Bacaan Ayat Kursi dan Faedah Membacanya dalam Setiap Waktu

Bacaan Ayat Kursi dan Faedah Membacanya dalam Setiap Waktu
Ayat Al-Kursi (آية الكرسي) yang dalam bahasa Indonesia artinya Ayat Singgasana merupakan ayat ke-255 dari Surah Al-Baqarah. Ayat ini dijelaskan dalam suatu hadits yang diriwayatkan Ubay bin Ka'ab adalah ayat yang sangat agung di dalam Al Qur'an. Dalamnya mengenai keesaan Allah dan kekuasaan Allah yang mutlak atas semua hal serta, dan Allah tidak kesusahan sedikitpun dalam memelihara segala yang diciptakannya.

Teks Bacaan Ayat Kursi


بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ


Terjemahannya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (Q.S Al-Baqarah/2: 255)

Video Bacaan Ayat Kursi Oleh Mevlan Kurtishi


Berikut ini video bacaan ayat kursi oleh Mevlan Kurtishi.



Faedah Membaca Ayat Kursi


Siapa saja yang membaca ayat kursi di akhir setiap shalat fardhu, ia akan berada dalam lindungan Allah swt. sampai dengan shalat berikutnya.

Barangsiapa yang membaca ayat kursi di setiap akhir shalatnya, maka Allah tidak menegah untuk memasuki surga kecuali kematian, dan siapa pun yang membacanya ketika ia akan tidur, maka Allah swt. melindunginya di rumahnya, rumah tetangganya, dan rumah-rumah di sekitarnya.

Barangsiapa yang membaca ayat kursi di akhir shalat, maka Allah swt. akan mengendalikan siap yang masuk ke dalam jiwanya dan dia seperti orang yang sedang berjihat dengan Rasulullah dia sehingga mati syahid.

Siapa saja yang membaca ayat kursi di akhir setiap sholat fardhu, maka Allah swt. menganugrahkan kepadanya setiap orang yang hatinya bersyukur, setiap orang berbuat benar, syafaat dari para nabi dan Allah melimpahkan rahmat kepadanya.

Siapa saja yang membaca ayat kursi ketika berbaring di tempat tidurnya, maka Allah swt mengutus 2 Malaikat untuk menjaganya hingga fajar tiba.

Barangsiapa yang membaca ayat kursi sebelum meninggalkan rumahnya, maka Allah swt. mengutus 70.000 malaikat kepadanya - mereka semua memohon pengampunan dan berdoa untuknya.

Siapa saja yang membaca ayat kursi ketika dalam kesempitan, maka Allah Yang Maha Kuasa akan melampangkannya.

Demikianlah ulasan kali ini tentang bacaan ayat kursi dan faedah membacanya dalam setiap waktu, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama