Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Membuat Blog dan Mini Website Secara Gratis di Blogger

Trik Membuat Blog dan Mini Website Secara Gratis di Blogger
Membangun sebuah blog atau mini website dimulai dari tujuan untuk membuat blog tersebut. Jika tujuannya hanya untuk menyimpan catatan harian, atau hanya untuk menulis aktifitas sehari-hari, maka blog yang dibangun tidak akan terlalu diseriusi. Karena tidak mementingkan seberapa banyak pengunjung yang membaca blog tersebut, yang penting pemilik blog bisa memosting tulisannya saja, kira-kira begitu analisa saya tentang blog pribadi seperti itu.

Kalau tujuannya untuk menghasilkan uang atau blog bisnis maka, mulailah untuk berpikir lebih serius dalam membuat dan mengelola blog, karena jika tidak maka penghasilan yang anda dapatkan akan sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

Menentukan Tema Blog


Apa yang anda ketahui? Mungkin itu pertanyaan pertama sebelum membangun sebuah blog. Menentukan tema blog itu sesuai dengan apa yang paling diketahui, agar nantinya ketika blog sudah jadi bisa diisi dengan postingan-postingan yang berkualitas sesuai dengan pengetahuan pemilik blog.

Apa saja tema blog yang bagus dan berkualitas? Menurut saya semua tema blog yang positif itu baik, karena semuanya akan mempunyai pembaca yang fanatik. Misalnya anda ingin membuat blog tentang traveling, karena mungkin hobi anda adalah traveling maka, buatlah postingan-postingan anda tentang review tempat wisata secara lengkap agar pembaca akan kembali lagi ke blog anda ketika membutuhkan informasi tempat wisata.

Bagaimana dengan blog gado-gado? Ini pertanyaan yang menarik, karena terkadang ada banyak blogger yang ingin menulis ragam artikel dengan tema yang berbeda. Jika ingin membuat blog gado-gado atau semacam blog magazine maka boleh saja, namun harus dipastikan apakah anda mempunyai waktu dan pengetahuan yang cukup untuk membuat beragam artikel dengan tema yang berbeda tersebut. Jika tidak maka lebih baik fokus saja pada satu tema saja agar nantinya tidak akan menyulitkan anda.

Membuat Judul Blog


Kira-kira apa ya judul blog yang bagus dan SEO? Judul blog merupakan representasi dari tema blog, judul blog merupakan gambaran umum dari tema blog yang ingin dibangun. Jika temanya tentang traveling maka, judul blognya "Jalan-jalan, Jelajah, Catatan Pesona Indonesia", atau judul lain yang sesuai dengan tema blog. Jangan sampai antara tema blog dan judul blog berbeda, nanti pembaca akan bingung.

Judul blog yang bagus menurut saya adalah judul blog yang tidak sama dengan blog-blog yang sudah ada. Jangan sampai blog yang ingin dibuat sama dengan blog orang lain, dimulai dari tampilan, judul blog dan judul postingan haruslah berbeda, walaupun nanti secara makna sama. Berkreasi adalah cara terbaik untuk menentukan judul blog.

Simpel, unik dan mudah diingat adalah kata kunci untuk membuat judul blog. Judul blog lebih baik dua sampai tiga kata saja, jangan kebanyakan karena nanti susah diingat oleh pembaca blog.

Menentukan Domain atau Sub-domain Blog


Apa itu domain dan apa itu sub domain? Domain adalah nama website/blog yang bersifat unik sedangkan sub-domain adalah bagian dari domain utama atau bisa dibilang sebagai anak domain. Nama domain biasanya berakhiran .com .net .biz dan lain-lain. Contohnya, kampungsahabat.com, jongjelajah.com dan sebagainya. Sedangkan sub-domain biasanya ditambahkan titik sebelum domain utama misalnya, pintupenyair.blogspot.com. "pintupenyair" merupakan sub-domain sedangkan domain utamanya "blogspot.com".

Menentukan url domain atau sub-domain lebih baik sama dengan judul blog. Alasannya agar mudah diingat antara judul blog dan domain atau sub-domain yang dibuat, selain itu domain atau sub-domain yang sama dengan judul maka secara otomatis akan mempercepat SEO blog.

Langkah-langkah Membuat Blog di Blogger secara Gratis

Membuat blog di blogger itu mudah, yang susah adalah membangun blog agar menjadi terkenal dan mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya. Blog yang tidak dikelola dengan baik maka, menjadi jelek di mata google. Sedangkan blog yang selalu diupdate akan mendapatkan penilaian yang baik dari google dan akhirnya bisa berada di 10 besar search engine.

Okelah, kayaknya sudah terlalu panjang kali lebar penjelasan saya di atas, sekarang kita langsung lihat saja cara membuat blog di blogger sebagai berikut:

Langkah Pertama

Sebelum membuat blog di blogger terlebih dahulu anda memiliki akun / email google. Dengan memiliki satu akun google maka, semua fasilitas / situs google seperti blogger, youtube, google+, dan lain-lain sudah dapat anda nikmati tanpa harus mendaftar lagi. Jadi intinya satu akun untuk semua situs google. Jika anda belum mempunyai email google, silahkan daftar terlebih dahulu.

Langkah Kedua

Trik Membuat Blog dan Mini Website Secara Gratis di Blogger

Setelah memiliki email google sekarang masuk ke halaman awal blogger dengan mengetik https://www.blogger.com di halaman browser anda dan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Pada halaman awal blogger klik tombol "BUAT BLOG" yang ada di bagian tengah halaman awal blogger
  2. Masukkan alamat email dan password yang telah anda buat tadi
  3. Buat profil blog dengan memilih salah satu opsi yaitu: Profil Google Plus atau Profil Blogger. Isi data profil anda dengan baik (biasanya sudah terisi secara otomatis).
  4. Klik tombol “Lanjutkan ke blogger”, jika sudah selesai membuat profil blog.
  5. Perhatikan pada bagian atas sebelah kiri atau bagian bawah tengah, klik tombol “Buat Blog Baru”
  6. Isi kolom “Judul” dengan judul blog yang ingin anda buat. Isi kolom “Alamat” dengan sub-domain gratis yang anda inginkan.
  7. Setelah judul diisi dan sub-domain terverifikasi oleh google, pilih salah satu template dasar yang ada di dalam tab, kemudian klik tombol "Buat Blog" yang ada di bagian bawah (perhatikan gambar di atas).
  8. Blog baru anda telah jadi, sekarang silahkan kelola blog anda dengan terlebih dahulu mengisi artikel-artikel berkualitas di blog anda.

Posting Komentar untuk "Trik Membuat Blog dan Mini Website Secara Gratis di Blogger"