Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Alasan Mengapa Menulis di Blogger

Blogger, Tempat Menulis yang Paling Mudah, Keren, dan Gratis
Blogger merupakan salah satu layanan gratis yang disediakan oleh google, layanan ini menjadikan semua orang yang ingin mempunyai blog atau website dapat terkabulkan dengan mudah. Siapa bilang blogger tidak bisa terlihat profesional seperti website profesional. Nyatanya banyak sekali template gratis atau berbayar blog yang sudah didesain sesuai dengan keinginan orang yang ingin memiliki sebuah laman website profesional.

Memiliki sebuah blog akan mendatangkan banyak manfaat, di blog kita bisa berekspresi menuliskan ide kita, membagikan pengetahuan kita, dan membagikan inspirasi positif kita kepada pembaca. Blog akan membuat kita rajin mencari informasi, blog membuat kita banyak membaca, dan blog akan membuat kita untuk meningkatkan pengetahuan kita. Dari situlah manfaat blog akan dirasakan oleh diri kita secara pribadi dan orang lain yang membaca apa yang kita sampaikan melalui tulisan.

Manfaat-manfaat yang penulis sebutkan di atas bersifat abstark atau tidak tampak kelihatannya, tetapi jangan kira yang tak tampak itu tidak ada. Yang tak tampak akan menjadi tampak jika kita merubah melalui penyadaran intelektual, orang akan melakukan sesuatu sesuai dengan tingkat intelektualnya.

Kesadaran akan tingkat kehidupan manusia yang semakin kompleks menjadikan semua orang membutuhkan informasi yang banyak demi menunjang pola hidupnya. Coba bayangkan jika seseorang minim dalam pengetahuannya, kira-kira apa yang bisa dia lakukan?. Itulah alasan kenapa informasi terus dibagikan walaupun hanya melalui tulisan-tulisan pendek di blogger.

Blogger, tempat menulis yang paling mudah, keren dan gratis, inilah judul yang penulis gunakan dalam postingan kali ini. Beberapa alasan yang menjadi inspirasi penulis dalam mengakat judul ini antara lain yaitu :

Blogger menyediakan Hosting dan Domain gratis


Hosting secara sederhana berarti tempat menyimpan file website atau blog kita, di blogger hosting tidak perlu dibayar lagi, sudah disediakan secara gratis oleh google untuk dimanfaatkan seluas-luasnya selama kita menaati semua aturan yang dikeluarkan oleh google.

Domain secara sederhana berarti bearti nama unik yang kita gunakan untuk mempermudah orang menemukan blog atau website kita di halaman internet. Di blogger domain sudah disediakan dengan gratis yaitu domain dot blogspot dot com, contoh domain gratis yang penulis gunakan dalam salah satu blog penulis yaitu http://lensaalbalagh.blogspot.com. Lalu apakah domain berbayar bisa digunakan di blogger? jawabannya bisa contohnya blog ini www.kampungsahabat.com. Kita bisa dengan mudah mengganti domain dot blogspot dot com dengan domain berbayar yang kita beli dari pihak ke-tiga ke blog kita dengan mudah. Lalu bagaimana cara menggantinya ? jawabannya silahkan baca tutorial gratis yang disediakan google atau artikel-artikel para master blogger yang disediakan secara gratis kotak pencarian google.

Proses pendaftaran yang mudah dan cepat


Untuk mendaftar sebuah blog di blogger kita tinggal mendaftar akun email di google, keuntungan selain mendaftar akun google adalah 1) Secara otomatis kita sudah memiliki akun email yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain. 2) Kita akan memiliki fasilitas lain selain blog secara gratis seperti google + dan youtube.com
 

Membuat blog di blogger hanya 5 menit, bahkan kurang dari itu


Setelah memiliki email, buka www.blogger.com. Di sana kita akan menemukan laman kosong dan ada perintah buat blog baru atau blog baru, silahkan klik perintah tersebut lalu ada tulisan "Daftar Blog  ›  Buat blog baru". Isi semua data-data yang ada seperti ini :

1) Judul blog, buat nama blog sesuai dengan keinginan, 2) Alamat, buat domain gratis yang diinginkan menggunkan dot blogspot dot com, 3) Template, pilih template yang anda sukai. Setelah semuanya sudah diisi klik tulisan Buat blog ! dan kita sudah memiliki satu akun blog. Silahkan lihat gambar di bawah ini !


Mendesain blog di blogger tidak perlu menguasai bahasa pengkodean


Mendesain sebuah blog di blogger tidak perlu menguasai bahasa pengkodean seperti membuat sebuah website dengan hosting dan domain berbayar. Di blogger sudah ada template dasar yang disediakan, tinggal kita memilih mana yang kita sukai, setelah itu silahkan rubah warna, ukuran, dan lain-lain dengan mudah. Atau kalau mau lebih simpel, kita bisa mengunduh template yang kita inginkan yang disediakan secara gratis atau berbayar di internet lalu kita upload ke blog kita.

Setelah semua pembuatan blog sudah selesai, sekarang buatlah postingan yang bagus, postingan yang asli, bukan copy paste milik orang lain. Kalaupun terpaksa dan masih dalam tahap pembelajaran seperti saya ini harus menyisipkan link dimana kita mendapatkan postingan tersebut. Artikel copy paste dianggap buruk oleh google dan bisa-bisa akun kita bisa dihapus oleh google. Kalau kita menggunakan gambar miliki orang lain jangan lupa untuk menyisipkan sumber gambar tersebut, kalau tidak dianggap buruk pula oleh google.

Setelah blog kita sudah memiliki visitor yang banyak, postingan kita berkualitas baik, blog kita mempunyai sistem navigasi yang baik, template yang bagus dan umur blog kita sudah lama, kita bisa beraviliasi dengan google adsense untuk mendapatkan keuntungan dari blog gratis.

Posting Komentar untuk "Inilah Alasan Mengapa Menulis di Blogger"