Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menulis dan Memosting Artikel Agar SEO Friendly di Blog

Tips Menulis dan Memosting Artikel Agar SEO Friendly di Blog
Sahabat blogger yang budiman, semoga hari ini sehat dan selalu berada dalam lindungan Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Kali ini saya ingin membagikan artikel saya tentang 7 Tips menulis dan memosting artikel di blog dengan baik agar SEO Friendly.

Sebelum saya menjelaskan panjang lebar artikel saya tentang tips-tips menulis di blog ada beberapa pernyaan yang ingin saya ajukan kepada pembaca budiman. Pertanyaannya adalah artikel adalah:  Bagaimana cara memosting artikel yang telah sahabat tulis agar bisa dibaca oleh viewers. Apakah viewers datang dengan sendirinya ke blog sahabat tanpa melakukan apa-apa?. Apakah dengan postingan yang minim bisa mendatangkan pembaca yang banyak di blog?. Ataukah dengan memiliki postingan yang banyak dapat mendatangkan pembaca blog?. Semua pertanyaan ini lebih baik sahabat jawab sendiri dalam menganalisa artikel yang telah sahabat tulis.

Di sini saya hanya ingin menjelaskan sedikit tutorial atau tips-tips singkat tentang cara menulis artikel yang baik dan cara mempostingnya di blog.


Menulis Artikel Blog


1. Judul Artikel


Ada orang yang mengatakan apalah arti sebuah judul (nama, red). Judul mempunyai arti yang sangat penting ketika ingin membuat sebuah artikel, buku, catatan harian, puisi, cerita pendek dan sebagainya. Judul akan mengekspresikan semua isi postingan secara sederhana, sehingga terkadang ketika orang membaca judul saja mereka sudah tahu gambaran umum sebuah tulisan.

Dalam memberikan judul untuk artikel blog lebih baik pendek saja jangan terlalu panjang. Judul yang dibuat harus sesuai dengan isi artikel nantinya. Selain itu judul harus sesuai dengan isi artikel, jangan sampai keluar dari pembahasan.

Haruskah judul artikel menggunakan kata-kata yang banyak dicari ? Menurut saya hal ini sangat penting. Menggunakan kata-kata yang banyak dicari memang sangat baik untuk SEO, jangan buat judul dengan kata-kata yang sedikit peminatnya. Pengalaman ini sudah saya rasakan di awal memabangun blog ini. Awalnya saya merasa bahwa judul blog terserah saya saja, tanpa mempedulikan kata kunci yang banyak dicari, hasilnya tidak banyak pengunjung yang datang di blog. Tetapi setelah saya buat artikel dengan judul yang mantap, ternyata ada sedikit perubahan yang terjadi.

2. Isi Artikel


Membuat artikel yang berkualitas itu tidak segampang copy paste artikel lalu dipublish. Blog yang hanya melakukan kegiatan ilegal yang tidak menghargai hak intelektual orang lain akan dianggap sebagai blog sampah, karena pemiliknya tidak memiliki sedikitpun nalar kreasi untuk membuat sesuatu hal yang baru.

Kalau ingin membuat artikel yang sama dengan artikel orang lain, maka lebih baik pelajari terlebih dahulu artikel tersebut dengan baik. Jika anda sudah menguasainya maka buatlah artikel yang maknanya sama tetapi dari segi tulisan berbeda. Selain itu kembangkan lagi artikel tersebut sehingga berbeda dan memiliki nilai lebih dibandingkan artikel rujukan pertama tadi. Jangan lupa isi artikel dengan sedikit memberi varian yang berbeda sehingga tambah menarik ketika dibaca oleh pengunjung.

Salah satu ciri artikel yang bagus adalah artikel yang dikembangkan dan dikreasikan sendiri tulisannya. Misalnya anda ingin membuat artikel tentang makanan, maka setidaknya anda sudah tahu bahan-bahan, bumbu dan cara memasak makanan tersebut.

Dalam menulis artikel hal yang perlu diperhatikan adalah kata-kata yang nanti digunakan. Lebih baik gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca, jangan terlalu banyak menggunakan kata-kata yang membingungkan pembaca. Kalau ada bahasa ilmiah atau bahasa daerah dalam artikel, usahakan untuk menjelaskannya.

3. Jumlah Karakter


Ada sebagian blogger merekomendasikan agar artikel blog memiliki lebih dari 600 karakter (2 halaman office word), ada sebagian merekomendasikan agar lebih dari 1000 karakter (3 halaman office word). Mungkin menurut saya hal itu ada benarnya juga, semakin banyak karakter yang ada di dalam artikel maka semakin baik untuk diindeks oleh google. Namun yang perlu diperhatikan bahwa karakter blog harus kata-kata yang berkualitas, bukan kata-kata asal-asalan saja.

Bagaimana jika karakter yang ada di dalam artikel kurang dari yang direkomendasikan oleh para master blogger ? Menurut saya tidak menjadi masalah, yang penting jangan sedikit sekali (kurang dari 300 karakter), pada intinya maksud dan tujuan dari postingan yang ditulis sudah disampaikan dan dapat dipahami isinya dengan baik.

Bagaimana cara mengecek karakter dalam artikel?. Caranya sangat mudah yaitu dengan menggunakan MS. Office Word. Alurnya seperti ini. Buka microsoft office word > Buat tulisan > Klik Tab Review > Klik menu Word Count.

Gambar atau Video Pendukung


Gambar atau video dalam postingan jangan dijadikan sebagai yang utama. Usahakan untuk meminimalisir gambar atau video perkaya kata-kata yang ada di dalam artikel. Gambar menurut saya jangan lebih dari tiga, kalaupun lebih maka itu khusus untuk blog tutorial agar mempermudah pembaca dalam memahami atau mengetahui apa yang dijelaskan.

