Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cegah Pilek Dengan Rajin Cuci Tangan

Cegah Pilek Dengan Rajin Cuci Tangan
Serangan virus plus hujan yang telah turun akhir-akhir ini dan pertahanan tubuh yang rendah dapat membuat Anda terkena berbagai penyakit, salah satunya adalah flu.

Beberapa virus yang menyebabkan pilek dapat hidup di permukaan benda selama berjam-jam dan mencuci tangan secara teratur adalah salah satu strategi terbaik agar virus ini tidak masuk ke tubuh Anda.

Tidak hanya pilek, Ketua Yayasan Influenza Indonesia (IIF), dokter Cissy B. Kartasasmita dalam suatu acara menekankan kebiasaan mencuci tangan juga merupakan salah satu langkah untuk mencegah influenza akibat virus influenza.

Selain itu, seperti dilaporkan oleh WebMD, dan bahkan jika Anda sudah terserang flu dan influenza, mencuci tangan dan membersihkan permukaan kuman akan mencegah penyebaran kuman ke orang lain.

Sebuah program “Operation Stop Cough: di pusat komando pelatihan rekrutmen militer di Illinois, Amerika pernah merekrut orang dan meminta mereka untuk mencuci tangan setidaknya lima kali sehari.

Setelah dua tahun, laporan menunjukkan, 45 persen lebih sedikit kasus terkait penyakit pernapasan daripada sebelum program dimulai.

Lalu bagaimana cara mencuci tangan dengan benar?

Cara terbaik untuk mencuci tangan: Pertama, basahi tangan Anda dengan air. Kemudian gunakan sabun.

Dokter Anak, dr. Kanya Fidzuno, Sp.A pernah berkata Anda tidak perlu menggunakan sabun khusus. Tapi ingat prinsip mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun sebelum makan, setelah makan dan setelah menggunakan toilet.

Ingatlah untuk menggosok semua bagian dari kedua tangan selama 20 detik. Pastikan untuk menggosok pergelangan tangan, di antara jari-jari, dan di bawah kuku. Ketika Anda punya waktu, gunakan sikat kuku, karena kuman sering bersembunyi di bawah kuku.

Kemudian, bilas tangan Anda secara menyeluruh dan keringkan dengan handuk, tisu bersih atau pengering udara.

Jika Anda berada di toilet umum, matikan keran dengan kertas toilet dan coba dorong pintu terbuka dengan bahu Anda, atau gunakan kertas toilet atau kertas untuk memutar kenop pintu.

Posting Komentar untuk "Cegah Pilek Dengan Rajin Cuci Tangan"