Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Peranan Orang Tua Dalam Mendidik Anak di Lingkungan Keluarga

Konsep Peranan Orang Tua Dalam Mendidik Anak di Lingkungan Keluarga

Konsep peranan orang tua dalam mendidik anak di lingkungan keluarga merupakan awal seorang anak mengenal dunia pendidikan. Orang tua mempunyai peranan penting dalam tumbuh kembangnya seorang anak, tanpa orang tua anak akan melayang tanpa arah yang jelas.

Pendidikan keluarga merupakan sekolah awal bagi anak dimana orang tua mempunyai peranan penting dalam mendidik anak. Pendidikan yang salah dapat berakibat fatal bagi keberlangsungan hidup anak di masa depan.

Pengertian Peranan Orang Tua


Peranan orang tua adalah keikutsertaan orang tua dalam membina kehidupan rumah tangga secara lahir batin yang menyangkut kewajiban dirinya terhadap anaknya.

Peranan orang tua terhadap pendidikan anak dalam keluarga besar sekali pengaruhnya dalam membentuk dasar kepribadian anak, hal ini sesuai dengan perkataan Zakiyah Darajat, bahwa :


Pendidikan oleh orang tua dalam keluarga, meskipun tidak langsung diberikan atau diajarkan kepada anak, adalah merupakan peletak dasar pembentukan kepribadian itu sendiri. Sikap dan tingkah laku orang tua akan dicontoh dan dijadikan modal dasar tingkah laku anak. Oleh karena itu sebagai orang tua harus selalu mawas diri dan juga selalu hati-hati terutama jika mau menjadi tauladan yang baik terhadap anak.

Tanggung jawab mendidik anak, maka yang menjadi penanggung jawab utama adalah orang tua, karena orang tualah yang memegang peranan sangat penting dalam pendidikan anaknya. Oleh karena itu orang tua merupakan pendidik yang utama bagi anak, sebab mereka yang pertama dikenal oleh anak sejak lahir.

Peranan Ibu Terhadap Pendidikan Anak


Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa ibulah yang memegang peranan penting dalam pendidikan anak, karena sejak dalam kandungan hingga lahir ibulah yang selalu dekat dengannya. Ibulah yang memberikan minum, memeliha, melindungi serta mendidik dan selalu dekat bergaul dengan anak-anak sehari semalam. Oleh sebab itulah kebanyakan anak-anak lebih cinta kepada ibunya daripada anggota keluarga lainnya.

Pada hakekatnya pendidikan ibu terhadap anaknya itu adalah suatu urusan yang tidak dianggap ringan dalam pelaksanaannya. Karena pendidikan ibu itu sesuatu pekerjaan yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Dengan demikian betapa mulianya pendidikan ibu yang mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar baik sebagai pendidik maupun pengatur rumah tangga. Adapun peranan ibu dalam pendidikan anaknya sebagai berikut:

  1. Sumber dan pemberi kasih sayang
  2. Pengasuh dan pemelihara
  3. Tempat mencurahkan isi hati
  4. Pengaruh kehidupan dalam rumah tangga
  5. Pembimbing hubungan pribadi
  6. Pendidik dalam segi emosional.

Berpijak dari penjelasan di atas, maka peranan ibu adalah sangat penting terhadap pendidikan anak-anaknya.

Peranan Ayah terhadap Anak-Anaknya


Peranan seorang ayah terhadap anak-anaknya juga tidak kalah pentingnya terhadap peranan ibu dalam pendidikan, atau pembentukan sikap dan tingkah laku anak-anak. Apabila seorang ayah memberikan keteladanan yang baik dalam keluarga, maka akan terkesan baik pula pada hati anak-anaknya. Namun banyak terjadi kepincangan-kepincangan dalam pendidikan yang dilakukakan oleh seorang ayah dimana sang ayah selalu sibuk mencari nafkah keluarga dan tidak mempunyai waktu bergaul dengan anak-anaknya, serta menganggap bahwa pendidikan anak-anak menjadi tanggung jawab istri.

Pendapat yang demikian adalah pendapat yang keliru karena sebenarnya pendidikan anak-anak itu menjadi tanggung jawab mereka berdua (suami istri) dan ada kebersamaan suami istri dalam melakukan amanat Allah untuk mendidik anak-anak mereka.

Adapun peran ayah dalam pendidikan anak-anaknya adalah sebagai berikut :

  1. Sumber kekuasaan didalam keluarga
  2. Penghubung internal keluarga dengan warga masyarakat atau dengan dunia luar
  3. Pemberi perasaan aman bagi seluruh keluarga
  4. Pelindung terhadap ancaman dari luar
  5. Hakim atau yang mengadili jika ada perselisihan
  6. Pendidikan Didalam Segi Nasional.

Berdasarkan peranan atau fungsinya, ayah dalam pendidika anak juga berperan besar didalamnya. Oleh karena itu suami istri harus bekerja sama dan kompak dalam mendidik anak-anaknya demi masa depan anak, agar mereka bisa menjadi manusia yang berguna sesuai dengan harapan bangsa dan masyarakat serta orang lain.

Daftar Pustaka

Zakiyah Darajad, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Bumi Aksara, 1996)
Boehori, Membina Rumah Tangga, (Bandung : al-Ma'arif, 1977)
Djumbransyah Indar, Ilmu Pendidikan Islam, (Malang : Biro Ilmiah IAIN, 1998)

Posting Komentar untuk "Konsep Peranan Orang Tua Dalam Mendidik Anak di Lingkungan Keluarga"