Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menonaktifkan Pelacakan Tayanagan Laman Sendiri di Blog

Cara Menonaktifkan Pelacakan Tayanagan Laman Sendiri di BlogMemiliki blog merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi orang yang suka menulis. Banyak hal dapat dibagikan di sana, mulai dari hal yang bersifat pribadi hingga yang umum. Blog memiliki begitu banyak fitur untuk dimanfaatkan sebebas-bebasnya selama tetap menaati aturan dan kebijakan blog. Berbeda dengan situs website yang dihost sendiri. Salah satu fitur blog khususnya blogspot adalah fitur setelan pelacakan tayangan.

Layanan fitur setelan pelacakan tayangan sangat bermanfaat bagi blogger, anda bisa menonaktifkan atau mengaktifkan tayangan laman blog anda sendiri. Namun perlu diperhatikan bahwa fitur ini tidak berlaku bagi blog yang sudah memiliki domain TDL sendiri yang biasanya berakhiran .com, .net, .biz, dan sebagainya. Fitur setelan pelacakan tayangan hanya berlaku bagi blog yang dihost oleh blogger (blogspot) yang menggunakan domain gratis milik blogger yang berakhiran .blogspot.com.

Tayangan Laman Blog


Pentingkah fitur setelan pelacakan tayangan? Bagi saya fitur ini sangat penting untuk blog, karena ketika sedang blogging saya tidak suka kalau data statistik blog tinggi namun itu berasal dari tayangan laman saya sendiri. Lebih baik menon-aktifkan tayangan laman sendiri agar data statistik blog hanya berasal dari pembaca blog. Walaupun demikian belum ada fitur untuk menonaktifkan tayangan laman yang berasal dari klik otomatis mesin.

Tayangan laman mesin merupakan klik otomatis yang berasal dari aplikasi yang dibuat oleh seseorang atau perusahaan tertentu. Klik atau tayangan laman seperti ini tidak akan meningkatkan seo blog. Sehingga tayangan laman yang terbaik adalah yang berasal dari manusia. Lebih baik data statistik hanya 10 penayangan tetapi itu benar-benar datang dari manusia dari pada 1000 tetapi lebih banyak datang dari mesin atau aplikasi tertentu.

Menonaktifkan tayangan laman sendiri di blog merupakan cara terbaik untuk melihat data statistik sendiri di blog. Selain data statistik blog adapula situs lain yang bisa anda gunakan untuk melakukan pelacakan data statistik blog, diantaranya adalah google analytics. Walaupun masih banyak situs yang menawarkan jasa pelacakan statistik blog tetapi saya rekomendasaikan google analytics, karena milik googl, sehingga pelacakan sangat valid.

Selain saya yang suka menonaktifkan tayangan laman sendri, banyak pula para blogger yang melakukannya. Jika anda ingin seperti saya dan teman-teman blogger lainnya dalam menonaktifkan tayangan laman sendiri, silahkan ikuti langkah-langlahnya di bawah ini.

Cara Menonaktifkan atau Mengaktifkan Pelacakan


Untuk menonaktifkan atau mengaktifkan pelacakan tayangan laman sendiri sangatlah mudah, hanya dengan beberapa kali klik saja pelacakan penayangan laman sudah non-aktif atau aktif. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Login terlebih dahulu ke dasbord blogger.

2. Pada laman dasbor klik tab Statistik.

3. Setelah masuk di laman tesebut klik Mengelola pelacakan tayangan laman sendiri.

4. Setelah itu akan muncul tab atau laman baru yaitu Setelan Pelacakan Tayangan (perhatikan gambar di atas).

Cara Menonaktifkan Pelacakan Tayanagan Laman Sendiri di Blog

5. Pada tab tersebut, beri tanda centang dengan mengklik kolom"Jangan lacak tayangan saya untuk blog ini", jika anda ingin menonaktifkan pelacakan tayangan laman, namun jika anda ingin melacak tayangan laman sendiri silahkan hilangkan tanda centang tersebut.

Catatan

Walaupun data statistik tayangan laman sudah disetting untuk tidak melacak penayangan sendiri, tetapi berdasarkan pengalaman saya ada pula laman yang dilacakan ketika saya mengklik halaman tertentu. Olehnya itu, untuk melihat data statistik blog yang valid lebih baik gunakan google analitycs.

Posting Komentar untuk "Cara Menonaktifkan Pelacakan Tayanagan Laman Sendiri di Blog"