Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips-tips Sederhana Traveling Menggunakan Kapal Laut

Tips-tips Sederhana Traveling Menggunakan Kapal Laut
Saya merupakan salah satu orang yang tinggal di daerah kepulauan dan pesisir, sehingga sering bepergian menggunakan kapal laut, selain hemat biaya perjalanan saya bisa keindahan nusantara saat berada di atas kapal maupun transit di salah satu pelabuhan. Dari sini saya punya sedikit pengalaman sehingga bisa menulis artikel tips-tips sederhana traveling menggunakan kapal laut.

Kapal laut dalam hal ini kapal penumpang merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk menyeberangi pulau. Harga tiket kapal laut sangat murah dan merakyat, berbeda dengan harga tiket pesawat yang mahal dan belum bisa dijamah oleh sebagian besar rakyat Indonesia.

Indonesia sebagai negara maritim sudah barang tentu menjadikan kapal laut sebagai alat untuk menghubungkan seluruh pulau yang berjejeran dari sabang sampai merauke. Ada sebagian travelers yang juga suka menggunakan kapal laut untuk menuju ke tempat wisata

Bagaimana dengan anda yang baru dalam dunia traveling, pernakah anda melakukan perjalanan wisata dengan kapal laut ? ataukah yang terbayang saat perjalanan wisata adalah kapal pesiar ?. Selain kapal pesiar, kapal penumpang juga bisa dijadikan sebagai alat transportasi untuk menuju ke tempat wisata tujuan anda.

Traveling dengan menggunakan kapal laut itu sangat asik, banyak cerita yang bisa diceritakan ketika selesai berwisata. Namun alat transportasi air ini pasti mempunyai kekurangan-kekurangan yang perlu diatasi sendiri oleh traveler. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika naik kapal laut.

1. Beli tiket langsung di agen atau di kantor pelni

Membeli tiket di calo itu sangat tidak baik bagi kesehatan kantong, harga tiket yang seharusnya murah dibuat mahal oleh calo. Lebih baik beli langsung di kantor pelni atau agen-agen penjualan tiket terdekat.

2. Sediakan obatan-obatan yang diperlukan

“Sebelum hujan sediakan payung”. Sebelum naik kapal laut terlebih dahulu siapkan obat-obatan yang anda butuhkan. Misalnya obat anti muntah bagi anda yang sering mual ketika berada di atas alat transportasi.

3. Carilah tempat yang aman dan nyaman untuk anda tempati

Tempat tidur di atas kapal pelni khususnya bagi kelas ekonomi sangat terbatas, dan biasanya ada penumpang yang tidak mendapatkan tempat. Bersyukur bagi yang mendapatkan tempat dan kasur, tetapi kalau tidak berarti harus tidur di atas lantai atau di atas anjungan.

Kalau memang tidak mendapatkan tempat di atas dek kapal, maka carilah tempat-tempat yang aman untuk anda meletakkan barang bawaan anda. Kalau ada kenalan yang terlebih dahulu naik di atas kapal di pelabuhan sebelumnya, maka pesanlah tempat tidur darinya sehingga dia menyiapkan terlebih dahulu, sehingga ketika anda naik di atas kapal sudah ada tempat untuk istirahat. Kalau tidak dapat berarti anda harus menunggu hingga pelabuhan berikutnya, ketika penumpang turun barulah anda bisa mendapatkan tempat istirahat yang baik.

4. Jaga barang bawaan anda

Di atas kapal penumpang terdapat banyak pencuri yang tak diketahui oleh orang. Jagalah barang bawaan anda sehingga tidak dicuri oleh orang lain. Lebih baik simpan barang berharga anda di tempat penitipan barang, kalau di kapal pelni biasanya tempat penitipan barang terletak di ruang informasi dek lima. Biasanya ketika naik di atas kapal pelni ada pengumuman yang memberitahukan agar uang yang dalam jumlah banyak, emas, berlian, dokumen-dokumen penting dan barang berharga lainnya agar dititip tanpa biaya di ruang penitipan barang.

5. Selalu waspada dengan orang yang baru anda kenal

Menjadi kebiasaan orang Indonesia adalah membangun komunikasi dengan orang lain, karena kebiasaan cepat dekat dengan orang lain terkadang kita tidak terlalu memperhatikan siapa orang yang kita kenal. Untuk berjaga-jaga lebih baik jangan terlalu percaya dengan orang baru, karena tidak tau latar belakang orang tersebut.

6. Jangan menampakkan barang-barang elektronik anda di depan umum

Jika tidak diperlukan, hp, kamera, natebook, dan alat elektronik lainnya jangan digunakan di depan umum, karena akan menarik perhatian orang lain. Kalau ada orang yang berniat jahat maka barang anda bisa dicuri atau diambil jika anda dalam keadaan lengah.

7. Jika menggunakan jasa buruh bagasi ingat nomor punggungnya

Di seluruh pelabuhan terdapat buruh bagasi, jika anda menggunakan jasanya ketika naik atau turun dari kapal ingat atau catat nomor punggungnya, sehingga ketika ada barang yang tercecer anda bisa langsung meminta pertanggung jawabannya atau lapor di kantor buruh di pelabuhan.

8. Hati-hati dengan berbagai modus penipuan

Saat ini sudah banyak cara yang orang lakukan untuk menipu orang lain, dimulai dari membohongi, merayu, menghipnotis, sampai dengan cara kasar sekalipun mereka lakukan demi untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Kalau berada di atas kapal hati-hati dengan orang seperti ini. Ketika kapal berlabuh atau transit di pelabuhan tertentu dan anda ingin turun untuk berbelanja atau berjalan-jalan, maka berhati-hatilah jika mendapatkan tawaran penukaran uang, barang berharga, atau apapun itu dari seseorang yang tidak anda kenal. Jangan percaya bila perlu dicuekin aja dan teruslah berjalan menuju ke keramaian.

Kapal penumpang mempunyai banyak cerita, ada suka dan adapula duka bagi yang bernasib sial. Berhati-hatilah dalam selama berada dalam perjalanan dan harus tau beberapa kode yang ada di kapal, misalnya adalah kode ketika kapal ingin berangkat. Kapal mempunyai kode yang disebut bunyi stom. Kalau satu jam sebelum berangkat bunyi stom satu kali, setengah jam sebelum berangkat dua kali bunyi, jika sudah lepas tali dan berangkat tiga kali bunyi.

Posting Komentar untuk "Tips-tips Sederhana Traveling Menggunakan Kapal Laut"