6 Keutamaan dan Keistimewaan Membaca Shalawat Kepada Nabi Muhammad

Shalawat merupakan salah satu amalan yang akan mendatangkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan Nabi dan Rasul terakhir yang diutus Allah sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta. Selain itu dengan salawat maka Rasulullah shallahu'alahi wasallam akan mencintai kita dan kita akan mendapatkan syafaatnya di akhirat kelat.

Sebagai umatnya, kita dianjurkan untuk memperbanyak shalawat kepada Rasulullah. Shalawat yang kita bacakan ini memiliki begitu banyak manfaat dan keistimewaan baik itu di dunia maupun di akhirat kelak. Manfaat dan keistimewaan shalawat ini sangatlah banyak, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melaksanakan Perintah Allah


Membaca shalawat berarti sudah melaksanakan salah satu perintah Allah, karena dalam al-Quran Allah berfirman bahwa "Allah bersama dengan para malaikat-malaikaNya bersalawat kepada Nabi, sehingga diserukan kepada semua umat yang beriman untuk bersalawat kepada Nabi dengan ucapan salam pernghormatan". Perintah Allah ini dapat dilihat dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 56.

6 Keutamaan dan Keistimewaan Membaca Shalawat Kepada Nabi Muhammad

2. Doa Mudah Dikabulkan Oleh Allah


Seorang hamba yang sedang berdoa yang berdoa kemudian mengawali doanya dengan bersalawat maka, do'anya itu akan mudah dikabulkan oleh Allah. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah atsar bahwa, "Doa yang seorang hamba panjatkan akan tertahan diantara bumi dan langit, doanya itu tidak akan sampai ke langit hingga dia bersalawat kepada Nabi Muhammad saw".

Hal ini mengandung makna bahwa setiap umat Islam yang berdoa kemudian dalam do'anya itu dimulai dengan puji-pujian kepada Allah swt, kemudian dilanjutkan dengan bershalawat kepada Nabi Rasulullah saw, dan pada akhir doanya dia menutup dengan bersalawat maka da'a yang dia panjatkan itu sangatlah mudah diterima oleh Allah atau dalam kata lain, doanya itu sangatlah mustajab, disebabkan oleh begitu banyak keberkahan yang ada dalam shalawat.

3. Lisan Selalu Basah dengan Menyebut Nama Rasulullah


Sebagai umat Islam kita senantiasa diperintahkan untuk berzikir dan mengingat Allah. Zikir dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya yaitu dengan bersalawat kepada Rasulullah saw. karena dengan bersalawat makan lisan kita selalu basah dengan menyebut nama Rasulullah, dengan begitu maka kita juga senantiasa mengingat Allah swt.

4. Mendatangkan Ketenangan Jiwa


Seorang Muslim atau Muslimah yang selalu bersalawat kepada Rasulullah saw. maka, dengan sendirinya jiwa dan pikirannya akan menjadi tenang serta akan merasakan bagaimana lezatnya iman dan ketaqwaan kepada Allah swt. Jiwa yang tenang akan melahirkan banyak kebaikan dalam diri, sehingga akan melakukan banyak kebaikan juga kepada orang lain.

5. Cahaya Rahmat dan Berkah Akan datang Kepada Orang atau Majelis Shalawat


Setiap majelis yang di dalamnya terdapat penyebutan nama Nabi Muhammad saw. (shalawat), maka majelis atau perkumpulan tersebut akan mendapatkan cahaya iman dan malaikat akan hadir bersama dengan mereka. Selain itu majelis tersebut akan mendapatkan rahmat yang terus menerus diturunkan kepada mereka, dan semua amalan baik yang dilakukan di dalamnya langsung diterima oleh Allah swt.

6. Shalawat Meningkatkan Semangat Beribadah


Umat Islam yang selalu bershalawat kepada Rasulullah saw. maka, aktifitas shalawat tersebut akan selalu mengingatkannya kepada Rasulullah saw. sehingga dia akan selalu berusaha untuk rajin beribadah sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi shallahu'alahi wasallam, dan akan berusaha untuk memiliki akhlak mulia, serta dapat melakukan interaksi sosial yang baik dengan semua makhluk ciptaan Allah swt. Sehingga dengan selalu bershalawat maka, seseorang akan memiliki hubungan yang baik dengan Allah swt. melalui ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama