Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menulis di Blog sebagai Hobi yang Bisa Mendatangkan Pundi-pundi Rupiah

Menulis di Blog sebagai Hobi

Pepatah jepang mengatakan “satu peluru dapat menembus satu kepala, satu pena dapat menembus banyak kepala”. Berawal dari pepatah ini saya mulai mencoret kertas putih, mengotori kertas itu dengan tujuan untuk mengeluarkan ide yang ada di dalam pikiran yang semakin penat. Semua ide yang tertampung dalam pikiran manusia dikeluarkan dengan cara yang berbeda, sesuai dengan keinginan masing-masing individu. Ada yang mengeluarkan idenya dengan cara diskusi, dialog, atau debat. Adapula yang mengeluarkan idenya dengan berpidato, ceramah dan khutbah. Sebagian orang lagi lebih suka mengeluarkan idenya dengan cara menulis, nah ini termasuk di dalamnya saya.

Menulis memang sesuatu hal yang gampang tetapi susah pula, gampangnya menulis jika ada mood dan inspirasi yang baik dalam pikiran, sedangkan susahnya ketika tidak ada mood dan tidak ada ispirasi sebagai perangsang pikiran. Selain itu pena tak akan bisa bergerak di atas kertas jika terganggu dengan keadaan sekitar, sehingga butuh suasana yang mendatangkan keadaan pikiran yang rileks dan tenang.

Setelah tulisan selesai ditulis melalui tahapan-tahapan menulis maka, untuk mempublikasikannya terdapat berbagai macam media yang dapat dimanfaatkan. Salah satu media itu adalah internet yang telah menyediakan berbagai layanan untuk memosting tulisan tersebut. Salah pilihan untuk memosting tulisan yaitu di blogger, selain mudah mengelolanya, blogger juga terindeks dengan cepat oleh mesin pencari raksasa internet yaitu google. Kecepatan diindeks oleh google diakibatkan karena blogger banyak digunakan oleh para penulis blog.

Blog sebagai media publikasi menghadirkan pilihan-pilihan template, baik itu template yang berbayar atau yang gratisan. Template ini akan menambah keindahan tampilan blog, sehingga menarik minat orang lain untuk mengunjungi dan membaca isi blog. Desain template blog bisa didapatkan di berbagai penyedia layanan template. Media online banyak menyediakan template blog grtais alias tak berbayar. Untuk yang berbayar sahabat pembaca bisa dapatkan dengan memesan di situs yang menyediakannya.  Banyaknya kemudahan-kemudahan di blog membuat kita tidak repot-repot lagi untuk mencari media lain yang susah untuk mempublikasikan hasil coretan tangan kita. “Kalau ada jalan yang mudah kenapa cari jalan yang susah”.

Sebagai hobi, menulis di blog rasanya mengasyikkan. Di blog kita bebas untuk berkreasi dalam menulis. Blog tidak membatasi penulis untuk mengkreasikan tulisannya dalam bentuk apapun selama itu tidak melanggar ketentuan yang telah disepakati bersama. Sekarang tinggal dikembalikan kepada kita saja, apakah ada keinginan untuk menulis atau tidak.

Hobi menulis di blog adalah pilihan, karena hobi menulis di blog pilihan, maka memilih untuk menulis bukan hal yang mudah, tapi di satu segi jika ada kemauan maka akan ada jalan keluar untuk mengatasi susahnya menulis, alhasil semuanya akan menjadi mudah. Awalnya memang susah untuk menulis, tapi dengan bermodalkan kemauan, kita bisa memulai menulis apa saja yang ada dalam pikiran kita. Dalam menulis jangan takut salah, kesalahan itu awal dari memulai segala sesuatu. Untuk mencari yang benar kita akan menemui yang salah terlebih dahulu.

Hobi setiap orang memang tidak dapat dipaksakan oleh orang lain, akan tetapi hobi itu bisa dibentuk, sesuai dengan keterampilan setiap individu. Olehnya itu faktor terpenting dalam menulis adalah keterampilan. Kita dapat mengukur keterampilan kita dengan melakukan hal-hal yang kita inginkan.

Posting Komentar untuk "Menulis di Blog sebagai Hobi yang Bisa Mendatangkan Pundi-pundi Rupiah"