Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara setting format waktu di blog dengan mudah

Cara Setting Format Waktu dengan Mudah di Blog (Blogspot)
Waktu menurut sebagian orang adalah emas, bahkan lebih berharga dari emas. Mungkin maksudnya bahwa waktu yang dimanfaatkan dengan baik akan mengahasilkan keuntungan yang banyak. Tapi bukan itu yang kita bahas pada tutorial kali, yang akan kita bahas adalah tentang bagaimana cara merubah format waktu yang ada di blog khususnya blogger (blogspot).

Sebagaimana sudah kita ketahui bahwa blog memiliki salah satu fitur yang dapat membantu penulis dan pembaca blog untuk mengetahui kapan artikel blog diterbitkan. Terkadang kita lupa dengan apa yang sudah kita lakukan di masa lalu, seperti memosting di blog. Sehingga dengan adanya fitur ini di blog sangat membantu kita untuk mengingat kembali waktu memosting sebuah artikel. Selain itu pembaca juga akan tahu kapan artikel diterbitkan. Jika artikelnya ilmiah dan dijadikan sebagai salah satu referensi karya ilmiah maka, artikel tersebut menjadi sumber yang harus dimasukkan ke dalam daftar pustaka dengan detail termasuk waktu terbit artikel tersebut.

Bagi sebagian blogger waktu tidak penting ditampilkan di blog, karena akan mengurangi seo blog. Kata mereka jika waktu ditampilkan di blog, kemudian pembaca melihat bahwa artikel tersebut sudah lama diposting, maka pembaca tersebut akan meninggalkan blog dan mencari artikel lebih baru lagi. Tapi menurut saya pendapat seperti ini tidak begitu kuat. Menurut saya menampilkan waktu terbitnya postingan itu lebih baik, karena akan membantu pengunjung untuk menulis referensi atau membuat perbandingan antara postingan yang lama dengan yang baru. Kalau masalah isi postingan yang penting postingan yang kita buat berkualita, bagus, dan relevan dengan apa yang mereka cari maka, saya rasa mereka tidak akan berpindah ke lain hati ehh salah, maksud saya berpindah ke blog lain.

Format Zona Waktu


Format waktu dalam blogger (blogspot) ada empat; (1) Zona Waktu, (2) Format Header Tanggal (3) Format Time Stamp (4). Format Stempel Waktu Komentar.

Zona Waktu, sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia dibagi menjadi tiga zona waktu, zona Indonesia bagian barat (+ 07.00 Jakarta), zona waktu Indonesia bagian tengah (+ 08.00 Makassar), dan zona waktu Indonesia bagian timur (+ 09.00 Jayapura).

Format Header Tanggal, format tanggal untuk postingan. Untuk template bawaan blogger biasanya terletak di bawah header blog atau di atas judul postingan, untuk template blog yang sudah didesain tempatnya tidak menentu, tergantung orang yang membuat template tersebut.

Format Time Stamp, format waktu ini untuk template bawaan blogger terletak di bawah postingan blog.

Format Stempel Waktu Komentar, merupakan format waktu yang berada di kolom komentar postingan blog.

Cara Merubah Format Waktu


Cara Setting Format Waktu dengan Mudah di Blog (Blogspot)
Untuk cara merubah format waktu di blog sangatlah mudah, hanya dengan beberapa kali klik saja format waktu blog sudah dapat berubah dan sudah sesuai dengan keinginan anda, caranya adalah sebagai berikut:

1. Login terlebih dahulu ke blogspot (blogger).

2. Pada dasbor blogger klik tab "Setelah".
3. Pada tab setelan klik "Bahasa dan pemformatan".
4. Kemudian ubah zona waktu, seseuai dengan zona waktu dimana anda tinggal, seperti yang sudah saya jelaskan di atas.
5. Ubah format waktu yang lain sesuai dengan keinginan anda.
6. Terakhir klik tombol "Simpan" yang ada di bagian kanan atas.

Cara menyembunyikan waktu di postingan blog


Jika anda ingin menyembunyikan waktu di postingan blog caranya adalah sebagai berikut:

1. Login terlebih dahulu ke blog anda.
2. Pada dasbor blogger klik tab "Tata Letak".
3. Kemudian pada bagian postingan blog klik "Edit" dan akan muncul tab baru.
4. Pada tab mengonfigurasi postingan blog hilangkan tanda centang pada opsi laman waktu.
5. Terakhir klik tombol "Simpan" pada bagian bawah tab.

Demikianlah postingan kali ini tentang Cara setting format waktu di blog dengan mudah, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara setting format waktu di blog dengan mudah"