Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti dan Makna Psikologi Pendidikan

Arti dan Makna Psikologi Pendidikan

Psikologi adalah studi ilmiah tentang perilaku dan proses mental Atkoson dkk.(2002:15). Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang menghususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkup pendidikan (Santrock, 2008:4).Psikologi pendidikan adalah suatu studi tentang proses-proses yang terjadi dalam pendidikan; untuk menjadi orang yang terdidik dan untuk memahami serta memberikan petunjuk-petunjuk yang bijaksana kepada proses pendidikan.

Psikologi pendidikan menurut penulis adalah cabang ilmu psikologi yang menstudi tentang permasalahan yang berhubungan dengan bagaimana proses belajar dan pembelajaran berlangsung dengan baik sehingga mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Adalah suatu kenyataan yang tidak dapat dihindari bahwa tiap hari para guru kita berhadapan dengan berbagai persoalan pelik dalam pembelajaran. Mulai dari mendesain pembelajaran, memilih bahan ajar, sumber belajar dan alat evaluasi. Ketika menyajikan pelajaran, guru disibukkan dengan perbedaan individual. Peserta didik yang dihadapi memiliki minat, perhatian, motivasi, sikap dan perilaku yang amat beragam. Dari pengalaman empirik, sebagian peserta didik memperlihatkan perilaku baik, namun di sisi lain, sebagain malah memperlihatkan perilaku menyimpang.

Kondisi tersebut membawa konsekwensi pada bertambahnya beban guru. Guru tidak semata-mata fokus pada menyampaikan materi ajar, akan tetapi memiliki tugas ganda mengidentifikasi berbagai gejala atau fakta psikologis yang mengemuka dalam interaksinya dengan peserta didik; menganalisis kemudian memberi intervensi dan pelayanan baik preventif maupun kuratif. Berhadapan dengan gejala seperti itu pengetahuan guru tentang Ilmu Psikologi khususnya Psikologi Pendidikan amatlah strategis. Dengan mempelajari psikologi pendidikan para guru diharapkan akan memperoleh pemahaman yang saksama mengenai berbagai dimensi yang berhubungan dengan tugas mengajar sebagai bagian integral dari tugas profesional guru dan bagaimana seharusnya peserta didik belajar sehingga kemampuannya dapat dioptimalkan.

Secara khusus, dengan mempelajari psikologi pendidikan para guru diharapkan akan memperoleh pemahaman yang saksama mengenai arti dan makna belajar dan pembelajaran, karakteristik dan perkembangan peserta didik, berbagai model dan strategi pembelajaran, transfer belajar, peranan motivasi dalam belajar, perbedaan individual dalam belajar, kepribadian guru dan evaluasi pembelajaran. (Patris Rahabav: 2015)

Posting Komentar untuk "Arti dan Makna Psikologi Pendidikan"