Sejarah Perjalanan Sepak Bola Dunia dan Sepak Bola di Indonesia

Sejarah Perjalanan Sepak Bola Dunia dan Sepak Bola di Indonesia
Siapa yang tidak kenal sepak bola saat ini? Salah satu olahraga bergengsi yang diketahui mulai dari anak kecil hingga orang tua senta di seluruh Dunia. Olahraga yang digemari oleh seluruh masyarakat dunia ini mengalami secamcam evolusi yang dimulai dari peradaban kuni hingga peradaban modern. Berikut ini sejarah perjalanan sepak bola dunia dan sepak bola di Indonesia.

Sejarah Sepak Bola Kuni 


Sejarah Perjalanan Sepak Bola Dunia dan Sepak Bola di Indonesia
Histori sepak bola menjadi olah-raga disukai dimulai sejak abad ke dua masehi hingga sampai abad ke tiga masehi M di wilayah Cina. Pada saat Dinasti Han, orang-orang menggiring bola kulit dengan memasukkannya ke dalam jaring kecil yang mereka sebut dengan nama Tsu Chu.  Di Jepang permainan sepak bola juga dimainkan dengan nama yang berbeda yaitu Kemari. Pada abad ke-16 sepak bola juga disukai di Italia. Lantas permainan sepak bola banyak diketemukan di beberapa negara seperti Inggris, Meksiko, Romawi, Amerika Tengah sampai Romawi Kuno.

Akan tetapi waktu sepak bola hingga sampai ke Inggris, pada tahun 1365 Raja Edward III melarang masyarakatnya untuk bermain sepak bola, karena dalam permainan sepak bola berlangsung banyak kekerasan serta aksi yang brutal. Tetapi pada tahun 1360 Raja Edward III mengijinkan kembali permainan sepak bola. Tetapi permainan sepak bola tidak ada pergantian, masih penuh dengan kekerasan serta aksi brutal. Sampai pada tahun 1572, Ratu Elizabeth I melarang kembali permainan sepak bola tanpa kompromi serta dibarengi sangsi tegas pada orang yang masih tetap lakukan permainan sepak bola yakni dengan memenjarakan orang itu. Tetapi pada akhirnya pada tahun 1680 larangan tidak untuk lakukan permainan sepak bola dicabut kembali oleh Raja Charless II.

Sejarah Sepak Bola Modern


Sejarah Perjalanan Sepak Bola Dunia dan Sepak Bola di Indonesia
Histori sepak bola moderen diawali di Inggris. Diikuti dengan berdirinya suatu organisasi asosiasi sepak bola lewat pertemuan 11 wakil dari perkumpulan sepak bola yang berada di Football Association Freemason’s Tavern (london-inggris).

Dalam pertemuan ini diputuskan seri ketentuan tunggal permainan sepak bola. Lalu, ketentuan itu dibarengi oleh asosiasi sepak bola Wales, Skotlandia, serta Irlandia. Setelah itu, ke empat asosiasi itu akan membuat International Football Association Board (IFAB) agar bisa mengkoordinasi ketentuan sepak bola dunia.

Searah dengan perubahan serta perkembangan sepak bola dunia, sehingga didirikanlah Federation International de Football Association (FIFA) di Paris, Prancis pada tanggal 21 Mei 1904.

Suatu pertemuan yang digagas oleh dua tokoh sepak bola yakni Henry Delaunay serta Jules Rimet itu di hadiri oleh 7 negara yakni Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia serta belanda.

Beberapa negara itu lantas memutuskan menjadi anggota FIFA pertama yang diketuai oleh Robert Guerin yang datang dari Prancis.

Kejuaraan sepak bola yang ada pada saat itu masih tetap termasuk dalam lingkup olimpiade, tetapi kenggotaannya selalu makin bertambah.

Di bawah ini daftar momen terpenting perjalanan histori sepak bola moderen berdasar pada tahun pelaksanaan:

