Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Para Nabi dan Rasul Ulul Azmi beserta Mukjizatnya

Mengenal Nabi dan Rasul Ulul Azmi beserta Mukjizatnya
Kata ulul azmi secara etimologi dibagi menjadi dua bagian, kata ulu artinya mempunyai atau memiliki, sedangkan kata azmi artinya ketetapan hati, tekad, dan ketabahan. Sehingga ulul azmi artinya para rasul yang memiliki ketabahan hati yang sangat kuat dalam menjalankan tugas-tugas kerasulannya. Hal ini dijelaskan dalam al-Quran surat al-Ahqaf ayat 35 dan surat al-Ahzab ayat 7.

Mengenal Nabi dan Rasul Ulul Azmi beserta Mukjizatnya

Kedua ayat tersebut menjelaskan tentang kelebihan beberapa nabi dan rasul diantara nabi dan rosul lainnya. Kelebihan para rasul ini kemudian mereka disebut sebagai ulul azmi. Diantara nabi dan rosul yang mendapat gelar sebagai ulum azmi adalah, Nabi Nuh as., Nabi Ibrahim as., Nabi Musa as., Nabi Isa as., dan Nabi Muhammad saw.

A. Nabi Nuh as.

Nabi Nuh as. merupakan keturunan ke sepuluh dari Nabi Adam as. bapaknya bernama Lamak bin Matusyalih dan ibunya bernama Qainusy binti Rakil. Nabi Nuh as. diutus Allah swt untuk turun membimbing keturunan bani Syis dan Bani Qabil yang pada saat itu mengalami kerusakan moral yang sangat buruk. Beliau berdakwah pada umatnya mencapai 950 tahun, namun hanya beberapa orang saja yang mau menerima dakwahnya dan beriman terhadap apa yang beliau sampaikan.

Kelebihan

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh rosul ulul azmi pertama ini adalah:
  1. Nabi Nuh merupakan nabi yang pertama memiliki syariat agama
  2. Nabi Nuh merupakan nabi pertama yang memiliki tugas untuk berdakwah dan menyebarkan syariat Allah kepada manusia untuk menghindari kemusrikan.
  3. Nabu Nuh merupakan nabi pertama kali berdoa kepada Allah untuk menurunkan siksa kepada suatu kaum.

Sebab-sebab

Sebab-sebab nabi Nuh menjadi salah satu rasul ulul azmi adalah sebagai berikut:
  1. Kesabarannya dalam menghadapi ejekan-ejekan yang dilontarkan oleh kaumnya.
  2. Kesabarannya menerima dan menghadapi tantangan dari kaumnya.
  3. Kesabarannya dalam menghadapi anaknya sendiri yang pembangkang dan keras kepala.
  4. Kesabarannya pada saat doanya untuk menyelamatkan anaknya tidak dikabulkan oleh Allah swt.

Mukijizat

Selain mukjizat lainnya nabi Nuh as. memiliki mukjizat yang paling besar adalah kemampuannya dalam merancang dan membuat kapal (bahtera) pertama kali dan sangat besar dengan petunjuk Allah swt., serta datangnya banjir besar yang bermula dari tempat pembuatan roti.

Menurut riwayat dan catatan sejarah, Nabi Nuh as. beserta seluruh umatnya yang beriman dan barang bawaannya memulai perjalanan dengan menaiki perahu pada tanggal 10 rajab, kemudian setelah banjir besar selesai mereka terdampar di gunung arafat dekat mosul Iran pada tanggal 10 Muharram. Dalam dakwahnya nabi Nuh as. hanya memiliki pengikut sebanyak 80 orang sehingga desa yang mereka tempati ketika mendarat disebut sebagai Kampung Samanin.

B. Nabi Ibrahim as.

Nabi Ibrahim merupakan nabi yang dilahirkan di kota Babil (Babilonia, Irak) daerah kutsi yang termasuk wilayah kekuasaan raja namrud pada saat itu. Bapaknya merupakan salah satu pengrajin atau pembuat patung tuhan yang bernama Tarikh atau Azar bin Nakhur. Dibandingkan dengan nabi dan rosul yang lain, nabi Ibrahim as. merupakan seoseorang yang memiliki banyak kelebihan oleh sebab itu ia termasuk di dalamnya sebagai salah satu rosul ulul azmi.

