Ketika Khadijah Jatuh Cinta Kepada Rasulullah Sallahu Alaihi Wasallam

Ketika Khadijah Jatuh Cinta Kepada Rasulullah Sallahu Alaihi Wasallam
Wanita mana yang tidak tertarik dengan pemuda seperti ini? Ia tampan, kaya, cerdas, terhormat, dan bermoral paling tinggi di Jazirah Arab.

Menjelang tengah hari, sebuah karavan dagang dari negeri Syam tiba di Mekah. Tidak lama kemudian karavan dagang memasuki pelataran sebuah rumah besar dan indah.

Dari dalam, seorang wanita bergegas keluar dan menyambut karavan perdagangan yang dia tunggu-tunggu. Dari raut wajahnya ada sedikit kegembiraan. Tak lama setelah itu, terjadi percakapan antara wanita bernama Siti Khadijah dan Nabi Muhammad bin Abdullah, pria muda yang memimpin kafilah dagang.

Dia mendengarkan pemuda yang bernama Nabi Muhammad berbicara dengan bahasa yang fasih tentang perjalanan dagangannya ke tanah Syam, serta manfaat yang diperoleh dari perdagangan itu. Demikian juga, Khadijah mendengar penjelasan Muhammad tentang barang-barang dari Syam yang telah dibawanya bersama karavannya.

Khadijah sangat senang dan tampak sangat antusias mendengarkan ceritanya. Sesaat kemudian Maisarah datang; Orang kepercayaan Khadijah yang menemani Nabi Muhammad berdagang ke Syam. Dia juga menceritakan pengalaman yang dia temui selama perjalanan. Segala sesuatu yang diceritakan oleh Maisarah menambah pengetahuan Khadijah tentang Nabi Muhammad. Sebelumnya, Khadijah juga tahu bahwa Nabi Muhammad adalah sosok pemuda yang sangat mulia. Dalam waktu singkat, simpati itu berubah menjadi cinta.

Khadijah tertarik untuk menjadikan Nabi Muhammad bin Abdullah pendamping hidup. Apa yang menyebabkan Siti Khadijah bersimpati dan jatuh cinta pada sosok pemuda ini? Bukankah Khadijah seorang wanita kaya di Mekah pada saat itu, sementara nabi Muhammad hanyalah 'pemuda biasa'? Mengapa Khadijah 'berani' menjadikan Nabi Muhammad sebagai seorang suami, bahkan dia yang mengambil inisiatif untuk melamarnya, padahal sebelumnya banyak pejabat Quraisy mengajukan lamaran mereka, dan semuanya ditolak? Ada beberapa faktor.

Pertama, faktor komparatif atau kesabaran. Wajar bagi seseorang untuk jatuh cinta pada seseorang yang memiliki lebih banyak kesamaan dengan dirinya daripada perbedaan. Orang juga akan cenderung memilih pasangan hidup yang sekufu (setara), baik dari segi aset, ideologi, gaya hidup, kecerdasan, dan kepribadian.

Khadijah mencintai Rasulullah SAW, mungkin, karena Rasulullah SAW memiliki banyak 'kesamaan' dengannya.

Khadijah adalah seorang wanita yang mulia, Nabi Muhammad juga seorang pria yang mulia, jadi Khadijah cenderung memilih teman yang karakternya mulia. Khadijah adalah seorang konglomerat, sedangkan Rasul adalah seorang pengusaha dan pemasar yang hebat. Rasul berasal dari keturunan orang-orang terhormat, serta Khadijah.

Dua karakter yang memiliki banyak kesamaan ini jelas lebih mudah disatukan. Di luar persyaratan Allah, Khadijah tertarik pada Rasulullah SAW karena ia seorang profesional. Hingga usia 25 tahun, Rasul telah melewati tahapan kehidupan sebagai seorang profesional di bidangnya (pedagang).

Meneliti kepribadian Nabi Muhammad, kita akan mendapatkan semangat kewirausahaan yang telah dipupuk sejak usia 12 tahun, ketika pamannya Abu Talib diundang untuk melakukan perjalanan bisnis ke Syam, negara-negara termasuk: Suriah, Yordania dan Libanon hari ini. Demikian juga sebagai anak yatim yang tumbuh bersama pamannya, ia telah ditempa untuk tumbuh sebagai wirausahawan yang mandiri. Jadi ketika pamannya tidak bisa lagi melakukan bisnis secara langsung, pada usia 17 tahun, Nabi Muhammad telah diberi wewenang penuh untuk mengurus semua urusan pamannya. Kedua, dalam hal aspek fisik Nabi Muhammad sangat sulit untuk dikatakan jelek.