  • Asosiasi Sepak Bola Inggris dibentuk pada tahun 1863
  • Penyelenggaraan kompetisi diluar wilayah Inggris, yakni Kanada melawan Amerika pada Tahun 1885
  • Diadakannya rapat kali pertama dengan agenda membicarakan pembentukan organisasi yakni Asosiasi Sepak Bola Dunia pada tahun 1886.
  • Diputuskannya ketentuan jika wasit yang memegang penuh kendali dalam kompetisi pada tahun 1888
  • FIFA terbentuk di Prancis dengan beranggotakan Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia serta Prancis pada Tahun 1904
  • Pada Tahun 1904, FIFA berdiri dengan arah untuk dapat memajukan sepak bola dunia dengan berslogan “For The Game, For The World” yang bermakna permainan sepak bola bisa menjadi suatu ajang pemersatu antar bangsa setelah perang dunia. Sekretariat FIFA beralamat di Zurich, Swiss sebagai tempat untuk melihat pekerjaan yang dikerjakan oleh FIFA, contohnya penarikan undian liga champion, pemberian titel pemain terunggul dan sebagainya. Mengenai pekerjaan yang diemban oleh FIFA ialah mempromokan sepak bola, melakukan penyusunan transfer pemain dari team ke team yang lainnya, mengambil keputusan titel atau gelas pemain terunggul dunia, serta mempublikasikan daftar rangking dunia FIFA pada tiap-tiap bulannya. 

Perubahan sepak bola didunia selalu berlanjut, sampai pada tahun 1908 permainan sepak bola dimasukkan ke Olimpiade serta mengadakan kegiatan kejuaraan dunia pertama untuk permainan sepak bola atau Piala dunia di Uruguay pada tahun 1930-an.

Ada hal yang unik diluar dari tehnis permainan sepak bola yang harus dicatat, yakni ada kesuksesan BBC sebagai stasiun tv pertama yang sukses menyiarkan permainan sepak bola di tahun 1938, serta pada tahun 1966 digunakannya feature replay dalam tiap-tiap gol yang berlangsung di tayangan tv.

Permainan sepak bola, selama histori sepak bola merupakan media hiburan yang sangat banyak disukai oleh kebanyakan orang didunia. Perihal ini pula yang membuat FIFA terus memperlebarkan sayap dengan membuat beberapa badan asosiasi regional yang terbagi dalam beberapa negara seperti di bawah ini :

  • UEFA (Union of European Football Associations) yang disebut satu kelompok atau asosiasi sepak bola meliputi beberapa negara Eropa. 
  • CONCACAF (The Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football) sebagai suatu kelompok atau asosiasi sepak bola yang menaungi beberapa negara yang berada di Amerika Tengah, Karibia serta Amerika Utara, 
  • CONMEBO (Confederacion Sudamericana de Futbol) sebagai satu kelompok atau asosiasi sepak bola yang menaungi beberapa negara di Asia.
  • CAF (Confederation of African Football) sebagai kelompok atau asosiasi sepak bola untuk menaungi beberapa negara yang berada di Benua Afrika. 
  • OFC (Oceania Football Confederation) sebagai asosiasi sepak bola yang menaungi Negara Oceania. 

Sejarah Sepak bola di Indonesia 


Sejarah Perjalanan Sepak Bola Dunia dan Sepak Bola di Indonesia
Cerita itu tidak terhenti disana saja, karena kompetisi ini sudah masuk ke Indonesia atas cerita-cerita di saat dulu yang bersejarah. Pada awalnya Sepakbola di Indonesia tidak lepas dari dampak kolonial Belanda, kemudian permainan ini dimainkan oleh beberapa pemuda Tionghoa serta pemuda asli pribumi. Lewat Sepakbola tercipta kumpulan-kumpulan di sejumlah kota pada saat Hindia Belanda, seperti di Surabaya tahun 1902, Batavia tahun 1904 serta Medan tahun 1907.

Ketika tahun 1914 sepak bola makin diketahui di tanah air, pada 20 April 1919 federasi federasi Sepakbola yang berada di Indonesia membuat suatu Organisasi bernama Nederlandsch-Indische Voetbal Bond (NIVB). Organisasi itu lalu diakui dengan cara sah oleh pemerintahan Hindia Belanda pada 20 Oktober 1919. Lalu dengan cara sah berubah menjadi Anggota FIFA pada 19 April 1924 lalu disahkan pada 24 Mei 1924. Ketika itu sebagai Anggotra NIVB ada 7 yakni Batavia (VBO), Semarang (SVO), Surabaya (SBV), Yogyakarta, Sukabumi Malang, dan Bandung (BVB).

Pada 19 April 1930 oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo dipilih sebagai ketua persatuan sepak bola seluruh Indonesia atau PSSI di kota Yogyakarta dengan disertai oleh ke-7 utusan club diatas. Dibawah kepengurusan Soeratin, aktivitas sepak bola mulai mengalami perkembangan yang baik,  dan lewat beberapa pemuda yang cerdas dan tangguh persepak bola Indonesia dapat menembus tingkat Nasional hingga Internasional.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama