Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menabung Yang Tepat Untuk Anak SMA

Tips Menabung Yang Tepat Untuk Anak SMA
Menabung merupakan hal penting yang harus anda lakukan,terlebih lagi bagi anda yang saat ini duduk di bangku SMA. Menabung sejak dini bisa membuat hidup anada lebih terasa mudah, pasalnya anda sudah belajar sejak dini mengatur pola hidup atau keuangan anda. Saat anda duduk di bangku SMA alangkah baiknya apabila anda sudah memiliki taabungan yangbisa  menunjang biaya perkuliahan anda, sebab sekarang ini ijazah SMA tidak terlalu bisa menjamin kehidupan atau masaa depan seseorang ketika ingin terjun di dunia pekerjaan.

Menabung bukanlah hal yang sulit untuk bisa anda lakukan, apalagi jika setiap harinya anda mendapatkan uang saku atau uang jajan dari orang tua anda. Sebisa mungkin sisihkanlah uang jajan tersebut dengan jumlah tertentu yang bisa anda gunakan untuk menabung, jika memang menabung untuk biaya kuliah terlalu sulit untuk anda lakukan setidaknya anda isa menabung untuk anda gunakan membeli paket kuota imternet atau keperluan sekolah yang lainnya. dengan begitu nantinya anda akan terbiasa mekukan pola hidup sehat dan baik untuk masa depananda. Tidak selamanya orang tua bertanggung jawab atas semua keinginan anak-anaknya, sehaurusnya anda sudah mulai berpikir sejak dini mengatur pola keuangan anda agar tidak terlalu bergantung dengan orang tua.

Meskipun menabung bagi anak seusia anda atau seusia anak SMA itu sedikit sulit untuk di lakukan, namun tidak ada salahnya bila anda mencobanya terlebih dahulu. Sudah pasti ketika anada belum mencoba melakukan hal tersebut, anda tidak akan tahu seberapa besar tingkat kesulitan itu. Jika anda sudah terbiasa menabung semakin lama maka akan semakin terasa ringan dan mudah untu di lakukan, jadi sebaiknya sebelum anda mencoba jangan katakana bahwa menabung di kalangan anak SMA itu mustahil ataupun sulit. Nah agar anda semakin yakin untuk mencoba hal baik ini anda bisa menyimak beberapa ulasan yang ada di bawah ini:

Sisihkan jumlah tertentu yang akan di tabung


Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah dengan menentukan jumlah uang yang akan anda tabung. Jika anda masih pemula atau masih baru mau memulai maka anda bisa menyisihkan uang mulai dari jumlah yang kecil terlebih dahulu, kemudian setelah anda terbiasa anda bisa menambah jumlahnya, jadi lakukanlah secara berangsur jangan sampai menabung ini anda jadikan sebuah beban karena anda menggunakan semua uang jajan anda untuk di tabung. Kecuali bila anda memang sudah memiliki tekad yang bulat dan tidak memikirkan resiko ketika anda menggunakan uang jajan semuanya untuk ditabung.

Simpanlah tabungan anda di tempat yang aman


Tempat yang aman memang menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi keberhasilan anda saat menabung. Saat anda duduk di bangku SMA biasanya pihak sekolah menyediakan fasilitas BANK sekolah yang fungsinya adalah untuk memudahkan para murid ketika ingin menabung, nah anda bisa memanfaatkan hal tersebut agar tabungan anda lebih aman dan tidak bisa anda otak atik. Tetapi jika anda ingin menabung sendiri di rumah anda bisa menggunakan bebrapa cara salah staunya dengan mencari tempat atau wadah yang bisa anda gunakan untuk menyimpan uang, usahakan agar warnanya tidak transparan dan di simpan di tempat yang menurut anda paling aman. Alasan tidak boleh menggunakan wadah transparan adalah agar anda tidak bisa melihat jumlah uang yang anda tabung, karena jika anda melihatnya akan selalu muncul rasa ingin tahu dan tergoda untuk mengambil uang tersebut.  Beda halnya ketika anda menyimpannya di tempat atau wadah yang gelap, anda tidak bisa melihaat jumlah uang yang anda tabung dan akan selalu muncul rasa penasaran setiap kali anda memasukkan atau menyimpan uang anda dengan begitu sudah pasti anda akan selalu bersemangat menabung hingga tabungan itu penuh.

Memiliki target yang pasti


Saat emnabung anda juga perlu memiliki target yang pasti supaya anda selalu termotivasi ektika anda ingin menyimpan uang anda. Jika anda memiliki target atau goals yang jelas maka sebisa mungkin anda usahakan agar impian anda itu terwujud. Misalnya anda menabung untuk biaya masuk kuliah, nah tulislah goals tersebut di sebuah kertas yang besar dan temple di dekat tempat tidur anda agar setiap kali anda masuk kamar dan setiap kali anda bangun anda selalu melihat tulisan itu dengan begitu anda akan lebih bersemangat lagi untuk menabung guna memenuhi keinginan yang anda miliki

Lebih bijak dalam menggunakan uang jajan


Anak SMA tentu sangat sulit sekali mengontrol diri sendiri karena emosinya belum stabil, nah hal ini sering kali terjadi ketika sedang berbelanja ataupun saat membeli jajan dikantin sekolah. saat berada di sebuah kantin memang sudah pasti anda akan tergoda dengan berbagai jenis atau makanan baru yang belum anda coba, nah ini merupakan salah satu godaan terbesar bagi seorang pelajar yang ingin menabung. jadi sebaiknya anda hiraukan apabila hal itu tidak terlalu anda butuhkan, sebab saat menabung anda harus belajar menggunakan uang anda dengan lebih bijak agar anda tidak gagal dalam menjalankan misi menabung itu. Usahakan membawa bekal ke sekolah Jika anda ingin lebih menghemat uang jajan anda, pasalnya membawa bekal drai rumah juga lebih sehat dan sudah terjamin kualitas gizi yang anda konsumsi. Cobalah lakukan hal ini, jangan malu ketika ada seorang teman yang mengatakan anda anak mama ketika anda membawa bekal ke sekolah, sebab hal itu justru akan membuat mental anda down.

Posting Komentar untuk "Tips Menabung Yang Tepat Untuk Anak SMA"