Kelebihan

Beberapa kelebihan Nabi Ibrahim as. adalah sebagai berikut:
  1. Diakui sebagai bapaknya agam Tauhid.
  2. Nabi Ibrahim merupakan nabi yang pertama kali menegakkan tauhid dengan hujjah lisan.
  3. Nabi Ibrahim merupakan orang petama yang melakukan khitan.
  4. Nabi Ibrahim merupakan orang yang pertama menjamu tamu.
  5. Nabi Ibrahim merupakan orang yang pertama kali menggunakan sandal dan memakai celana.
  6. Nabi Ibrahim merupakan orang yang perkali bersiwak (sikat gigi), memotong kuku dan bersisir.
  7. Nabi Ibrahim merupakan pemimpin banyak hal di dalam kehidupan manusia.

Sebab-sebab

Nabi Ibrahim dimasukkan ke dalam golongan nabi dan rosul yang mendapatkan predikat ulul azmi karena beberapa alasan sebagai berikut:
  1. Ketabahannya dalam menghadapi ayahnya, rajanya, dan kaumnya yang selalu membantah ajakannya untuk beriman dan mengakui kebenaran agama.
  2. Ketabahannya dalam menghadapi hukuman dibakar oleh api
  3. Ketabahannya dalam menjalakan perintah untuk menyembelih Nabi Ismail as. anaknya sendiri.
Mukjizat

Diantara mukjizat-mukjizat nabi Ibrahim as. yang paling terkenal adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki kecerdasan yang laur biasa sejak lahir yang dapat membuat lawan-lawan debatnya terkagum-kagum saat berdebat tentang ketuhanan.
  2. Tidak dapat hangus dibakar api.

C. Nabi Musa as.

Nabi Musa as. merupakan nabi yang dilahirkan dalam kekuasaan raja firaun yang sangat angkuh dan menggap dirinya sebagai Tuhan. Ia diutus oleh Allah swt. untuk menaklukkan dan meredam kemurkaan Firaun, memberantas kemusyrikan, serta menjadi pembimbing bagi bai Israil. Bapaknya bernam Imran bin Yasar dan Ibunya bernama Yukabad.

Kelebihan

Sejak kecil nabi Musa as. menjadi anak angkat Firaun melalui kisah perjalanannya yang dihanyutkan untuk menghindari kegilaan firaun yang memerintahkan tentaranya membunuh semua anak yang baru lahir di mesir. Kelebihannya adalah ia rela meninggalkan semua kemewahan yang ada dalam kerajaan untuk melaksanakan tugas dakwahnya dalam menghancurkan kemungkaran, menegakkan keadilan, dan kebenaran.

Sebab-sebab

Diantara banyaknya alasan sehingga nabi Musa as. dimasukkan ke dalam golongan ulul azmi, alasan atau sebab yang paling unggul dan menonjil adalah:
  1. Ketabahan dan keberaniannya dalam mengahadapi firaun, seorang penguasa mesir yang zalim dan musyrik, sedangkan nabi Musa hanya bermodalkan keimanannya kepada Allah swt.
  2. Kesabarannya dalam membimbing dan menghadapi kaumnya (Bani Israil) yang paling terkenal dengan banyak bicara dan sulit diatur itu, padahal pada dasarnya nabi Musa merupakan seorang yang keras perangainya, namun demi tugas yang diembannya maka ia berusaha untuk mengendalikan diri dengan sebaik-baiknya.

Mukjizat

Mukjizat Nabi Musa as yang paling terkenal dan paling populer hingga saat ini adalah terletak pada tongkat dan tangannya. Tongkatnya dapat mencari sumber mata air dengan memukulnya di atas batu atau tanah, tongkatnya dapat membelah lautan menjadi jalan, dan tangannya dapat bersinar hingga menyilaukan pandangan mata. 

D. Nabi Isa as.

Nabi Isa as. merupakan salah satu rasul yang diutus di tengah-tengah kaum bani Israil yang saat itu sudah menyimpang dari ketentuan dan hukum Taurat. Ia lahir tanpa seorang ayah yaitu tanpa hubungan sumi istri layaknya manusia normal biasanya. Ibunya bernama Maryam binti Imran.

Kelebihan

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Nabi Isa as. adalah bahwa kelahirannya tidak melalui proses persetubuhan antara laik-laki dan perempuan layaknya kelahiran manusia biasa, sehingga ia bergelar Ruhul Qudus (manusia luar biasa yang sangat suci). Selain itu ia juga diberikan kitab Injil oleh Allah secara langsung dan diajarkan kepadanya tentang seluruh isi kitab taurat.

Sebab-sebab

Diantara banyaknya alasan sehingga nabi Isa as. dimasukkan sebagai golongan ulul azmi, yang paling terkenal ada dua alasan, yaitu ketabahan dan kesabarannya dalam menghadapi penghinaan dan caci maki kaumnya, baik itu yang ditunjukan kepada ibunya atau dirinya sendiri, dimana ia dikatan sebagai anak hasil hubungan di luar nikah. Ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi kaumnya (kaum Yahudi) yang selalu mengejar dan ingin membunuh dirinya, namun dengan ketabahan yang beliau miliki membuat dirinya terus berdakwah menyebarkan risalah Allah.

