Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Tips Untuk Menghindari Makan Berlebihan

Beberapa Tips Untuk Menghindari Makan Berlebihan
N
abi Muhammad (SAW) mengajarkan umatnya tentang adab makan dan minum. Di antara adab makan dan minum itu terkait dengan ukuran makan yang baik dan saran untuk tidak makan berlebihan.

Dari Miqdam bin Ma’dikarib ra, dia berkata,
Saya mendengar bahwa Rasulullah bersabda, ‘‘Tidaklah anak Adam memenuhi bejana lebih buruk dari memenuhi perutnya. Cukuplah bagi bani Adam makanan yang dapat menegakkan tulang rusuknya, kalau tidak boleh tidak (harus memenuhi perutnya) hendaklah 1/3 (perutnya) untuk makanan, 1/3 untuk minuman dan 1/3 lagi untuk nafasnya.
Dari Ibnu Umar RA, Nabi berkata,
Orang-orang kafir makan dengan tujuh usus, sementara orang-orang beriman makan dengan satu usus.
Secara medis, makan berlebihan bisa menjadi kebiasaan buruk atau tanda gangguan pada tubuh, antara lain menyebabkan kenaikan berat badan secara tiba-tiba dan pada akhirnya meningkatkan risiko pengembangan kondisi kronis, seperti diabetes atau penyakit jantung.

Selain stres, ada berbagai faktor lain yang dapat menyebabkan makan berlebihan, seperti gen, pengaruh keluarga, dan bahkan diet ekstrem.

Untungnya, ada cara yang terbukti efektif untuk membantu orang mengelola konsumsi makanan mereka dan ini sebenarnya membutuhkan perubahan gaya hidup yang sederhana.

Berikut tips agar tidak makan berlebihan seperti dilansir Medical Daily:

Sembunyikan Makanan Favorit Anda

Ketika orang mencoba mengubah makanan yang mereka makan untuk menurunkan berat badan atau gangguan makan, mereka biasanya mulai menghindari makanan favorit mereka.

Tetapi para ahli kesehatan merekomendasikan sesekali menyediakan ruang untuk makanan favorit ini.

Menurut Healthline, diet yang sangat ketat dapat meningkatkan risiko orang menggunakan obat-obatan terlarang. Makan es krim, sepotong pizza atau sepotong cokelat bisa sehat jika dikelola dengan benar.

Kelola Makanan yang Menjadi Pemicu

Amati makanan mana yang memicu Anda makan berlebihan. Simpanlah makanan yang tidak sehat yang dapat mendorong Anda untuk makan lebih banyak, seperti es krim, kue, permen, dan sebagainya.

Simpanlah makanan pemicu tersebut pada tempat yang sulit dijangkau agar dapat membantu mengurangi godaan Anda.

Jangan Makan Sambil Beaktifitas

Makan sambil browsing, mengirim pesan teks ke teman atau menonton acara televisi dapat menyebabkan Anda makan berlebihan. Menurut pengamatan dari 24 studi penelitian, gangguan ini dapat menyebabkan orang makan lebih banyak kalori dan lebih banyak makanan sehari-hari.

Hindari Makanan Kemasan

Makanan apa pun yang dibungkus karton atau kotak dapat menyebabkan konsumsi lebih banyak dari yang seharusnya. Untuk menghindari makan berlebihan, letakkan satu ukuran porsi di piring atau mangkuk berdasarkan kalori yang Anda butuhkan.

Makanlah Lebih Banyak Serat dan Protein

Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan gandum adalah sumber serat yang baik. Makanan ini dapat membantu Anda merasa lebih kenyang setelah makan, sehingga mengurangi risiko makan berlebihan.

Protein juga dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Seperti makanan kaya serat, protein membuat tubuh terasa kenyang sepanjang hari, sehingga mengurangi rasa lapar.

Makan Secara Perlahan

Mereka yang makan dengan cepat cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan dan berisiko mengalami kenaikan berat badan. Pakar kesehatan menyarankan agar Anda meluangkan waktu untuk mengunyah makanan secara menyeluruh.

Makan lebih lambat dikaitkan dengan peningkatan rasa kenyang dan berkurangnya rasa lapar di siang hari.

Kelola Stres Anda

Stres dikaitkan dengan makan berlebihan. Orang makan terlalu banyak selama masa stres sebagai gangguan.

Stres kronis meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang berperan dalam nafsu makan. Studi menunjukkan bahwa meningkatkan hormon ini bisa membuat Anda makan berlebihan, menambah rasa lapar dan menambah berat badan.

Posting Komentar untuk "Beberapa Tips Untuk Menghindari Makan Berlebihan"