Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Yang Benar Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa

Tips Yang Benar Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa
Sebagai seorang mahasiswa sudah seharusnya anda harus bisa mengelola keuangan pribadi dengan benar, hal yang penting seperti ini terkadang jarang sekali diperhatikan oleh para mahasiswa dalam mengatur uang bulanan untuk kebutuhan hidup mereka. Memahami cara mengelola keuangan dengan baik dan benar adalah sesuatu yang harus anda terapkan dari sekarang agar kondisi finansial anda kedepannya jauh lebih baik lagi. Kita tahu bahwa seorang mahasiswa sendiri merupakan sekelompok pelajar yang dipersiapkan untuk menjadi penerus bangsa Indonesia dengan pola pikir yang jauh lebih maju, kreatif, berdaya guna tinggi serta mampu mengatur kondisi finansial mereka secara pribadi.

Salah satu cara mahasiswa yang bisa dikatakan cerdas dalam segala hal adalah mereka yang bisa mengatur kondisi finansial dengan cara yang baik, terlebih lagi untuk uang bulanan yang bisa dikatakan merupakan dana penting untuk kehidupan mereka selama kuliah. Sampai saat ini masih banyak mahasiswa yang bergantung kepada orang tua untuk uang bulanan, berbeda dengan anda mahasiswa sambil bekerja pasti lebih paham tentang mengatur kuangan selama 1 bulan. Menghindari hal-hal yang membuat keadaan finansial anda semakin menipis adalah hal yang perlu di lakukan mulai sekarang juga. Ada banyak sekali cara dalam mengelola kuangan khusus untuk mahasiswa, berikut ini kami berikan setidaknya beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam kehidupan anda sebagai seorang mahasiswa baru maupun mahasiswa yang sudah lama berkuliah. Adapun hal penting yang kami berikan ini setidaknya bisa dipakai sebagai gambaran untuk anda mahasiswa agar lebih pandai mengatur atau mengelola keuangan sejak dini.

Tips Mengelola Keuangan Bagi Mahasiswa Dengan Strategi Yang Benar dan Tepat


Salah satu strategi yang banyak diterapkan oleh mahasiswa yang masih bergantung dengan orang tua mereka adalah mencoba menekan pengeluaran sebesar mungkin atau kata lainnya adalah "berhemat", walaupun kata ini memiliki makna yang dalam, tidak jarang banyak mahasiswa yang melalaikannya.

Mencoba berinvestasi

Salah satu cara terbaik yang bisa anda mulai sejak sekarang agar kondisi keuangan anda sebagai seorang mahasiswa mengelami perubahan yang lebih baik, mungkin tidak ada salahnya kalau mencoba untuk berinvestasi. Investasi disini ada banyak sekali macamnya, mulai dari investasi di ukm-ukm dekat kampus anda ataupun yang biasa dilakukan oleh para pebisnis di luar sana yaitu investasi pasar uang, tidak ada salahnya anda menyisihkan 10% uang bulanan untuk di investasikan. Kami sendiri saat ini lebih suka menyimpan dana di koperasi karena keuntungan yang diberikan sedikitnya lebih besar dibandingkan menyimpan atau menabung di bank. Dengan cara menginvestasikan 10% uang saku anda setiap bulannya, maka kami yakin kondisi finansial anda sebagai seorang mahasiswa kedepannya jauh lebih baik lagi. Terlebih jika kebiasaan seperti ini setiap harinya bisa dilakukan.

Memisah setiap anggaran

Strategi penting dalam mengelola keuangan adalah mampu mengatur anggaran untuk setiap keperluan, sebagai contoh kalau saat ini anda tinggal di kontrakan maupun kosan tentu ada biaya-biaya lain yang wajib di bayar setap bulannya mulai dari listrik, pdam, tagihan internet dan iuran untuk kebersihkan. Nah disinilah anda harus bisa memisah setiap kali menerima uang saku dari orang tua untuk semua anggaran yang ada, sehingga di akhir bulan anda tidak merasa kebingungan lagi. Banyak dari mahasiswa yang tidak suka dengan sistem seperti ini, menurut mereka hal seperti ini terbilang cukup ribet karena belum waktunya membayar harus disisihkan. Padahal kalau dalam kehidupan rumah tangga, hal seperti ini begitu penting agar kondisi finansial lebih baik lagi.

Atur budget pengeluaran

Tips ketiga dari kami untuk anda yang ingin mengatur keuangan dengan baik adalah mampu meminimalisir pengeluaran yang sama sekali tidak perlu di danai. Contoh ada tugas dari dosen, mungkin ada baiknya kalau anda bekerja di kosan ataupun bersama dengan teman di tempat yang tidak memakan dana seperti (cafe), dana yang seharusnya buat beli kopi di café dengan harga 50.000 bisa anda pakai untuk keperluan lain seperti beli kuota untuk tugas, atau bayar listrik dan lain sebagainya. Intinya minimalisir pengeluaran sebaik mungkin agar keuangan anda di satu bulan penuh bisa terjaga dengan baik. Lakukan hal ini terus menerus untuk menjadi mahasiswa yang lebih cerdas dalam mengelola keuangan.

Sisikan untuk tabungan

Menabung bukan lagi hal yang aneh untuk kita dengar, walaupun saat ini kata “ menabung “ hanya dipandang oleh sebalah mata khususnya untuk mereka yang sudah pandai di bidang investasi. Namun bagi anda sebagai seorang mahasiswa yang tidak punya kapasitas dalam berinvestasi, alangkah baiknya jika menyisihkan 10 – 20% uang anda untuk ditabung. Dana tabungan ini bisa anda pakai jika ada kebutuhan yang mendadak, sehingga tidak merepotkan kedua orang tua lagi. Terlebih sebagai mahasiswa tingkat akhir, ada banyak sekali pengeluaran yang membutuhkan uang seperti halnya kkn, skripsi dan lain-lainnya.

Cari sambilan

Tips terkahir dari kami untuk anda sebagai seorang mahasiswa yang ingin mengelola keuangan dengan baik, tdak ada salahnya kalau anda mencari pekerjaan sampingan yang bisa memberikan pemasukan tambahan. Ada banyak mahasiswa yang sudah melakukan hal seperti ini, pekerjaan sampingan bagi mahasiswa itu cukup banyak mulai dari jualan pulsa, membuka pembayaran tagihan dll, menjadi freelancer dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah sekian informasi yang dapat kami berikan kepada anda sebagai seorang mahasiswa yang ingin mengatur keuangan bulanan jauh lebih baik lagi. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda semuanya.

Posting Komentar untuk "Tips Yang Benar Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa"