Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengelola Keuangan Keluarga

Cara Mengelola Keuangan Keluarga
Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tentunya selalu dihadapkan dengan berbagai kebutuhan, baik itu kebutuhan besar maupun kecil sudah pasti semuanya membutuhkan anggaran. Sehingga banyak orrang yang terkadang juga mengeluh apabila kebutuhan hidupnya meningkat, sedangkan pemasukan yang ia dapatkan tidak sebanding dengan apa yang mereka butuhkan. Apalagi bila seseorang yang telah menikah atau berkeluarga, sudah pasti kebutuhan sehari-hari akan meningkat sebanyak 2 kali lipat hingga 4 kali lipat. Saat seseorang memutuskan untuk menikah dan hidup berkeluarga tentunya mereka sudah siap menerima segala resiko yag akan terjadi, seperti contihnya adalah meningkatnya kebutuhan hidup sehari-hari, jadi sebaiknya jika anda belum memiliki pekerjaan dan penghasilan sendiri lebih baik anda berpikir ulang, jangan terlalu buru-buru memutuskan untuk menikah daripada anda gagal dalam berkeluarga krenaa anda tidak bisa memnuhi kebutuhan hidup keluarga anda.

Setiap orang memiliki kebutuhan hidup masing-masing, begitu juga dengan setipa keluarga, tidak semua keluarga yang hidupnya enak itu merasa bahagia, bisa saja keluarga tersebut merasakan kesulitan yang sama dengan anda yaitu sulit dalam mengelola keuangan keluarganya. Keluarga yang berkelimpahan harta juga belum tentu bahagia, mungkin saja ada kesulitan-kesullitan tersendiri yang tidak diketahui oleh orang lain misalnya seperti ketidak harmonisan hubungan keluarga akibat saling disibukkan dengan dunia pekerjaan sehingga mereka gagal memahami satu sama lain.

Semua orang yang ada di dunia ini akan merasakan hal yang sama yaitu membutuhkan uang atau anggaran dalam segala kondisi, apalagi jika selama hidupnya seseorang tersebut tidak pernah menyisihkan penghasilan mereka tentu akan tiba masanya dimana orang tersebut benar-benar menyesal karena sebelumnya tidak mengelola keungannya dengan baik. Nah agar anda tidak merasakan penyesalan yang sama dengan orang-orang yang ada di luar sana maka sebaiknya anda melakukan hal ini agar anda juga bisa membuat keluarga anda selalu damain dan tentram.

Memisahkan uang bulanan untuk istri


Jika anda sudah memiliki gaji tetap, maka anda harus lebih hati-hati dalam mengelola keungan. Anda harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan, sebaiknya anda sudah mulai bijak dalam mengelola keungan keluarga agar keluarga anda juga bisa menjalani hidup yang enak. Mengattur atau mengelola keuangan dalam keluarga memang terbilang sulit agak sulit sebab tidak jarang seorang suami istri sering ribut hanya karena masalah uang. Sebagai seorang suami anda harus bisa membuat istri anda merasa segan kepada anda, oleh sebab itu anda harus bisa memberikan contoh yang baik untuk istri anda dengan contoh tidak melakukan hal-hal yang tidak terlalu berguna bagi kehidupan keluarga anda , misalnya dengan membeli barang-barang yang tidak teralu di butuhkan, dengan begitu pastinya istri anda juga akan mengikuti hal yang sama dimana ia tidak akan membeli barang-barang yang tidak terlalu penting. Jika anda sudah bisa memberikan contoh yang baik untuk istri anda maka anda akan leboh mudah dalam mengelola keungan keluarga. Saat anda bekerja selama satu bulan full dan bisa menerima gaji, maka disitu anda harus memulai untuk mengatur keuangan anda, pertama anda harus memisahkan antara gaji bulanan dengan uang kebutuhan belanja bulanan. Misalnya anda menerima gaji sekitar 2 juta maka sisihkanlah 1 juta untuk anda berikan kepada istri anda, agar ia bisa mengelola uang tersebut hingga bisa memenuhi kebutuhan hidup selama satu bulan. Kemudian sisa dari uang gaji anda bisa anda tabung untuk keperluan jangka panjang misalnya seperti kebutuhan sekolah anda ataupun hal-hal yang lainnya. jangan sampai keuangan anda berantakan hanya karena anda tidak bisa mengelolanya dengan baik, sebab keunagan yang berantakan juga bisa berdampak kepada hubungan keluarga yang tidak harmonis.

Biasakan hidup hemat


Ajarilah anak dan istri anda untuk selalu hidp hemat, pola hidup hemat ini memang terbilang agak sulit, karena banyak orang yang gagal ketika melakukannya. Orang-orang yang gagal dalam menjalankan pola hidup hemat ini biasanya mereka sulit dalam mengontrol emosi diri, dimana mereka terlalu memntingkan ego dan menuruti segala hawa nafsu ingin memiliki ini dan itu yang berujung pada keuangan keluarga yang tidak sehat. Sehingga antara suami, istri dan anaka akan selalu berseteru dan tidak akan harmonis. Menjalankan pola hidup hemat ini juga bisa memudahkan anda dalam memenuhi segala kebutuhan keluarga misalnya sepeti asuransi kesehatan, asuransi rumah dan juga hal lain sebagainya, yang bisa menunjang perekonomian keluarga anda. Hal ini bisa terjadi karena anda tidak terlalu mementingkan hawa nafsu sehingga anda bisa mengelola keuangan keluarga anda dengan hati-hati.

Kalkulasi seluruh pendapatan dan pengeluaran


Setiap akhir bulan anda bisa mengajak istr anda untuk melakukan evaluasi keugan keluarga, anjurkan kepada istri anda untuk menuliskan segala pendapatan dan pengeluaran keluarga selama satu bulan ini. jadi dengan begitu nantinya juga akan membuat keungan dalam keluarga anda lebih transparan dan tidak saling menutupi. Selain itu dengan mengkalkulasi semua pendapatan dan pengeluaran anda bisa memperbaiki keungan anda di bulan berikutnya, dimana anda bisa mengurangi segala pengeluaran yang tidak terlalu anda butuhkan di keluarga agar pengeluaran di bulan berikutnya menjadi lebih sedikit, bahkan dengan adanya catatan atau perhitungan yang pasti anda bisa menyisihkan uang bulanan anda untuk ditabung. Pendapatan yang anda dapatkan pun juga harus dicatat setiap harinya agar tidak ada dana yang selip dan perhitungan keuangan anda jadi lebih detail dan transparan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengelola Keuangan Keluarga"