Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Terbaru Membuat Blog di Blogger dengan Mudah

Membuat blog di blogger sangatlah mudah sehingga setiap orang dapat membuatnya hanya dengan waktu 5 menit saja, terlebih saat ini tampilan dasbord blogger sudah diperbaharui sehingga simpel dan dapat ditelusuri dengan cepat, tanpa loading lambat dan tanpa memerlukan kuota internet yang banyak.

Bagi kamu yang baru memulai membangun sebuah blog untuk keperluan bisnis, perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membuat blog.

Pertama, tentukan terlebih dahulu tema blog (niche blog) anda. Dalam menentukan tema blog atau lebih umum disebut niche blog ini sesuaikan dengan keahlian atau pengetahuan anda, jangan buat blog yang isi kontennya tidak anda pahami. Misalnya anda ahli dalam hal pertukangan, maka buat blog tentang tukang. Kedua, tentukan nama blog. Dalam menentukan nama blog ini anda bisa membuat nama blog sesuai dengan niche yang anda inginkan, atau bisa juga membuat nama blog dengan brend yang anda miliki sendiri, seperti menggunakan nama anda, atau brand keren lainnya yang belum dimiliki oleh orang lain. Ketiga, buat nama subdomain / domain sesuai dengan nama blog, hal ini dilakukan agar pengunjung akan lebih mudah mengingat url blog yang anda miliki.

Keempat, buat artikel yang unik - bebas dari copypaste - google suka dengan artikel unik, dan fresh, sehingga nantinya mudah diindeks. Kelima, abaikan statistik blog dan seo blog, untuk awal membangun blog lebih baik anda fokus dalam menulis artikel yang bermanfaat saja, jika artikel anda sudah banyak dan bagus, lama kelamaan statistik pengunjung anda akan membengkak. Keenam, setelah blog anda buat jangan lupa submit ke google webmaster, dan bing webmaster. Hal ini dilakukan agar kedua situs ini mengenal dan cepat mengindeks blog baru yang anda buat.

Untuk membuat blog di blogger sangatlah mudah, caranya akan saya bagi dalam dua tahap yaitu tahap pertama adalah tahap persiapan membuat blog, dan tahap kedua adalah tahap membangun blog.

Tahap Pertama Membuat Blog


1. Buka halaman blogger


2. Klik tombol buat blog

3. Masuk dengan menggunakan email google yang anda miliki, jika belum ada, buat terlebih dahulu

Cara membuat akun google (email google/gmail) 

4. Jika sudah masuk, anda akan diminta untuk mengkonfirmasi profil. Pilih salah satu diantara keduanya, yaitu Profil Google + (plus) atau Profil blogger. Dalam hal ini yang direkomendasikan adalah profil google +

Cara terbaru membuat blog di blogspot (blogger)

5. Klik buat Profil Google + kemudian isi data nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir. Isi sesuai dengan yang anda miliki kemudian klik Buat Profil

Cara terbaru membuat blog di blogspot (blogger)

6. Setelah itu upload salah satu foto profil (foto avatar) terbaik anda, kemudian klik Simpan.

Cara terbaru membuat blog di blogspot (blogger)


7. Setelah itu anda akan diarahkan kembali ke halaman blogger dan klik Lanjutkan ke Blogger.

Cara terbaru membuat blog di blogspot (blogger)

Tahap Kedua Membangun Blog


1. Klik tombol Buat Blog Baru atau Blog baru

Cara terbaru membuat blog di blogspot (blogger)

2. Kemudian masukkan judul blog dan alamat url blog. Dalam hal ini subdomain blog.

Cara terbaru membuat blog di blogspot (blogger)

3. Pilih salah satu tema dasar dan klik buat blog.

4. Setelah itu anda akan diminta untuk membeli domain TLD langsung dari google. Jika anda mengingkan top level domain silahkan langsung beli, tapi jika tidak silahkan klik tomblo Lain Kali.

Cara terbaru membuat blog di blogspot (blogger)

Jika tahapan-tahapan di atas telah anda lakukan, maka blog atau bisa disebut juga mini website anda sudah jadi. Anda bisa melihat blog yang sudah jadi dengan menekan tombol lihat blog.

Hal yang perlu anda buat adalah jangan terburu-buru mengganti template blog. Pikirkan terlebih dahulu untuk membuat artikel kemudian barulah mengganti template blog yang caranya sangat mudah.

Demikianlah postingan kali ini tentang cara terbaru membuat blog di blogger dengan mudah, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Terbaru Membuat Blog di Blogger dengan Mudah"