Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Komentar Google+ (Plus) di Postingan Blog

Cara Membuat Komentar Google+ (Plus) di Postingan Blog

Komentar di dalam postingan blog sangat penting untuk membangun komunikasi antara pemilik blog dengan pengunjung blog. Komentar blog juga mempunyai fungsi untuk memberikan ruang kepada pengunjung dalam bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti dari sebuah artikel.

Berkomentar di blog haruslah dengan kata-kata yang baik, kalimatnya sesuai dengan isi artikel, jangan sampai komentar anda hanya untuk menitipkan link saja. Komentar semacam ini menurut saya sangat jelek, lebih baik jangan berkomentar.

Komentar yang paling jelek salah satunya yang saya temui adalah mempromosikan produk tertentu yang tidak ada kaitannya dengan artikel yang dibahas. Bahkan dalam beberapa blog terdapat komentar spam yang dapat memperburuk seo. Komentar seperti ini lebih baik dihapus saja agar tidak menggaggu pengunjung lain dan mengganggu seo blog.

Di beberapa blog, saya melihat kolom komentarnya sengaja disembunyikan. Entah alasan menyembunyikan komentar itu untuk apa, tetapi bagi saya komentar yang disembunyikan akan membangun ruang yang buruk antara pengunjung dan pemilik blog. Pengunjung tidak dapat memberikan respon dan berdisukusi terkait dengan topik yang dibahas. Selain itu, komentar blog juga dibaca oleh mesin pencarian.

Memiliki komentar google plus di blog sangat membawa keuntungan bagi blog anda. Setiap orang yang berkomentar di halaman artikel blog yang dia baca akan terpublikasi secara otomatis di dalam akun google plus milik orang tersebut. Dengan demikian maka, blog anda sudah dipromosikan secara gratis tanpa harus mengeluarkan tenaga dan biaya.

Bentuk Kolom Komentar di Blogger


Bawaan Blogger

Sebagaimana sudah kita ketahui bahwa blogger mempunyai kolom komentar bawaan yang berada di paling bawah postingan. Komentar bawaan ini yang paling banyak digunakan, karena sudah tersedia dan tidak perlu lagi untuk membuatnya.

Google Plus

Google Plus merupakan salah satu jejaring sosial yang dimiliki google. Sebagaimana jejaring sosial lainnya google+ memiliki fitur komentar yang dapat dipasang di blog. Pemasangan komentar google plus ini sangatlah mudah, karena merupakan salah satu produk google yang sudah dikaitkan dengan blogger.

Disqus

Salah satu komentar yang banyak digunakan oleh blog adalah Disqus, karena tampilannya yang menarik dan pemasangannya yang mudah di blog. Kotak komentar Disqus milik pihak ketiga yang dapat dipasang di semua situs atau blog.

Memang agak ribet menggunakannya, apalagi bagi pengunjung yang bukan merupakan pengelola blog atau website. Sehingga kebanyak kolom komentar disqus berada blog yang membahas seputaran blogging atau website.

Media Sosial Lainnya

Media sosial lain yang paling banyak digunakan dalam komentar blog adalah facebook. Facebook memang sudah menjadi media sosial nomor satu untuk saat ini, banyak penggunanya, sehingga ketika dipasang di blog akan mempermudah pengunjung blog untuk berkomentar dengan menggunakan akun facebook mereka.

Cara Mengganti Komentar Blog



Cara Membuat Komentar Google+ (Plus) di Postingan Blog

Cara mengganti komentar blog dengan komentar google plus sangatlah mudah hanya dengan beberapa klik saja, yaitu sebagai berikut:

1. Pada dasbord blogger, klik Tab Setelan > Pos, komentar dan berbagi

2. Pada bagian Komentar Google+ klik/ganti "Tidak" dengan "Ya".
3. Lihat salah satu postingan blog, jika belum muncul maka pada bagian Komentar klik/ganti dengan "Tersematkan".
4. Jika belum juga muncul komentarnya, maka masuk ke halaman postingan blog, kemudian buka postingan dengan cara: Edit > Pilihan > Komentar Pembaca > Izinkan.

Penggantian url blog dapat berakibat negatif pada komentar yang ada (komentar yang sudah terpublikasi secara otomatis ke halaman google plus).

Update: saat ini google plus sudah tidak dapat digunakan lagi/sudah dihentikan oleh pihak google.

Demikianlah postingan kali ini tentang Cara Mengganti Komentar Google+ (Plus) di Postingan Blog, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Komentar Google+ (Plus) di Postingan Blog"