Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Alasan Mengapa Umat Islam Harus Belajar Bahasa Arab

7 Alasan Mengapa Umat Islam Harus Belajar Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dunia yang dimiliki oleh manusia lebih khusus bangsa Arab. Bahasa Arab memiliki begitu banyak keistimewaan, mulai dari tata bahasa yang dimiliki hingga tata cara pengucapnnya. Keistimewaan inilah sehingga bahasa Arab dipilih oleh Allah sebagai bahasa Al-Quran - kitab suci bagi seluruh umat Islam di dunia.

Sebagai umat Islam, kita perlu menyadari akan pentingnya mempelajari bahasa Arab, karena bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang digunakan untuk menulis segala hal tentang Islam. Banyak sumber-sumber informasi dan Ilmu Islam ditulis dalam bahasa Arab, sehingga belajar bahasa Arab memiliki alasan-alasan penting. Berikut ini 7 alasan mengapa umat Islam harus belajar bahasa Arab.

1. Memahami Firman Allah (ayat-ayat Al-Quran) tanpa terjemahan

Memahami firman Allah secara tekstual yang ada di dalam al-Quran adalah salah satu kewajiban setiap umat Islam. Karena al-Quran menjadi sumber hukum Islam pertama yang wajib dijalankan oleh semua pemeluknya. Kita sebagai umat Islam tidak bisa mengandalkan terjemahan yang beredar saja, tetapi juga harus mengandalkan daya berpikir yang kita miliki. Al-Quran tidak bisa diterjemahkan secara tekstual saja, tetapi juga butuh terjemahan secara kontekstual yang langsung menyentuh realitas kehidupan, sehingga belajar bahasa arab merupakan salah satu solusi untuk memahami al-Quran baik secara tekstual maupun kontekstual.

2. Memahami Hadis-hadis Rasulullah saw

Bayangkan saja bila anda bisa membaca sekaligus memahami sabda Nabi saw. (berupa hadis-hadis) secara langsung dalam bahasa Arab. Dengan belajar bahasa Arab berarti Anda akan bisa memahami hadis Nabi saw. tanpa perlu bergantung pada terjemahan.

3. Meningkatkan ke-Khushuan dalam Shalat

Konsentrasi (khusu) anda dalam Shalat akan meningkat karena Anda akan dapat memahami setiap bagian dari dari ayat-ayat al-Quran yang anda bacakan atau imam shalat bacakan. Shalat tidak akan lagi menjadi serangkaian ibadah yang tidak kontemplasi. Anda bisa melakukan dialog yang lebih bermakna dengan Allah swt.

Selanjutnya, berapa kali Anda mendirikan shalat dan berharap bisa mengerti apa yang dibacakan Imam? Buatlah keinginan itu menjadi kenyataan dengan belajar bahasa Arab.

4. Dapat mengakses buku-buku tentang Ilmu Pengetahuan Islam dalam Bahasa Arab

Meskipun saat ini sudah banyak buku tentang Ilmu Pengetahuan Islam telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, namun mempelajari ilmu pengetahuan tersebut lebih baik langsung kepada sumber aslinya yang dalam bahasa Arab. Hal ini karena ada sebagian buku terjemahan sudah ditambahkan dengan pemikiran penerjemah atau penulis ulang buku. Selain itu banyak buku-buku sumber ilmu dan pengetahuan Islam hanya bisa benar-benar dihargi jika dalam bahasa aslinya, entah itu buku tentang Tafsir, Hadis komentar atau buku tentang fikih Islam.

5. Bahasa Arab adalah bahasa ke 5 paling banyak digunakan di dunia

Bahasa Arab diucapkan oleh lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia dan merupakan bahasa resmi di lebih dari 24 negara. Dengan belajar bahasa Arab, Anda bisa berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Arab di seluruh dunia.

6. Meningkatkan kesempatan kerja

Penelitian menunjukkan seseorang yang mengetahui bahasa kedua lebih mudah dipekerjakan. Belajar bahasa Arab akan meningkatkan prospek kerja Anda dan akan mudah diterima di perusahaan-perusahaan asing arab.

7. Belajar bahasa baru meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan daya ingat

Sahabat Umar Ibn Khattab pernah mengatakan bahwa:

"Belajarlah bahasa Arab, karena itu memperkuat akal pikiran (kecerdasan) dan menambah keberanian"

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang yang mengetahui banyak bahasa (bilingual atau multibahasa) adalah komunikator yang baik, memiliki ingatan yang lebih tajam dan telah meningkatkan kemampuan berpikir kritis di antara keterampilan lainnya.

Posting Komentar untuk "7 Alasan Mengapa Umat Islam Harus Belajar Bahasa Arab"