Menikmati Keindahan Alun-alun Kota Malang, kualitas terbaik tempat wisata rakyat

Malang memiliki alun-alun yang berada di pusat kota, dekat dengan pusat-pusat perbelanjaan modern dan pasar rakyat. Alun-alun ini merupakan salah satu icon kota, yang banyak sekali dikunjungi oleh masyarakat malang, baik itu di waktu kerja maupun di waktu libur. Alun-alun ini biasa juga disebut sebagai alun-alun merdeka, atau alun-alun jami', karena berada di dekat masjid jami'.

Alun-alun ini dalam sejrahnya telah berdiri sejak zaman kolonial belanda. Menurut informasi yang kami dapatkan, alun-alun ini awalnya dibangun pada tahun 1882, umurnya sudah tua ya. Pada mulanya kantor residen berada tepat di depan alun-alun ini, namun karena kantor itu berpindah lokasi, maka alun-alun ini fungsinya hanya untuk tempat berkunjung dan berkumpulnya warga setempat.

Di tahun 2011 untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di kota Malang, namun alun-alun ini pengelolaan alun-alun ini belum bagus, penataannya juga masih jelek. Pada tahun 2015 alun-alun Malang mulai mengalami pembenahan dan perbaikan. Renovasi tata ruang mulai dilakukan dan mengalami perubahan secara besar-besaran, yang pada mulanya memiliki fasilitas yang biasa-biasa saja, kini sudah memiliki fasilitas dengan kualitas terbaik, sehingga nyaman untuk dikujungi oleh siapa saja.

Sebagaimana fungsi alun-alun pada umumnya, alun-alun kota malang digunakan untuk tempat berkumpul masyarakat dan tempat berwisata rakyat. Dengan fasilitas dengan kwalitas terbaik, alun-alun ini selalu ramai dikunjungi masyarakat tanpa kenal hari libur, dan hari kerja. Selain tempatnya yang strategis, alun-alun kota malang berada di antara pusat-pusat perbelanjaan dan pasar rakyat, sehingga katika selesai berbelanja, masyarakat biasanya melepas lelah di alun-alun ini sebelum pulang ke rumah.

Fasilitas Alun-alun Kota Malang


Di alun-alun kota malang kamu bisa menemukan fasilitas-fasilitas terbaik yang bisa kamu gunakan semuanya secara gratis, alian tanpa dipungut biaya, fasilitas-fasilatas tersebut adalah sebagai berikut:


1. Papan nama yang keren dan kekinian

Alun-alun kota malang saat ini sudah memiliki papa nama yang keren dan kekinian. Papan nama yang berwarna jingga ini, biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berselfi.


2. Air Mancur Menari yang Memukau

Air mancur menari berada tepat di tengah-tengah alun-alun kota malang. Kamu bisa menikmatinya dengan berdiri atau duduk mengitari air mancur ini. Pada malam hari lampu pada air mancur ini menambah keindahan sehingga dapat memukai. Ketika saya berada di sana, saya melihat antusias warga mengabadikan moment-moment air mancur menari bersama keluarga, teman, sahabat atau sendiri saja seperti saya waktu itu.

3. Bangku Duduk yang Nyaman

Bangku duduk yang berada di alun-alun ini sangat nyaman untuk ditempati sambil menikmati suasana taman terbuka hijau, baik itu bersama pasangan, atau sendirian.

4. Burung Merpati yang Indah

Di taman ini memiliki burung merpati yang berterbangan kesana-kemari. Mereka juga memiliki semacam tempat tinggal (kandang) yang dibangun di dalam taman. Saat berada di sini, kamu bisa memberi makan burung-burung tersebut dengan makanan burung yang dijual atau dibagikan secara gratis di dekat taman.


5. Dekat Masjid Jami'

Bagi kamu yang muslim, ketika waktu sholat tiba, kamu bisa melaksanakan ibadah wajib ini di masjid jami, yang hanya dipisahkan oleh jalan raya dengan alun-alun merdeka.


