Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menemukan Ide Untuk Menulis Konten Berkualitas di Blog

Tips Menemukan Ide Untuk Menulis Konten Berkualitas di Blog
Dalam dunia blogging hal yang paling tersulit adalah membuat konten. Kalau hanya sekedar membuat blog itu sangat mudah karena hanya dengan beberapa langkah saja blog sudah jadi. Sedangkan untuk mempercntik tampilan blog hanya dengan mengganti template yang sudah banyak dibagikan oleh para masta, baik itu yang gratisan maupun yang berbayar.

Konten yang berkualitas adalah yang paling disukai mesin pencari seperti google. Bahkan untuk berada di halaman pertama pencari google adalah blog yang sudah mendapatkan peringkat baik dari algoritma mesin pencari google. Lalu kenapa konten yang berkualitas?

Konten berkualitas adalah konten yang memberikan informasi secara detail kepada pembaca, sehingga pembaca bisa berlama-lama menelusuri sebuah blog. Konten yang berkualitas bukanlah konten yang hanya berisi basi-basi saja yang panjang lebar. Lalu bagaimana menemukan ide untuk membuat konten yang berkualitas?

Tips Menemukan Ide Untuk Menulis Konten Berkualitas di Blog

Baca Buku


Kata orang buku merupakan jendela dunia, namun saat ini internet sudah dapat melampaui istilah itu. Walaupun demikian buku menjadi nomor satu dalam menemukan ide untuk menulis artikel, karena dari buku anda bisa menemukan banyak pengetahuan. Carilah referensi buku yang sesuai denga tema blog anda, agar tulisan yang dihasilkan tidak keluar dari niche blog yang anda miliki. Namun jika blognya gado-gado atau memiliki banyak tema seperti blog ini, berarti anda tidak menyesuaikan saja.

Periksa Kolom Komentar


Dalam postingan blog usahakan untuk membuat kolom komentar, selain berfungsi untuk pembaca dapat berkomentar, kolom komentar juga bisa mendatangkan ide baru bagi penulis blog. Pembaca Anda mungkin meminta informasi lebih lanjut tentang item tertentu yang tidak Anda bahas dengan jelas di posting pertama Anda, atau mereka mungkin membagikan pendapat mereka sendiri tentang topik tersebut, yang bisa membuat jari Anda gatal untuk menulis.

Temukan Ide dengan Membaca Blog Lain


Membaca blog orang lain bukan berarti mencuri ide orang lain dengan melakukan plagiat atau copy paste blog orang lain secara menyeluruh. Tetapi membaca blog orang lain untuk menambahkan wawasan anda dalam menemukan ide yang baik dalam menulis postingan.

Hal yang paling salah dan paling buruk di mata google adalah ketika postingan di blog anda tidak original. Bahkan yang paling buruk adalah mereka yang menggunakan alat atau software tertentu untuk membuat postingan blog dengan mengambil dari postingan blog orang lain tanpa kerja keras.

Lihat Informasi di Media Sosial


Media sosial seperti facebook dan twitter bisa menjadi salah satu sumber informasi buat anda dalam membuat konten yang berkualitas di blog. Informasi yang anda dapatkan bisa diolah dan ditambahkan dengan beberapa informasi lain yang akurat, sehingga dapat menghasilkan postingan blog yang berkualitas.

Tetapi satu hal yang perlu diingat bahwa informasi tersebut jangan sampai dicopy paste lagi, karena informasi tersebut sudah diindex oleh mesin pencari. Lakukan rewrite atau menulis ulang dengan gaya bahasa yang anda miliki, dengan tetap menghargai hak intelektual milik orang lain, misalnya menyebutkan sumber informasi yang kamu dapatkan.

Berkunjung ke Forum Komunitas


Biasanya di forum komunitas seperti kaskus dan lain sebagainya terdapat banyak pertanyaan dari pengunjung, anda bisa menggunakan pertanyaan itu dengan menemukan ide judul konten. Setelah itu tulislah jawaban dari pertanyaan itu sebagai isi postingan blog sesuai dengan apa yang anda ketahui. Kemudian letakkan link di forum komunitas yang mengarah ke artikel yang sudah anda tulis.

Selain itu anda juga bisa menemukan gagasan dalam menulis postingan blog melalui jawaban-jawaban yang anda temukan di forum komunitas tersebut. Yang terpenting adalah carilah yang sesuai dengan keahlian yang anda bidangi atau yang anda ketahui, sehingga dalam membuat artikel menjadi mudah.

Lihat Sekeliling Anda


Gagasan dalam menulis artikel blog bisa berasal dari mana saja, termasuk di dalamnya dalam kehidupan realitas kehidupan anda. Misalnya anda bisa menemukan gagasan dengan berwisata atau kegiatan kantor. Dari kehidupan sehari-hari banyak sekali pengetahuan yang bisa anda dapatkan, bahkan sebenarnya dari sanalah lahir beragam ide manarik yang bisa menjadikan postingan yang berkualitas sehingga blog bisa banyak dikunjungi.

Anda juga bisa menemukan ide dalam menulis blog sesuai dengan keahlian yang anda miliki, misalnya seperti keahlian tukang kayu, maka tulislah tentang cara membuat lemari kayu dengan menggunakan gambar sebagai pendukung. Atau misalnya anda adalah seorang guru, maka tulislah pengalaman mengajar anda sehingga bisa melahirkan teori-teori baru dalam belajar, dan keahlian lain sebagainya.

Selain itu anda juga bisa melakukan diskusi dengan teman, sahabat, atau orang yang anda anggap memiliki pengetahuan tertentu. Temukan ide menulis artikel melalui diskusi yang anda lakukan itu, yang terpenting adalah keakuratan informasi yang anda dapatkan.

Lakukan Penelitian Kata Kunci di Google Keywords


Dalam membuat postingan yang berkualitas serta SEO tidak ada yang bisa mengalahkan Google AdWords untuk menemukan ide dalam menulis postingan. Google AdWords akan memberikan informasi tentang kata kunci yang berkulitas dan yang sedang banyak dicari.

Temukan beragam kata kunci sesuai dengan tema blog anda, kemudian buatlah judul yang berbeda dengan meletakkan kata kunci tersebut pada judul konten yang akan anda buat.

Google Keywords memang menjadi salah satu alat bagi blogger dalam menulis konten. Bahkan blog yang sudah terkenal banyak menggunakan google keyword karena paling maksimal dalam menemukan ide dan konten yang berkualitas.

Posting Komentar untuk "Tips Menemukan Ide Untuk Menulis Konten Berkualitas di Blog"