Jawa Timur

Posting Komentar untuk "Keliling Pasar Apung Nusantara dan Museum Angkut di Kota Batu Jawa Timur"