6. Tempat Bermain Anak-anak

Pada bagian selatan taman terdapat tempat bermain anak-anak atau playground yang disediakan secara gratis bagi pengunjung yang membawa anaknya untuk bermain. Fasilitas ini bisa digunakan sepuas-puasnya.

7. Area Skateboard Bagi Muda Mudi

Bagi kamu pecinta olahraga skateboard, datang ke taman alun-alun ini masuk deh dalam list kamu. Di bagian sudut barat laut sudah disediakan tempat khusus untuk bermain skateboard. Biasanya muda-mudi kota malang menyalurkan hobi yang satu ini di sini.

8. Area Pertunjukan

Di saat-saat tertentu jika kamu bernasib baik, kamu bisa menemukan pertunjukan di area yang sudah disediakan secara khusus untuk pertunjukan. Biasnya ada pertunjukan street dance, break dance, musik, atau kesenian nusantara, tegantung pada event yang dilaksanakan.

9.  Gazebo di Setiap Sudut Taman.

Alun-alun merdeka memiliki gazebo dan kursi yang berada di setiap sudut alun-alun. Jika kamu sudah capek berjalan atau sudah selesai berbelanja, kamu bisa memilih salah satu gazebo di sudut taman untuk beristirahat.

10. Jalur Khusus Pejalan Kaki dan Jalur Khusus Sepeda

Untuk pesepeda yang ingin bersepeda di tengah-tengah kota, kamu bisa melakukannya di sini karena, sudah di sediakan jalur khusus. Selain itu di alun-alun ini juga ada jalur pejalanan kaki yang ditata dengan rapi dan bersih, sehingga kamu bisa berjalan dengan nyaman.

11.  Payung Berwarna-warni di Pohon

Ada yang unik dari pohon-pohon di sni, kalau pohon lain berdaun normal, di sini hampir disetiap pohon memiliki daun berupa payung yang berwarna-warni. Payung-payung ini sengaja digantung oleh pengelolal untuk menambah keintahan taman.


12. Stand Photoboot Keren

Alun-alun kota malang memiliki stand photoboot yang keren dan kekinian. Stand foto ini memiliki background yang bermacam-macam, ada bacground sayap, becak, tokoh, dan sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk berselfi dan tentunya gambar sudah dalam bentuk 3D.

13. Akses wifi Gratis

Bagi kamu yang suka update status di media sosial, ketika berkunjung ke sini kamu jangan takut kuoata internetmu habis, karena kamu bisa memanfaatkan wifi gratis super cepat di sini.

14. Ruang Khusus Ibu dan Bayi

Bagi ibu-ibu yang memiliki anak dan mau menyusui bisa memanfaatkan fasilitas ini. Ketersediaan fasilitas menyusui ini untuk mempermudah pengunjung dan masyarakat untuk menyusui anaknya saat berkumpul di taman atau berbelanja di sekitar kawasan alun-alun merdeka kota Malang

Taman Terbuka Hijau


Alun-alun Malang kota mengambil konsep ruang terbuka hijau, banyak pohon yang ditanam rapi dan dipelihara dengan baik, sehingga pengunjung bisa menghirup udara segar di tengah-tengah kota yang ramai dengan kendaraan. Alun-alun Merdeka kota Malang tertata rapi dan sangat bersih, petugas selalu menjaga kebersihan lingkungan. Hampir setiap 3 jam petugas membersihkan taman dengan menyapu daun-daun yang jatuh atau sampah yang dibuang oleh pengunjung yang tidak sadar kebersihan.

Retribusi dan Lokasi


Untuk santai atau berwisata di alun-alun Malang anda tidak perlu membayar sepeserpun alias gratis. Seperti saya ini yang datang dengan angkot dan waktu itu saya tidak membayar apapun untuk menikmati udara segar di tengah keramaian kota. Namun bagi kamu yang datang dengan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, maka kamu akan membayar uang parkir. Untuk motor Rp. 2000 dan mobil Rp. 5000. Lokasi alun-alun ini berada di Jl. Merdeka Selatan No. 5 Kauman Klojen, Kota Malang Jawa Timur. Jam Operasional : 24 Jam.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama