Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Email di Google Mail (gmail) Untuk Pemula


Cara Membuat Email di Google Mail (gmail) Untuk Pemula
Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau alamat elektronik yang kegunaannya untuk mengirim surat dan menerima surat secara online di dunia maya (internet). Dibandingkan dengan mengirim surat secara manual, email sangat efektif dalam hal surat-menyurat, ini dikarenakan pengiriman surat melalui email sangat cepat.

Google mail (gmail) merupakan salah satu aplikasi online yang dimiliki oleh google yang diperuntukkan kepada pelanggannya secara gratis. Google tidak pernah meminta pembayaran dalam menggunakan email yang disediakannya, hal ini karena mungkin google memahami bahwa alamat elektronik sangat dibutuhkan oleh manusia di saat perkembangan teknologi yang semakin maju ini.

Mendaftar email di google mail sangat menguntungkan, jika dibandingka mendaftar di situs lain. Jika anda sudah mendaftar email di google, maka itu artinya bahwa anda sudah mempunyai satu akun gratis di google. Keuntungan yang bisa diperoleh adalah, anda sudah mempunyai akun youtube, blogger, google+, dan aplikasi-aplikasi lain yang disediakan secara gratis untuk kepentingan hobi, komersial, dan kepentingan-kepentingan lain yang dapat membawa anda pada keuntungan yang besar, tinggal bagaimana kita menekuni apa yang sudah kita kerjakan.

Untuk membuat sebuah akun di google sangatlah mudah, simpel dan hanya memerlukan waktu beberapa menit. Hal ini karena google sudah menyediakan semua aplikasi online-nya dalam beberapa bahasa, termasuk di dalamnya Bahasa Indonesia.

Walaupun sudah bisa menggunakannya dalam bahasa Indonesia, tetapi saya akan share cara membuat gmail, untuk memudahkan pembaca yang pemula dalam membuat akun google.

Langkah-langkah Membuat Email


 Berikut ini cara membuat akun di google :

1. Ketik link "https://accounts.google.com/signup?hl=in" pada browser anda, kemudian tunggu beberapa saat karena anda akan diarahkan pada laman membuat akun baru

2. Isi semua biodata yang ada pada laman tersebut secara lengkap

3. Nama, yang terdiri dari nama depan dan nama belakang

4. Pilih nama pengguna, di sini anda dapat mengisi nama email yang anda inginkan (ex : namaemailmu@gmail.com)

5. Buat kata sandi, silahkan masukkan kata sandi yang anda perlukan

6. Konfirmasi sandi anda, ketik ulang kata sandi yang telah anda buat di atas ke dalam kolom ini

7. Tanggal lahir. Isi tahun, bulan dan tanggal lahir anda pada ketiga kolom ini

8. Gender. Di sini pilih jenis kelamin sesuai dengan keadaan anda

9. Ponsel. Masukkan nomor hp yang anda miliki

10. Alamat email anda saat ini. Masukkan alamat email anda yang sudah pernah anda miliki

11. Buktikan bahwa anda bukan robot. Pada tahapan ini anda bisa langsung memasukkan kode pada kolom "Ketik teks" atau anda bisa juga mencentang "Lewati verifikasi ini (mungkin dibutuhkan verifikasi telepon)". Jika anda memerlukan kode verifikasi telepon maka tunggu beberapa saat karena google akan mengirim kode tertentu melalui nomor hp anda untuk memverifikasi data, untuk membuktikan bahwa anda bukanlah robot.

12. Lokasi. Pilih lokasi dalam hal ini negara di mana anda berada

13. Centang "Saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi google" lalu klik langka berikutnya

14. Jika anda menggunakan verifikasi telepon, maka anda akan diarahkan pada laman verifikasi telepon. Silahkan isi kode verifikasi yang telah dikirim google melalui pesan singkat yang anda terima, lalu klik "kirim"

15. Setelah terverifikasi anda akan diarahkan pada laman "Selamat Datang", di sini silahkan anda mengklik "memulai" untuk menggunakan akun google.

Demikianlah postingan yang sudah banyak diketahui oleh pelancar dunia maya, namun belum bagi anda yang pemula dalam membuat email, semoga artikel singkat ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Email di Google Mail (gmail) Untuk Pemula"