Mukjizat

Mukjizat nabi Isa as. yang paling terkenal diantara mukjizatnya yang lain adalah, bahwa nabi Isa as. dapat menciptakan burung dari tanah liat hingga benar-benar hidup. Beliau dapat menyembuhkan sakit buta bawaan dari lahir dan juga dapat menyembuhkan sakit lepra. Menghidupkan orang mati dan dapat menjelaskan makanan yang dimakan atau disimpan di rumah kaumnya.

E. Nabi Muhammad saw.

Rosul ulul azmi yang terakhir adalah Nabi Muhammad saw. yang diutus ditengah-tengah kaum yang berbudaya raltif maju namun berpikiran dan berjiwa jahiliyah. Bapak Rosulullah bernama Abdullah bin Abdul Mutalib, ibunya bernama Aminah binti Wahab. Kedua orang tua nabi Muhammad saw berasal dari suku Quraisy.

Kelebihan

Jika kita kaji secara mendalam banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh nabi Muhammad saw. diantaranya yaitu beliau merupakan penghulu para rasul, nabi terakhir yang diturunkan Allah swt. bagi manusia. Risalahnya ditujukan sepada seluruh alam dan rahmat bagi seluruh alam. Nabi Muhammad saw. merupakan sosok yang demokrasi yang pantas dicontoh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan seluruh dunia. Beliau memiliki akhlak yang sangat mulia, perilakunya bagaikan al-Quran yang berjalan, dan layak untuk dijadikan sebagai suri teladan bagi seluruh manusia.

Sebab-sebab

Rosulullah dimasukkan ke dalam golongan ulul azmi karena begitu besar jiwanya dan kesabarannya dalam menghadapi hinaan, ejekan, dan siksaan yang dilakukan oleh kaum Quraisy. Beliau begitu bersungguh-sungguh dalam mengemban tugas kerasulannya. Beliau pernah dipukul oleh pamannya sendiri Abu Jahal hingga tidak dapat berdiri, pernah dilempar dengan batu oleh orang-orang Thaif sampai tanggal giginya. Dikepung hingga dikerjar-kejar sampai beliau bersama Abu Bakar As-Shidiq sahabatnya bersembunyi di dalam Gua Tsur. Beliau tidak berhijrah satu kali, belum lagi beliua harus menghadapai orang-orang muanfik, berperang melawan kaum musyrik dan kafir.

Begitu banyak cobaan yang dihadapi Rasulullah, namun beliau tetap tabah dan berdakwah mengislamkan dan menyatukan seluruh bangsa arab. Kemudian mengangkat mereka dari lembah kehinaan ke atas kehidupan yang terhormat yang diridhoi oleh Allah swt. baik itu di dunia maupun di akhirat kelak.

Mukjizat

Diantara semua mukjizat yang dimiliki oleh Rasulullah, mukjizat yang paling besar dan paling terkenal hingga saat ini adalah kitab al-Quran al-Karim yang memimiliki keindahan bahasa, bobot isi kandungan, serta terjamin keasliannya oleh Allah swt.

Al-Quran menjadi mukjizat selain karena yang telah disebutkan di atas, seluruh yang ada di dalam al-Quran telah menjadi pengetahuan baik itu, hurufnya, harakatnya, makhrojnya, tajwidnya, cara membacanya, dan juga isi kandungan yang erat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Al-Quran merupakan kitab yang mudah dihafal oleh ribuan orang di setiap negara, hal ini oleh Allah agar al-Quran tidak dapat diubah-ubah keasliannya, salah satu huruf atau harakatnya saja sudah dapat diketahui oleh mereka yang benar-benar mengahafalnya.

Mukjizat lain yang dimiliki oleh nabi Muhammad saw. adalah jari-jari beliau dapat memancarkan air dari sela-sela jarinya.

Sekilas Info

Allah swt mengutus nabi Muhammad sebagai nabi dan rosul terakhir atau penutup para nabi (Khataman nabiyyin), sebagaimana firman Allah swt. dalam al-Quran surat al-Ahzab ayat 40.

Ajaran Nabi Muhammad merupakan kelanjutan dan sebagai penyempurna bagi ajaran-ajaran yang pernah diajarkan oleh nabi-nabi sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Mengenal Para Nabi dan Rasul Ulul Azmi beserta Mukjizatnya"