Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kebiasaan Baik dan Menyehatkan yang Bisa Diajarkan untuk Anak Anda

7 Kebiasaan Baik dan Menyehatkan yang Bisa Diajarkan untuk Anak Anda
Anak-anak adalah anugerah dari Tuhan yang harus kita jaga, kita asuh dan kita tuntun, agar bermanfaat bagi keluarga, bangsa dan negara. Berbagai perilaku baik bisa diajarkan sejak dini mulai dari masa kanak-kanak. Salah satu perilaku baik yang bisa diajarkan kepada anak adalah bagaimana cara hidup sehat setiap hari. Ada berbagai kebiasaan sehat yang terbukti efektif bagi anak Anda kalau dilatih dan dijadikan kebiasaan sehari-hari. Lalu, apa kebiasaan sehat yang bisa diajarkan pada anak?

Anak bagaikan selembar kertas putih yang masih kosong. Sebagai orang tua, tugas kita mengajarkan dan memberi teladan yang bagus sebagai bekal bagi mereka ketika dewasa nanti. Ada berbagai kebiasaan sehat yang bisa mulai diajarkan kepada putra atau putri kecil Anda. Berikut adalah 7 kebiasaan sehat yang bisa diajarkan pada anak Anda:

Makan Makanan Sehat Bersama Sama. Bagi orang tua, biasakan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran hijau di meja makan bersama anak Anda.

Membawa Bekal Makanan dari Rumah. Jika Anda memiliki anak yang membawa persediaan dari rumah, orang tua yang bekerja juga harus membawa makanan dari rumah. Dengan membawa makanan dari rumah, maka kita sudah tahu tentang kualitas kesehatan makanan yang Anda dan anak Anda bawa.

Berolahraga Bersama. Jika orang tua ingin anak mereka berolahraga, maka sebaiknya berikan contoh yang sama.

Bangun di pagi hari dan dorong anak Anda untuk berolahraga lebih awal seperti berjalan santai atau berjalan lambat dengan Anda.

Memulai Tidur yang Cukup dan Rutin Setiap Malam. Terutama orang tua, hilangkan kebiasaan begadang dan mintalah anak untuk mulai tidur pada waktu yang telah ditentukan. Karena tidak ada gunanya menyuruh anak untuk mulai tidur, saat Anda asyik dengan aktivitas atau kerja malam Anda.

Minum air dalam jumlah yang cukup. Sebagai orang tua bijak, ajari anak untuk minum air yang cukup untuk kesehatan. Dalam hal ini, tentu minum air secukupnya setiap hari.

Mengajari Anak Mencuci Tangan. Kebiasaan mencuci tangan sebelum makan atau setelah beraktivitas atau bekerja harus menjadi rutinitas orang tua sehari-hari. Hal ini, akan memotivasi anak untuk melakukan hal yang sama yang dilakukan oleh orang tuanya.

Posting Komentar untuk "7 Kebiasaan Baik dan Menyehatkan yang Bisa Diajarkan untuk Anak Anda"