Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kamu Sebaiknya Tidak Makan Pedas Saat Haid

Mengapa Kamu Sebaiknya Tidak Makan Pedas Saat Haid

Mengalami menstruasi atau haid pada wanita adalah hal yang wajar terjadi dalam kurun waktu sebulan satu kali. Gejala yang seing dialami mayoritas wanita saat masa PMS adalah nafsu makan yang tidak bisa di kontrol dan rasa kram yang sangat mengganggu serta perut terasa kembung adalah hal yang langganan terjadi.

Namun, jangan serta merta menuruti nafsu makan yang memuncak saat haid. Karena ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama menstruasi terjadi. Salah satu dari makanan ini adaah makanan pedas. Berikut dibawah ini adalah alasan mengapa kamu sebaiknya tidak makan pedas saat haid.

1. Memicu hot flashes

Hot flashes adalah tanda-tanda perubahan tingkat hormon yang diperkirakan merupakan tanda-tanda awal menopause. penderitanya mengalami rasa panas yang sangat dengan berkeringat dan detak jantung yang cepat, dan biasanya berlangsung sekitar 2 sampai 30 menit setiap terjadi. Sebagian kaum wanita dapat jatuh pingsan apabila gejala ini cukup kuat.

Tipe hot flash yang dialami bisa terbagi atas dua jenis, yaitu standard hot flashes atau slow hot flashes disebut juga ember flashes. Standard hot flashes muncul dengan cepat dan mencapai intensitas maksimum hanya dalam hitungan menit dan bertahan selama beberapa menit pada tingkat intensitas maksimum lalu kemudian perlahan-lahan hilang.

Sedangkan slow hot flashes sama-sama timbul dengan cepat namun intensitasnya lebih rendah dan bertahan kurang lebih selama setengah jam namun bisa uga mencapai satu jam.

2. Menunda siklus haid

Mengkonsumsi makanan pedas saat haid selain bisa memicu hot flashes, juga dapat memicu tertundanya siklus dan nyeri haid. Bumbu pedas pada makanan pedas yang berasal dari cabe bisa menganggu lapisan pada perut dan usus. Hal ini yang bisa memicu keasaman serta kram menstruasi atau nyeri haid. Jika siklus haid tidak teratur atau disebut juga dengan amenore, hal ini menunjukkan mbahwa indikasi kat adanya gangguan pada siklus menstruasi yang disebabkan oleh sesuatu.

Itu dia alasan mengapa kamu sebaiknya tidak makan pedas saat haid, karena bisa mengganggu kesehatanmu sendiri. Makanan yang pedas memang mempunyai tantang tersendiri. Terlebih lagi jika kamu itu memang penyuka makanan yang pedas, kamu mungkin akan rela memakan makanan yang begitu pedas untuk mendapatkan kenikmatan yang berrbeda. Meskipun kamu penyuka pedas, tetaplah harus waspada saat mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan makanan yang terlalu pedas akan membuat perut anda menjadi sakit dan membuat pencernaan anda terganggu sehingga dapat merasakkan hal yang tidak nyaman tentunya.

Saat menstruasi memang wajar jika nafsu makan meningkat. Ini karena fluktuasi hormon estrogen dan progesterone. Fungsi hormon estrogen dan progesteron sangat penting untuk perkembangan fisik saat pubertas, serta organ reproduksi wanita yang mana Jika hormon estrogen dan progesteron ini dalam keadaan terlalu rendah atau terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan baik pada wanita atau pria.

Jadi untuk menjaga kesehatan tubuh baik disaat haid atau tidak haid, control konsumsi majanan pedas dalam batas wajar. Memang makanan pedas baik untuk tubuh namun jika dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak akan bagu. Karena pada hakikatnya, segala sesuatu yang berlebihan itu adalah tidak baik baik bagi diri sendir maupun bagi orang lain. Jaga kesehatan karena kesehatan itu mahal harganya, karena jika sudah teserang penyakit penyesalan juga sudah tidak berarti.

Posting Komentar untuk "Mengapa Kamu Sebaiknya Tidak Makan Pedas Saat Haid"