Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Link Sumber Otomatis di dalam Postingan Blog

Cara Membuat Link Sumber Otomatis Pada Postingan Blog
Hal yang paling menjengkelkan bagi pemilik dan penulis blog adalah ketika postingan yang ia buat susah payah dicopy oleh orang lain tanpa meletakkan link sumber dimana artikel itu dia dapatkan. Mungkin kamu juga sudah pernah merasakan hal ini, dan sangat merugikan blog anda. Kalau postingan yang dicopy kemudian dibuat dengan judul yang sama dan dibuat menjadi artikel baru, maka postingan tersebut bisa menjadi masalah, apalagi blog atau situs yang melakukan plagiat tersebut merupakan situs yang sudah terkenal dan mudah diindeks google, bisa jadi postingan yang ada di situsnya lebih cepat muncul di halaman pertama google dibandingkan yang ada di blog anda.

Selain itu dalam penulisan karya Ilmiah, seorang penulis yang baik biasanya menghargai karya orang lain dengan meletakkan sumber pada postingan yang dia copy, namun adakalanya sebagian penulis melakukan kegiatan plagiat. Sehingga untuk menghindari masalah plagiat yang sudah biasa dilakukan dalam dunia internet maka anda bisa menggunakan cara klasik yang saya bagikan ini.

Cara kerja kode yang saya bagikan ini adalah ketika ada orang lain yang ingin meng-copy artikel blog anda, maka secara otomatis link sumber akan muncul ketika dia mem-paste artikel tersebut. Cara ini memiliki kelemahan yaitu link sumber yang bisa dihapus. Walaupun demikian, setidaknya link sumber yang secara otomatis muncul itu menjadi pengingat bagi mereka yang suka melakukan plagiat hasil karya orang lain.

Cara Membuat Link Sumber Otomatis Pada Postingan Blog


Buka Halamaan Blogger > Kemudian Klik Tema > Setelah itu Klik Edit HTML > Letakkan kode di bawah ini sebelum kode penutup body > Klik Simpan.

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Copy Text
function nocopas(){var e=window.getSelection();pagelink=" Sumber: "+document.location.href,copytext=e+pagelink,newdiv=document.createElement("div"),newdiv.style.position="absolute",newdiv.style.left="-99999px",document.body.appendChild(newdiv),newdiv.innerHTML=copytext,e.selectAllChildren(newdiv),window.setTimeout(function(){document.body.removeChild(newdiv)},100)}document.addEventListener("copy",nocopas);
//]]>
</script>

Anda bisa mengganti kode yang berwarna merah dengan kata yang anda inginkan. Demikianlah postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Link Sumber Otomatis di dalam Postingan Blog"