Video dalam postingan lebih baik satu saja, karena blog bukan untuk menyebarkan video. Kalau ingin menyebar luaskan video lebih baik manfaatkan dan kelola youtube.

Internal Link dan External Link


Apa itu internal dan external link?. Bagi para suhu internal dan external link bukanlah suatu hal yang asing di telinga lagi, namun bagi pemula internal link dan external link menjadi salah satu tanda tanya.

Internal link adalah link yang diarahkan ke dalam blog anda sendiri, sedangkan external link adalah link yang diarahkan ke blog atau website lain. Nah ini mungkin pengertian singkat menurut saya.

Memanfaatkan internal link dan external link di dalam postingan blog tidak boleh sembarangan. Kedua link tersebut harus sesuai dengan tema postingan, jangan sampai postingnnya "A" link yang ditanam di dalam blog postingannya "J".  Menempatkannya juga pas pada kata-kata yang mirip dengan judul internal atau external link itu, sehingga orang bisa langsung mengklik.

Jumlah link yang di tanam di dalam postingan jangan terlalu banyak, cukup dua atau tiga saja, karena nanti akan menggangu pembaca, selain itu jelek juga untuk SEO. Cara menanamkan link di dalam postingan blog adalah sebagai berikut :

Buat judul link > blok judul tersebut > Klik Tombol "Link" > Masukkan Link yang dituju > Klik tombol Ok.

Menulis Langsung di Blog atau di Aplikasi Lain


"Duluan yang mana diciptakan ayam atau telur ? hehehehe, saya sedikit bercanda ni, bete juga menulis artikel panjang ini apalagi anda yang membacanya, jadi sedikit melucu dulu ya biar hati jadi adom alias adam".

Pertanyaannya bolekah kita menulis terlebih dahulu di aplikasi lain ataukah langsung di blog saja?. Keduanya bisa saja, jika anda ingin menghemat kuota internet, maka lebih baik buat artikel anda menggunakan aplikasi office word atau notepad terlebih dahulu. Jika anda menulis di office word maka, sebelum dimasukkan ke dalam blog terlebih dahulu copy dan paste-kan ke dalam notepad postingan anda, kemudian copy dari notepad lalu pastekan ke blog. Kira-kira begini alurnya; Artikel di Word> Notepad > Blog > Kelola > Publish.

Jika memilih antara mana yang paling baik, maka lebih baik menulis langsung di dalam blog, agar langsung bisa disimpan dan dikelola, dan satu lagi agar tidak terbaca sebagai artikel copy paste oleh blog.

Memanfaatkan Label


Apa itu label atau categori?. Mungkin bahasa keren sekarang bisa menjelaskan bahwa label itu tag/hashtag yang fungsinya untuk mengelompokkan postingan dan juga dimanfaatkan untuk membuat artikel terkait di postingan blog.

Selain untuk mengelompokkan postingan di blog, label mempunyai fungsi juga untuk meningkatkan SEO postingan. Misalnya saja label postingan tentang "makanan", maka ketika orang mencari artikel tentang makanan, postingan yang anda buat merupakan salah satu calon yang diperhitungkan untuk masuk ke halaman utama search engine.

Jadwal Posting


Anda orang yang sibuk? Jika ya maka mungkin anda harus memikirkan untuk membuat jadwal publikasi postingan blog.

Memanfaatkan fitur ini untuk anda yang tidak punya banyak waktu duduk di depan komputer namun ketika sekali duduk bisa membuat banyak artikel. Dari artikel-artikel yang anda tulis itu bisa anda jadwalkan waktu publikasinya agar blog terus update dan baik di mata google.

Tautan Permanen


Tautan permanen adalah url yang nantinya akan mengarahkan pembaca ke postingan blog. Tautan permanen ini juga salah satu cara untuk menanikkan SEO postingan, sehingga antara judul postingan dan tautan permanen harus sama. Tautan permanen biasanya dibuat secara otomatis oleh mesin blog, namun biasanya jika karakter melebihi maka tautan permanen akan terpotong.

Misalnya saja judul postingan ini adalah "7 Tips menulis dan memosting artikel di blog dengan baik agar SEO Friendly". Tautan permanen otomatisnya "http://www.kampungsahabat.com/2016/09/7-tips-menulis-dan-memosting-artikel-di.html",
Tautan permanen khusus seperti ini "http://www.kampungsahabat.com/2016/09/tips-menulis-dan-memosting-artikel-di-blog-dengan-baik-agar-seo-friendly.html".

Cara Memosting Artikel di Blog


Tips Menulis dan Memosting Artikel Agar SEO Friendly di Blog

Tips menulis dan memosting artikel di blog dengan baik agar SEO Friendly

  1. Caranya sebagai berikut yaitu pada dasbord blogger klik tab "Entri Baru" dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  2. Setelah masuk ke dalam entri baru, ketik judul pada kolom judul.
  3. Buat atau ketik artikel pada kolom postingan blog dengan mode "Compose", isi juga internal link dan external link (jika ada).
  4. Masukkan kode script HTML pada mode "HTML" (jika ada).
  5. Buat label sesuai dengan judul dan isi postingan.
  6. Buatlah tautan permanen dengan memilih mode khusus jika tautannya belum sesuai judul
  7. Pratinjau terlebih dahulu (jika diperlukan), kemudian Publikasikan.

Posting Komentar untuk "Tips Menulis dan Memosting Artikel Agar SEO Friendly di Blog"