Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih 5 Model Jaket untuk Berkendara Agar Aman

Pilih 5 Model Jaket untuk Berkendara Agar Aman
Jaket merupakan salah satu perlengkapan wajib yang digunakan saat berkendara agar aman. Fungsinya agar tubuh terlindung dari angin sekaligus mengurangi resiko saat terjadi kecelakaan.  Tidak semua jaket bisa dijadikan sebagai pelindung badan saat berkendara, Anda perlu mengetahui beberapa model jaket untuk berkendara yang disediakan secara khusus.

Beberapa jaket yang biasa dikenakan saat sedang beraktivitas sebenarnya juga dapat digunakan ketika mengendarai motor, asalkan jaket terbuat dari bahan yang tebal. Apabila suhu udara cukup panas, Anda sebenarnya bisa memilih jaket aman yang tidak panas saat dikenakan. Anda perlu menyimak beberapa pilihan untuk disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

5 Model Jaket Ini Paling Cocok untuk Berkendara

Ada beragam model jaket untuk berkendara, Anda pun bisa membelinya di berbagai toko. Jika desain kurang cocok dengan kriteria Anda bisa memesan salah satu jenis jaket sesuai desain yang Anda buat sendiri. Berikut beberapa model yang direkomendasikan untuk Anda khusus digunakan saat berkendara.

1. Jaket Parka


Jaket model ini telah populer beberapa taun terakhir, sangat cocok digunakan bagi para pengendara yang berada di lingkungan dengan suhu udara panas. Jaket parka terbuat dari bahan tebal namun dingin, tetapi ada juga yang dibuat sedikit tipis. Jenis parka yang bagus terbuat dari kulit yang anti air sehingga cocok untuk berbagai perjalanan.

Ada dua jenis jaket parka yang bisa Anda pilih, yakni parka snorkel dan parka fishtail. Anda juga bisa memilih parka yang dibuat dari kain tebal namun sejuk saat dikenakan.

2. Jaket Cagoule


Banyak pengendara yang juga menyukai jaket simpel, tidak terlalu panas, sejuk namun juga hangat. Jaket tersebut dapat menyesuaikan dengan kondisi udara, salah satu jenisnya yakni jaket cagoule. Bahan jaket ini campuran antara kaos dan bludru, desainnya dibuat kasual sehingga cocok untuk dikenakan berkendara harian dalam jarak dekat.

3. Jaket Bomber


Jaket bomber merupakan jenis jaket yang kini mulai populer di pasaran, desainnya kasual sehingga dapat dikenakan sehari-hari meski sedang tidak berkendara. Bahan jaket ini cukup beragam, mulai dari bahan sintetis, kulit hingga kanvas. Anda bisa menyesuaikan pilihan bahan tersebut sesuai kondisi lingkungan di sekitar Anda.

4. Jaket Tebal dari Fleece


Jaket yang terbuat dari flees juga bisa dikenakan saat berkendara. Jaket fleece sedikit lebih tebal dan lembut sehingga menjaga tubuh tetap hangat di cuaca dingin. Saat Anda berkendara di tengah gerimis, badan masih bisa terlindung karena rintik hujan tidak dapat menembus tebalnya fleece hingga ke dalam.

Jaket fleece yang hangat ini kurang cocok jika dikenakan di cuaca panas. Sebaiknya Anda hanya mengenakannya ketika malah hari atau cuaca dan angina di luar cukup dingin.

5. Jaket Balap


Jaket pengendara yang umumnya bisa Anda temui di jalanan adalah model jaket balap. Bahannya terbuat dari kulit, tebal, tahan air, dan hangat saat dikenakan. Jaket balap sangat cocok jika dikenakan untuk perjalanan jarak jauh sehingga Anda perlu memilikinya.

Jaket balap bisa memberikan keamanan tubuh Anda dari terpaan angin dan gesekan ketika Anda terjatuh dari kendaraan.

Kelima model jaket untuk berkendara di atas bisa Anda koleksi seluruhnya karena masing-masing dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pengendara. Apabila Anda memilih salah satu di antaranya tentu masih membutuhkan beberapa jenis yang lain. Tetapi jika Anda telah memiliki beberapa di antaranya, maka pilihlah satu yang dibutuhkan saja.

Artikel ini dikirim oleh: Wildan Asrori

Posting Komentar untuk "Pilih 5 Model Jaket untuk Berkendara Agar Aman"