Muhammad Husein Haikal dalam bukunya The Life History of the Prophet Muhammad juga menggambarkan betapa indahnya wajah Nabi Muhammad.

"Wajahnya manis dan indah, perawakannya sedang, tidak terlalu tinggi atau pendek, dengan bentuk kepala besar, rambut hitam di antara keriting dan lurus. Dahinya lebar dan rata di atas sepasang alis lengkung lebat dan bertaut, matanya lebar dan hitam, di tepi-tepi putih matanya agak kemerahan, tampak lebih menarik dan kuat; pandangan matanya tajam dengan bulu mata hitam. Hidungnya halus dan merata dengan deretan gigi yang bercelah-celah.

Cambang sangat lebat, dengan leher yang agak panjang dan indah. Dada lebar dengan bahu bidang. Warna kulit cerah dan jernih dengan telapak tangan dan kaki tebal. Saat berjalan, tubuh condong ke depan, melangkah cepat, dan pasti. Raut wajahnya membayangkan renungan dan penuh pikiran, pandangan matanya menunjukkan kewibawaan, hingga membuat orang patuh padanya. "Wajah tampan Nabi Muhammad SAW terasa lebih lengkap dengan gerak-geriknya yang menawan.

Juga diceritakan oleh Umm Ma'bad tentang sikap Rasulullah, ketika ia melihat Nabi dalam perjalanannya dari Mekah ke Madinah: "Saya melihat seorang lelaki dengan wajah berseri-seri dan bercahaya. Jika beliau diam maka tampak karismanya. Ketika berbicara, beliau terlihat begitu agung dan santun, beliau terlihat paling muda dan paling rupawan jika dilihat dari kejauhan, juga yang paling tampan dan mempesona di antara rombongannya.

Kata-katanya menenangkan, kata-katanya jelas; tidak sedikit dan tidak bertele-tele, sebagai buah kecerdasan. Dia adalah yang paling menarik dan karismatik di antara ketiga temannya (Abu Bakar dan seorang pemandu). "

Keindahan perilaku Rasulullah SAW berasal dari kemuliaan moral dan kejernihan jiwa. Ini adalah faktor ketiga yang membuat Khadijah jatuh cinta.

Muhammad adalah sosok pemuda yang berakhlak mulia, bahkan puncak dari akhlak mulia. Dengan rahmat Allah, di dalam dirinya ia memiliki semua akhlak yang dikenal manusia: kejujuran, kemurahan hati, atau kelembutan. Tidak ada satu sisi dirinya tanpa karakter yang mulia.

Akhlak Rasulullah SAW adalah sebuah keistimewaan, sehingga beliau 'merangkum' misi dakwahnya dalam sebuah hadits, ''Saya diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia '' (H.R. Bukhari dan Hakim).

William Moir, seorang penyair dari Prancis, mengungkapkan betapa indahnya karakter Nabi Muhammad. Dia berkata, "Sederhana dan mudah adalah gambaran seluruh hidupnya.

Perasa dan adabnya adalah sifat yang paling menonjol dalam pergaulannya bahkan dengan pengikutnya terendah. Tawadhu, sabar, belas kasih, dan memberi arti penting kepada orang lain dan bersikap murah hati adalah kualitas yang selalu menyertai kepribadiannya dan menarik simpati orang-orang di sekitarnya. Tidak ada seorang pun di sampingnya yang merasa bahwa dia tidak memberikan perhatian khusus kepadanya, meskipun orang itu adalah seorang gembel.

Jika bertemu seseorang yang bahagia karena suatu keberhasilan, maka ia akan memegang tangannya dan bergabung dalam merasakan sukacita. Jika bersama dengan orang yang dilanda musibah dan menderita kesedihan, beliau akan larut dan ikut merasakan kesedihan mereka. Beliau sangat perasa dan pandai menghibur. '' Karena itu, wanita mana yang tidak tertarik dengan pemuda seperti ini?

Dikutip dari tulisan Muslimah Sholehah.
Gambar: Pixabay - hanya ilustrasi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama