Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak
Tanggung jawab orang tua terhadap tumbuh kembang anak merupakan salah satu kewajiban orang tua terhadap anak. Anak mempunyai hak untuk mendapatkan perhatian dari orang tua, kasih sayang dan pendidikan yang baik dapat menjadikan anak sebagai pribadi yang matang dalam menjalani kehidupan.

Orang tua adalah pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya, karena dari orang tualah anak pertama menerima pendidikan. Dengan demikian pendidikan pertama berasal dari lingkungan keluarga.

Orang tua, baik ayah dan ibu memiliki peranan penting dan berpengaruh terhadap pendidikan anak-anaknya. Sejak anak lahir, ibulah yang selalu mendampinginya. Olehnya itu sifat dan perilaku seorang ibu selalu menjadi suri teladan bagi anak-anaknya. Mereka lebih banyak meniru perangai seorang ibu dibandingkan dengan seorang ayah jika ibu menjalankan tugasnya dengan baik. Ibu merupakan orang yang pertama dikenal anak, yang pertama menjadi temannya dan yang pertama mempercayainya, kecuali jika ia ditinggalkan. Dengan memahami segala yang ada pada hati anaknya dan jika anak telah mulai agak besar, disertai kasih sayang, ibu dapat mengambil hati anaknya untuk selamanya.

Pengaruh ayah terhadap tumbuh kembang anaknya besar juga. Di mata anak, ayah merupakan orang yang memiliki gengsi yang tinggi dan memiliki kecerdasan melibihi orang-orang yang dikenalnya. Cara ayah melakukan pekerjaann sehari-harinyanya berpengaruh terhadap pekerjaan anaknya. Ayah adalah penolong utama, terlebih bagi anak yang sudah tumbuh besar, baik itu laki-laki maupun perempuan, jiak ayah mau mendekati dan dapat memahami hati sang anak.

Pada dasarnya apa yang dikemukan di atas berada dalam kehidupan keluarga atau rumah tangga dengan berbagai keadaannya. Hal ini menujukkan rasa tanggung jawab orang tua terhadap kehidupan anak-anak mereka pada saat ini dan masa depan mereka. Bahkan orang tua pada umumnya merasa bertanggung jawab ata segal sesuatu atas kelangsungan hidup anak-anak mereka

Karena itulah tidak diragukan lagi tanggung jawab pendidikan secara mendasar berada pada orang tua, baik diakui secara sadar atau tidak hal ini sudah menjadi fitrah yang sudah dikodratkan Tuhan untuk dibebankan kepada orang tua. Tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak sangatlah penting bahkan sudah berlangsung sejak anak masih berada dalam kandungan hingga ia tumbuh menjadi manusia yang mampu mengembangkan dirinya. Tanggung jawab orang tua terhadap tumbuh kembang anak terdiri dari beberapa aspek yaitu, aspek moral, aspek intelektual, dan aspek sosial.

A. Tanggung Jawab Moral

Sebagai orang tua tanggung jawab moral merupakan tanggung jawab pendidikan yang erat hubungannya dengan persoalan budi pekerti dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tanggung jawab ini adalah landasan utam untuk membentuk kepribadian masa depan anak.

Agar orang tua dapat melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik, maka perlu untuk mereka memiliki sikap yang tekun, ulet, sabar dan hati-hati dalam mengarahkan putra-putrinya, karena pada dasarnya anak merupakan individu yang memiliki gejolak yang tinggi, bersifat dinamis yang selalu berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya. Agar anak dapat tumbuh memiliki perilaku dan kepribadian yang baik maka orang tua hendaknya melakukan hal-hal sebagai berikut:
  1. Orang tua memberi suri tauladan yang baik dan benar, karena anak suka meniru, terlebih dari contoh yang diberikan orang tuanya.
  2. Orang tua mampu mengontrol lingkungan bergaul anaknya
  3. Dapat mengatasi bahan bacaan anak, apakah bahan bacaan tersebut layak dikonsumsi oleh pemikiran anaknya atau tidak.
  4. Orang tua tidak boleh memberikan tayangan berupa film atau gambar kepada anak-anaknya yang bersifat jelek bagi perkembangan otak anak.

B. Tanggung Jawab Intelektual

Kewajiban semua umat manusia adalah menuntut ilmu, bahkan hal ini dijelaskan dalam salah satu hadist rosulullah bahwa menuntut ilmu itu merupakan kewajiban bagi seluruh umat islam, baik itu laki-laki maupun perempuan. Dengan ilmu seseorang akan memiliki kelebihan dan derajat yang tinggi melebihi orang-orang yang tidak berilmu.

Agar anak memiliki ilmu dan moral yang baik sudah selayaknya dia dibiasakan dengan hal-hal yang baik dan diberi tugas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Pada dasarnya pendidikan anak di masa kecil akan menuntut sikap dan perilakunya di masa yang akan datang, hal tersebut disebabkan karena pada saat masih kecil pikiran anak masih jernih, ingatannya sangat kuat dan semangat belajar yang dia miliki sangat tinggi. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa anak itu lebih berkembang sejak masih usia dini, olehnya itu pendidikan sudah sepaptutnya dilaksanakan sejak dini, agar pendidikan dapat berhasil sesuai dengan harapan.

C. Memberikan dasar Pendidikan Sosial

Tempat yang paling penting dalam peletakan dasar-dasar pendidikan sosial anak adalah kehidupan keluarga. Karena pada dasarnya keluarga merupakan lingkungan sosial yang terdiri atas ayah, ibu dan anak.

Pendidikan sosial sebaiknya diberikan sejak dini kepada anak agar mereka terbiasa dengan tatakrama dan kebiasaan-kebiasaan sosial masyarakat. Selain itu agama juga mengajarkan tentang kehidupan sosial yang menjadi tanggung jawab orang tua untuk diajarkan kepada anaknya. Tanggung jawab sosial ini erat kaitannya dengan usaha memberi bekal kepada anak dalam menjalani segi sosial yang baik dengan dasar-dasar psikir yang mulia.

Sudah menjadi kodratnya bahwa manusia itu berfungsi sebagai mahluk individu yang selalu mementingkan dirinya sendiri, selain itu juga sebagai mahluk sosial ia berkewajiban untuk selalu memperhatikan dan menghormati hak-hak orang lain berdasarkan rasa kemanusiaan dan persmaan hak.

Posting Komentar untuk "Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Tumbuh Kembang Anak"