Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Halaman Statis di Blog: Privacy Policy, Disclaimer dan Term Of Service

Cara Membuat Halaman Statis di Blog: Privacy Policy, Disclaimer dan Term Of Service

Semua blogger pasti tau tentang halaman statis situs/blog berupa; halaman about blog, contact, privacy policy, disclaimer dan term of service (TOS), yang merupakan kelengkapan dalam membangun sebuah blog. Terlebih bagi anda yang ingin menjadikan blog sebagai lahan bisnis dengan mendaftar di google adsense maka, halaman-halaman statis di atas merupakan salah satu syarat wajib yang harus dimiliki oleh sebuah situs, website atau blog.

Fungsi Halaman Statis di Blog


Fungsi dari halaman statis adalah sebagai berikut:

Halaman About Blog, memiliki fungsi untuk memperkenalkan blog kepada pengujung. Pengujung akan mengetahui tema blog yang anda kelola salah satunya melalui halaman about ini. Selain itu halaman about juga menjelaskan tentang author/penulis blog, sehingga pengunjung blog dapat mengenal siapa pemilik blog.

Halaman Contact, berfungsi untuk mempermudah pengunjung menghubungi author blog.

Halaman Privacy Policy, sebagai dokumen hukum yang di dalamnya terdapat informasi pengelolaan situs atau blog.

Halaman Disclaimer, merupakan peringatan kepada pengunjung tentang isi konten blog, yang mempunyai fungsi untuk melindungi situs atau blog dari tuntutan pengunjung.

Halaman Term Of Service (TOS), merupakan perjanjian tertentu yang dimiliki oleh situs atau blog, agar konten situs atau blog tidak disalahgunakan oleh pengunjung.

Cara Membuat Halaman Statis


Anda dapat membuat halaman statis sendiri di blog dengan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Namun untuk mempermudah anda dapat memanfaatkan situs Privacy Policy Online untuk membuat halaman statis tersebut. Silahkan kunjungi alamat situsnya ini. http://www.privacypolicyonline.com

1. Cara Membuat Halaman Privacy Policy

Untuk membuat halaman privacy policy pada situs Privacy Policy Online silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

Cara Membuat Halaman Statis di Blog: Privacy Policy, Disclaimer dan Term Of Service

a. Your Site Information and Contact, pada kolom ini isi "Your Site Title" dengan nama blog, "Your Site URL" dengan alamat url blog, "Contact Link" isi dengan alamat url halaman kontak blog, "Email Address" isi dengan alamat email yang anda miliki, "Email Encryption" silahkan pilih salah satunya.

b. Cookies, pilih Yes. My site uses cookies

c. "Advertisers on your site", pilih dan tentukan iklan yang akan ingin anda pasang di blog.

d. Langkah terakhir pada tahap ini, klik salah satu pilihan yaitu "Generate Policy" untuk mendapatkan privacy policy dalam bentuk penulisan biasa (Compose) atau pilih "Generate HTML untuk mendapatkan penulisan dalam mode HTML.

2. Cara Membuat Disclaimer

Masih pada halaman Privacy Policy Online silahkan klik / pilih Disclaimer Generator kemudian isi semua informasi blog dan kontak; nama blog, url blog, link kontak, dan email. Setelah itu pilih mode "Email Encryption" dan klik "Generte Disclaimer".

3. Cara Membuat Term Of Service (TOS)

Untuk membuat Term Of Service (TOS) blog, silahkan pilih TOS Generator yang berada pada bagian atas situs Privacy Policy Online. Isi bagian "Your Site Information and Contact" dengan informasi blog anda. Pada kolom atau bagian lain silahkan dikosongkan saja, kemudian klik "Generate Document" untuk mendapatkan TOS dalam mode penulisan biasa (compose), atau klik "Generate HTML" untuk mendapatkan mode penulisan HTML. Pilih salah satu yang anda inginkan.

Cara Memasang Halaman Statis di Blog


Memasang halaman statis di blog seperti membuat postingan biasa di blog, yaitu dengan cara masuk di dasbord blog, kemudian pilih Laman > Laman Baru. Copy Privacy Policy, Disclaimer dan Term Of Service yang telah anda buat tadi, kemudian Paste ke dalam laman baru.

Pilih mode penulisan (Compose atau HTML) sesuai dengan mode "Generate" yang sudah anda buat.

Demikianlah postingan ini tentang Cara Membuat Halaman Statis di Blog: Privacy Policy, Disclaimer dan Term Of Service, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Halaman Statis di Blog: Privacy Policy, Disclaimer dan Term Of Service"