Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Sukses Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

6 Tips Sukses Memulai Bisnis Online Untuk Pemula
Berbicara mengenai bisnis online berarti berbicara tentang berdagang tanpa bertemu secara langsung, hanya melalui dunia maya saja. Pasarnya juga berada dalam dunia maya, sehingga yang paling dibutuhkan dalam bisnis online ini adalah kepercayaan dan kejujuran. Jika dua hal tersebut sudah ada maka, dengan mudah anda akan memasarkan produk yang anda miliki.

Keuntungan dalam jual beli online saat ini adalah anda tidak perlu bersusah payah keluar dari rumah pergi ke pasar atau lokasi penjualan. Anda hanya butuh duduk di depan perangkat komputer atau smartphone saja. Namun untuk memulai bisnis seperti ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut:

1. Fokus


Dalam memulai usaha, fokus pada satu bisnis terlebih dahulu sehingga pikiran anda tidak terbagi. Dengan fokus pada satu bidang usaha saja berarti sudah memepermudah anda untuk melakukan penjualan. Pilihlah bidang yang mudah dan cepat mendatangkan keuntungan, yang paling terpenting dalam bisnis online adalah bisa mendatangkan keuntungan untuk dijadikan sebagai modal dalam mengembangkan usaha online.

2. Pilih Produk Sesuai dengan Kemampuan


Dalam berbisnis online tidak perlu dengan memilih hal yang bukan menjadi keahlian anda. Misalnya anda lebih ahli dalam hal kuliner, jadikan kuliner sebagai usaha online anda, atau menjadi publisher iklan adsense di blog jika anda seorang penulis. Jual beli online tidak perlu dengan menjual perangkat lunak, buku online (ebook) atau aplikasi, tetapi bisa dengan menjual produk makanan, pakaian, handphone, alat sekolah dan sebagainya.

3. Buat Lapak Online


Saat ini sudah banyak orang berjualan tanpa memiliki website, hanya dengan media sosial saja. Namun lebih baik buat lapak berupa situs online, seperti blog gratis atau yang menggunakan hosting sendiri. Dalam jual beli online kantor kita adalah media sosial atau situs blog/website tersebut. Semua proses jual beli melalui kantor tersebut, kecuali pengiriman barang yang membutuhkan jasa kurir.

4. Gunakan Jasa Kurir yang Cepat dan Terpercaya


Salah satu yang membuat pelanggan lari dalam bisnis online adala jasa kurir yang terkadang salah alamat, pengiriman barang yang lama, dan kekurangan-kekurangan lain yang membuat pelanggan menjadi marah. Dalam memilih jasa kurir gunakan yang sudah terbukti keefektifan dan efesiensinya.

5. Promosi


Lakukan promosi dengan memanfaatkan jasa promosi online, seperti AdsFacebook, Optimasi Seo, Google Adsense, atau lainnya yang dapat memperkenalkan produk anda kepada pelanggan.

6. Investasi


Jika usaha anda sudah berkembang dengan baik lakukan investasi dengan mengikuti program-program yang baik yang dapat mendatangkan keuntungan bagi usaha anda.

Posting Komentar untuk "6 Tips Sukses Memulai Bisnis Online Untuk Pemula"