Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertolongan Pertama dalam mengatasi sengatan ekor Ikan Pari

Pertolongan Pertama dalam mengatasi sengatan ekor Ikan Pari
Traveling merupakan hal yang paling menarik saat ini, bisa dikatakan sebagai hal yang banyak dilakukan oleh anak jaman now. Selain memang mengasikan, traveling seakan menjadi trend baru untuk memamerkannya di media sosial. Namun bagi sebagian orang traveling bukan sekedar sebagai trend tetapi sebagai hobi bahkan ada yang menjadikannya sebagai pekerjaan.

Pantai merupakan salah satu tempat wisata bagi para traveler, banyak orang ke sana untuk mengahabiskan akhir pekan, atau sekedar jalan-jalan bersama kerabat, teman, sahabat, pasangan dan lain sebagainya. Namun tahukah anda bahwa berada di pantai itu bisa berbahaya? Beberapa pantai di Indonesia memang berbahaya karena di sana terdapat hewan laut yang suatu waktu kalau habitatnya terganggu dia bisa melakukan serangan kepada manusia atau apapun yang mengganggunya.

Saya ambil contoh saja ikan pari yang memiliki senjata rahasia pada bagian ekor, yaitu terdapat racun yang kalau tidak ditangani dengan baik dan cepat bisa menyebabkan kematian. Sengatan ini juga bisa terjadi pada orang yang suka diving atau orang yang suka bermain di pantai. Memang ke pantai itu asi tetapi harus juga hati-hati dan membaca petunjuk keselamatan yang telah ada.

Suatu ketika saya bersma teman saya pergi ke pantai untuk menghabiskan akhir pekan, sesampainya kami di sana, kami turun ke laut untuk sekedar berenang dan melihat keindahan bawah laut. Namun baru beberapa menit kami berendam di dalam air, kaki teman saya sudah tersengat hewan yang sebelumnya kami tidak ketahui. Setelah melakukan beberapa antisipasi berupa pertolongan pertama, dan di bawa ke rumah sakit barulah kami mengetahui bahwa yang menyengat kaki teman saya itu ternyata ikan pari.

Wilayah yang paling berbahaya adalah wilayah yang paling aman

Nah dari pengalaman saya dan teman saya yang terkena sengatan ikan pari ini, sehingga lahir tulisan ini yaitu beberapa tips yang dapat kamu lakukan ketika disengat oleh ikan pari

Petolongan Pertama Pada Sengatan Ikan Pari


Ikan pari merupakan hewan laut yang memiliki ekor belakang seperti cambuk. Kekita pari merasa terancam, hewan tersebut melindungi dirinya dengan ekornya yang memiliki racun tersebut, dan jika terkena pada manusia, maka akan terjadi kerusakan pada jaringan tubuh yang bisa menyebabkan pembengkakan dan warna biru pada tubuh yang terkena sengatan. Pertolongan pertama yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Cuci kaki sampai bersih dengan air laut
  2. Ikat kaki dengan apa saja yang anda temukan di saat itu, bisa kain, tali, gesper atau kalau kamu membawa pembalut luka maka gunakan itu. Ikat pada bagian yang terkena sengatan kira-kira 5 cm dari atas bagian tersebut. Ikat dengan kencang agar racun tidak menyebar ke jaringan tubuh lainnya.
  3. Keluarkan sisa-sisa sengatan
  4. Kamu bisa tidur-tiduran sebentar sambil mengangkat kaki, jika merasa sudah agak lumayan, segera pergi ke perumahan warga atau cari petolongan di sekitar anda berada.
  5. Rendam kaki kamu dengan air panas kira-kira hingga 10 jam untuk menghancurkan racun tersebut, atau segera pergi ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dari pihak yang berwajib, eh... maksudnya dokter.

Demikianlah tips sederhana dari pengalaman kami saat traveling, pada intinya dalam kondisi apapun tetap tenang dan biarkan otak berpikir dengan jernih dalam mengatasi masalah yang dihadapi.

Posting Komentar untuk "Pertolongan Pertama dalam mengatasi sengatan ekor Ikan Pari"