Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips dalam mengembangkan bisnis kecil hingga menjadi besar

6 Tips dalam mengembangkan bisnis kecil sampai menjadi besar
Pertanyaan mendasar mengenai bisnis adalah "bagaimana cara mengembangkan usaha kecil hingga menjadi besar?".

Kita ketahui bahwa dalam berusaha yang paling sulit bagi seorang pengusaha adalah memulai atau merintis usaha dari nol hingga menjadi besar. Kalau pengusaha yang hanya melanjutkan usaha orang tua yang sudah besar itu sangat mudah, karena dia tidak perlu kerja keras untuk membuat usahanya menjadi besar. Yang dia lakukan adalah bekerja untuk memperthankan usahanya agar terus besar.

Upaya untuk memulai usaha dari bawah bagi seorang pengusaha itu sangatlah sulit, tapi disitulah letak keberkahan dan keindahan seorang pebisnis dalam berusaha usaha. Dalam tingkatan tertentu dalam usahanya, seorang pebisnis akan merasa puas dengan apa yang dia lakukan. Kebahagiaan yang tidak terkira akan dirasakannya jika sudah benar-benar sukses.

Nah untuk menuju kepada  kesuksesan usaha kecil menuju kepada usaha yang besar, maka harus ada strategi dan cara yang dilakukan. untuk itu ada beberapa tips yang dapat sahabat pengusaha terapkan dalam mengembangkan usaha.

Tips Mengembangkan Usaha/Bisnis

Tips mengembangkan usaha yang akan kita bahas pada postingan kali ini yaitu sebagai berikut:

1. Ketahui dan Gunakan Strategi Bisnis


Dalam berbisnis sudah pasti seorang pengusaha terlebih dahulu mengetahui strategi bisnis yang sesuai dengan usaha yang dikembangkan. Setelah strategi diketahui maka, gunakan strategi tersebut dalam mengembangkan usaha. Strategi ini berguna sebagai acuan dalam berbisnis, selain itu untuk mempermudah anda dalam memanajemen anggaran, mengambil keputusan untuk melakukan tindakan dan sebagainya.

2. Manajemen Anggaran Operasional


Dalam berbisnis seorang pebisnis wajib memperhatikan penggunaan anggaran, karena disinilah letak kesuksesan atau tidak suksesnya suatu bisni. Begitu pula dengan anda, gunakan anggaran sesuai dengan kebutuhan saja, jangan menghabiskan anggaran pada hal-hal sifatnya tidak terlalu penting. Dengan begini, maka anda akan menghemat biaya operasional.

3. Ketahui Harga Pasar


Seorang pebisnis yang abal-abal adalah seorang pebisnis yang kurang berbisnis tanpa mengenal pasar. Di pasar harga produk bisa naik atau turun, sehingga anda harus mengenal harga barang yang anda usahakan di pasar, agar memudahkan anda dalam menjual produk yang anda buat.

4. Ketahui Pesaing anda


Yang namanya persaingan itu dimana saja pasti ada, maka anda harus mengetahui siapa pesaing bisnis anda dan anda perlu memahami apa yang dia lakukan dalam mengembangkan bisnisnya. Dari sini maka, anda akan terpacu untuk melakukan inovasi baru terhadap produk yang anda miliki, bukan hanya prosuk yang itu-itu saja yang anda jual. Strategi ini juga dapat membuat anda untuk terus terpacu dan terus berusaha dalam mengembangkan usaha.

5. Lakukan Investasi


Ada dua hal dalam berinvestasi menurut pandangan Islam, yang pertama adalah investasi untuk mengembangkan usaha dan investasi untuk urusan akhirat. Jika bisnis sudah sukses maka, lakukan investasi sesuai dengan ketentuan syariah. Misalnya anda berinvestasi ke bank tanpa bunga tetapi dengan perjanjian bagi hasil, atau anda membuka anak perusahaan atau perusahaan star up atau cara lain yang dapat meningkatkan bisnis anda. Jangan lupa untuk melakukan kewajiban syariah jika usaha sudah menjadi sukses, seperti berbuat amal jariah.

6. Hadirkan Tuhan dalam Berbisnis


Tips yang keenam ini sangat sulit dilakukan oleh seorang pebisnis saat ini. Karena berbisnis denga cara menghadirkan Tuhan adalah berbisnis denga cara-cara yang lurus atau baik. Tidak bisa menggunakan cara-cara yang curang untuk mengembangkan bisnis yang anda lakukan. Dengan menghadirkan Tuhan sebenarnya akan lebih memotivasi anda untuk bekerja keras, karena dalam keyakikan bahwa Tuhan akan memberika rizki yang lebih baik jika kita mengikuti tuntunannya.

Posting Komentar untuk "6 Tips dalam mengembangkan bisnis kecil hingga menjadi besar"